Home » Bisnis » 7 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

7 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

bisnis rumahan yang menjanjikan

Dalam era digital mendapatkan penghasilan tambahan diluar pekerjaan utama bukanlah hal yang sulit. Anda bisa memulai bisnis rumahan dengan memanfaatkan kemampuan, teknologi, dan juga kesempatan sehingga bisnis yang dibangun bisa menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan.

Bisnis rumahan menjadi pilihan yang menarik karena tidak hanya memberikan fleksibilitas, tetapi juga peluang untuk mendapatkan penghasilan yang menjanjikan. Kali ini kami akan memberikan rekomendasi bisnis rumahan yang menjanjikan, tips memulai bisnis rumahan, hingga keuntungan yang akan didapatkan jika memulai bisnis rumahan. Yuk, baca artikel kami sampai selesai.

Baca juga: 9 Pilihan Bisnis Franchise Modal Kecil dan Murah 

7 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan 

Berikut ini adalah rekomendasi bisnis rumahan yang menjanjikan yang bisa dilakukan, antara lain: 

1. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis merupakan salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Bisnis ini menawarkan berbagai layanan, seperti desain logo, desain website, desain kemasan, dan desain lainnya. Bagi Anda yang memiliki kemampuan desain grafis, manfaatkan skill untuk memulai bisnis rumahan sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

2. Jasa Pembuatan Konten

Jasa pembuatan konten juga merupakan bisnis rumahan yang menjanjikan. Bisnis ini menawarkan berbagai layanan, seperti penulisan artikel, pembuatan video, pembuatan podcast, dan pembuatan konten lainnya. Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu memiliki keterampilan menulis atau membuat konten yang baik.

3. Jasa Kursus Online

Jasa kursus online merupakan bisnis rumahan yang menjanjikan dan sedang berkembang. Bisnis ini menawarkan berbagai kursus, seperti kursus bahasa, kursus komputer, kursus memasak, dan kursus lainnya. Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu memiliki keterampilan mengajar yang baik dan menguasai materi kursus yang ingin Anda tawarkan.

Baca juga: 8 Cara Menganalisa Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Wajib Diketahui!

4. Jasa Dropship

Jasa dropship merupakan bisnis rumahan yang relatif mudah untuk dimulai. Bisnis ini tidak memerlukan stok barang, sehingga Anda hanya perlu mempromosikan produk dari supplier dan menerima pesanan dari pelanggan. Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu memiliki kemampuan pemasaran yang baik.

5. Bisnis Laundry Kiloan

Jasa laundry kiloan merupakan bisnis rumahan yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Bisnis ini menawarkan jasa mencuci dan menyetrika pakaian. Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu memiliki peralatan laundry yang lengkap dan lokasi yang strategis.

6. Bisnis Katering

Jasa katering merupakan bisnis rumahan yang menawarkan jasa penyediaan makanan untuk berbagai acara, seperti pesta, pernikahan, dan rapat. Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu memiliki keterampilan memasak yang baik dan kemampuan mengelola bisnis.

7. Jasa Virtual Assistant

Dengan banyaknya pebisnis yang membutuhkan bantuan administratif, menjadi virtual assistant adalah bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda dapat menawarkan layanan administratif dari rumah, termasuk manajemen email, penjadwalan, atau penanganan tugas-tugas rutin lainnya.

Baca juga: Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Menguntungkan!

Tips Memulai Bisnis Rumahan

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis rumahan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan supaya bisnis yang dibangun bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan saat Anda berencana memulai bisnis rumahan, diantaranya : 

1. Tentukan Produk yang Tepat

Sebelum memulai bisnis rumahan, tentunya Anda harus menentukan produk apa yang akan ditawarkan, bisa dalam bentuk barang maupun jasa. Untuk itu, penting memahami keahlian apa yang dikuasai, sumber daya pendukung, dan juga peluang yang ada. 

Bila Anda ingin memulai bisnis rumahan dibidang jasa, memanfaatkan kemampuan untuk menghasilkan pemasukan adalah cara yang tepat. Lalu, jika Anda ingin menjual produk seperti makanan, lihat peluang apa yang kira-kira masih jarang atau bahkan belum ada di lingkungan rumah Anda. 

2. Siapkan Segala Kebutuhan

Selanjutnya, bila sudah menentukan bisnis yang akan dirintis. Siapkan segala kebutuhan mulai dari perlengkapan hingga peralatan pendukung untuk membantu aktivitas operasional nantinya jika bisnis sudah berjalan. 

Untuk perlengkapan tidak perlu menunggu seluruhnya lengkap, namun beberapa barang penting sudah ada, selebihnya bisa dicari dapatkan sambil menjalankan bisnis. Yang penting dalam sebuah bisnis adalah Anda sudah berani memulainya.

3. Tentukan Strategi Pemasaran

Supaya bisnis bisa dikenal luas, maka Anda perlu melakukan promosi dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran yang tepat bisa mendatangkan banyak pembeli. 

Saat ini strategi pemasaran bisa dilakukan secara online maupun offline. Sebagai contoh, jika pemasaran offline bisa dengan memasang banner di depan rumah supaya banyak orang yang melihat dan akhirnya melihat bisnis Anda.

Sedangkan promosi secara online, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan TikTok. Buatkan konten yang bagus dengan menggunakan copywriting menarik. Penggunaan media sosial untuk promosi bisnis bisa membuat bisnis semakin luas dikenal oleh orang.

Baca juga: Analisis Peluang Usaha Anda agar Bisnis Anda Berhasil

3 Keuntungan Memulai Bisnis Rumahan 

Bisnis rumahan dinilai menjadi pilihan menarik bagi banyak orang yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Memulai bisnis rumahan yang menjanjikan memang tidak mudah, namun menawarkan banyak keuntungan, antara lain: 

1. Modal yang Relatif Kecil

Berbeda dengan membangun bisnis skala besar yang membutuhkan banyak modal seperti membayar biaya sewa sampai dengan biaya operasional. Bisnis rumahan memerlukan biaya yang lebih rendah. Anda bisa menghemat biaya sewa tempat dan juga transportasi. Anda bisa memulai bisnis dengan memanfaatkan ruangan kosong yang ada di rumah. 

2. Waktu yang Fleksibel

Kemudian, keuntungan lainnya dari memulai bisnis rumahan adalah fleksibilitas waktu. Jika seorang pekerja kantoran terikat waktu sesuai jam perusahaan. Membangun bisnis rumahan, Anda memiliki kendali penuh terhadap jam kerja. Sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan pribadi, waktu bersama keluarga, sampai dengan aktivitas lainnya. Tentunya dapat memberikan keseimbangan yang lebih baik antara kehidupan bekerja dengan kehidupan pribadi.

3. Pengembangan Keterampilan Pribadi

Membangun bisnis rumahan memberikan kesempatan untuk mengembangkan berbagai keterampilan pribadi. Mulai dari keterampilan manajemen waktu hingga keterampilan pemasaran dan kepemimpinan, proses membangun dan menjalankan bisnis dapat menjadi peluang untuk pertumbuhan pribadi dan profesional.

Baca juga: Ketahui 8 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Itulah berbagai rekomendasi bisnis rumahan yang menjanjikan, tips memulai bisnis sampai dengan keuntungan membangun bisnis rumahan. Sebelum Anda memulai bisnis rumahan, riset pasar dan membuat rencana yang baik sangat diperlukan. Dengan kreativitas, ketekunan dan kerja keras, bisnis rumahan yang dibangun bukan hanya menjadi sumber penghasilan tambahan namun juga malah bisa menjadi sumber penghasilan utama yang menjanjikan. 

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel