Home » Bisnis » Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Menguntungkan!

Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Menguntungkan!

peluang usaha di desa

Majunya perekonomian desa memberikan pengaruh signifikan pada kemajuan ekonomi nasional. Tak heran, jika pemerintah terus mengupayakan pembangunan desa termasuk dari sektor ekonomi.

Bagi masyarakat desa dan ingin membuka usaha di desa, Tak perlu bingung mulai dari mana. Karena ada banyak peluang usaha di desa yang bisa dijalankan. Banyaknya sumber daya alam potensial di desa, ketersediaan lahan desa, dan juga peningkatan kebutuhan masyarakat desa,  menjadikan membuka peluang usaha di desa menjadi sangat menarik.

Lalu, apa saja jenis peluang usaha yang cocok dijalankan di desa yang tidak membutuhkan modal besar namun bisa memberikan untuk berlimpah? Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa peluang usaha di desa sehingga menjadi inspirasi bagi Anda.

Baca juga: Ketahui 8 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing 

Apa itu Peluang Usaha di Desa

Apa itu Peluang Usaha di Desa

Apa itu Peluang Usaha di Desa

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Berkebun dan Tips Menjalankannya

Pelang usaha di desa adalah inisiatif yang bertujuan untuk mendorong perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat lokal. Pelang usaha di desa mencakup berbagai kegiatan yang mendukung pertumbuhan sektor usaha di tingkat desa, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan taraf hidup penduduk.

Salah satu aspek utama dari peluang usaha di desa adalah pemberdayaan masyarakat setempat. Ini melibatkan pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat dalam berbagai sektor usaha, seperti pertanian, kerajinan, dan jasa. Dengan meningkatkan kompetensi mereka, masyarakat dapat lebih efektif terlibat dalam kegiatan ekonomi dan memaksimalkan potensi sumber daya lokal.

Pengembangan infrastruktur juga menjadi fokus dalam peluang usaha di desa. Penyediaan aksesibilitas yang baik, seperti jalan yang baik dan sarana transportasi yang memadai, dapat membuka peluang baru bagi bisnis lokal. Selain itu, penyediaan sumber daya seperti listrik dan air bersih juga merupakan langkah penting untuk mendukung pertumbuhan usaha di desa.

Dalam konteks ini, peluang usaha di desa juga melibatkan promosi dan pemasaran produk lokal. Membangun merek dan meningkatkan visibilitas produk desa dapat membantu mencapai pasar yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Ini bisa melibatkan pembuatan pusat perdagangan lokal atau partisipasi dalam pameran dan acara promosi.

Selain itu, peluang usaha di desa seringkali melibatkan kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, dan organisasi nirlaba. Kolaborasi ini diperlukan untuk menyediakan sumber daya dan dukungan yang dibutuhkan untuk memastikan keberlanjutan inisiatif ini dalam jangka panjang.

Dengan adanya peluang usaha di desa, diharapkan masyarakat setempat dapat mengurangi tingkat pengangguran, meningkatkan pendapatan, dan mencapai pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Inisiatif ini tidak hanya menciptakan peluang baru untuk berusaha, tetapi juga memperkuat ikatan komunitas dan membangun fondasi yang kuat untuk masa depan desa.

10 Peluang Usaha di Desa

Peluang Usaha di Desa

Peluang Usaha di Desa

Baca Juga: Peluang Usaha Grosir Sembako dan Tips Menjalankannya

Untuk  masyarakat desa dan sedang mencari peluang usaha yang cocok di desa, berikut ini adalah rekomendasinya:

1. Usaha Produk Makanan Olahan

peluang usaha makanan olahan

peluang usaha produk makanan olahan

Peluang usaha di desa pertama adalah membuka usaha produk makanan olahan. Di desa atau di area kampung, biasanya hasil sumber daya alam seperti hasil pertanian sangat melimpah. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan hasil pertanian ini supaya memiliki nilai jual lebih tinggi. 

Anda bisa membuatnya menjadi produk olahan yang banyak diminati oleh masyarakat. Sebagai contoh, Anda bisa mengolah hasil pertanian atau perkebunan menjadi keripik, asinan, manisan dan lainnya. Selain memanfaatkan hasil alam sehingga lebih bernilai jual tinggi, Anda juga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk tetangga sekitar rumah.

Baca Juga: Peluang Usaha Perlengkapan Outdoor Beserta 4 Caranya!

2. Jual Jajanan Tradisional

peluang usaha jajanan tradisional

peluang usaha jajanan tradisional

Peluang usaha di desa selanjutnya  adalah menjual jajanan tradisional. Jajanan tradisional masih sangat diminati oleh masyarakat, tak hanya di desa namun juga di kota. Untuk yang memiliki keahlian memasak ataupun membuat kue, Anda dapat memanfaatkan keahlian tersebut untuk bisa mendapatkan pemasukan. Anda bisa memulai jual jajanan tradisional seperti kue lapis, onde-onde, surabi, dan lain sebagainya.

Kue tradisional memiliki banyak jenis dan memiliki segmen peminat yang luas. Kudapan tradisional juga sangat cocok untuk acara-acara tertentu. Jadi, Anda bisa menerima pesanan untuk pelanggan mulai dari individu, hingga acara bisnis.

3. Usaha Warung Sembako

peluang usaha warung sembako

peluang usaha warung sembako

Membuka usaha warung usaha sembako juga menjadi peluang usaha di desa yang bisa dijalankan. Hal ini karena kebutuhan pokok sangat dibutuhkan setiap harinya. Anda bisa menjual berbagai kebutuhan pokok mulai dari beras, telur, kecap, minyak, gula, mie instan dan lain sebagainya.

Usaha warung sembako juga sangat berpeluang besar untuk terus berkembang. Anda bisa menggeluti usaha warung sembako ini, jika bahan-bahan pokok yang dijual lengkap. Maka bisa jadi warung sembako Anda bisa berubah menjadi grosir. Apalagi jika harga yang ditawarkan bersaing, maka Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan.

Baca Juga: Peluang Usaha Perabotan Rumah Tangga dan Tips Mengelolanya

4. Usaha Warkop

peluang usaha warung kopi

Warga di kampung atau di desa masih erat kaitannya dengan berkumpul untuk musyawarah. Untuk itu, peluang usaha warkop menjadi pilihan tepat. Anda bisa menjual berbagai minuman seperti kopi, wedang jahe, teh dan lainnya. Selain minuman, Anda juga bisa menjual berbagai makanan pendamping seperti gorengan, keripik, kue tradisional, dan lain sebagainya. 

5. Usaha Budidaya Tanaman Hias

peluang usaha tanaman hias

peluang usaha tanaman hias

Selain meningkatnya permintaan untuk produk olahan makanan, minat terhadap tanaman hias sebagai produk penjualan tetap tinggi, bahkan sampai sekarang. Bukan hal aneh bahwa ketika akhir pekan tiba, semakin banyak warga kota berkunjung ke desa-desa yang memiliki potensi untuk membudidayakan tanaman hias. Oleh karena itu, saat ini, budidaya tanaman hias di kampung dianggap sebagai usaha menjanjikan.

Usaha ini dikategorikan sebagai usaha produktif di kampung karena relatif mudah untuk mengembangkan bisnis budidaya tanaman hias. Banyak jenis tanaman hias yang dapat ditanam dengan mudah karena kondisi lingkungan di desa mendukung. Selain itu, tanaman hias memiliki nilai jual tinggi, terutama di kota-kota besar.

Baca Juga: Peluang Usaha Kitchen Set dan 6 Tips Menjalankannya

6. Usaha Bibit Tanaman

peluang usaha bibit tanaman

peluang usaha bibit tanaman

Tak hanya budidaya tanaman hias yang menjadi peluang usaha di desa menjadi menarik. Namun Anda juga bisa membuka usaha bibit tanaman. Kondisi alam di desa dan tanah subur, tentunya bisa menjadi peluang yang menarik untuk dijalankan.

Jika Anda berminat terjun ke dalam dunia bisnis pertanian ini, awali dengan menghasilkan benih tanaman yang memiliki kualitas tinggi dan kemudian tawarkan kepada para petani atau pelaku budidaya.

7. Usaha Mebel

peluang usaha mebel

peluang usaha mebel

Bahan baku kayu masih sangat mudah untuk didapatkan di daerah kampung dan pedesaan. Apalagi jika Anda memiliki akses ke supplier kayu, Anda bisa membuka usaha mebel. Dengan bahan dasar kayu, Anda bisa membuat berbagai kerajinan untuk selanjutnya dijual kembali seperti meja, kursi, kemarin, rak kayu, dan lainnya. 

Apalagi harga mebel ini cukup tinggi, ditambah jika terdapat ukiran khas pada berbagai mebel yang dijual. Meskipun usaha mebel membutuhkan modal cukup besar untuk membeli bahan baku, peralatan, dan juga pengrajin. Namun jika hasil dari mebel yang dibuat memiliki kualitas tinggi, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan untung lebih besar.

8. Buka Jasa Menjahit

peluang usaha menjahit

peluang usaha menjahit

Bagi Anda yang senang menjahit, saatnya mengubah hobi tersebut menjadi peluang usaha di desa. Anda dapat memanfaatkan keterampilan menjahit sebagai modal untuk membuka usaha jahit di desa. Modal yang dibutuhkan relatif kecil, hanya perlu menyiapkan mesin jahit dan peralatan lainnya. Jika hasil jahitan Anda memuaskan pelanggan, maka jasa Anda akan banyak diminati untuk membuat berbagai macam pakaian.

Baca Juga: 6 Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan yang Menjanjikan!

9. Bisnis Pulsa dan Paket Internet

Bisnis Pulsa dan Paket Internet

Bisnis Pulsa dan Paket Internet

Bisnis pulsa dan paket internet menjadi salah satu peluang usaha di desa yang menjanjikan. Pasalnya, semua orang dari berbagai lapisan masyarakat menggunakan smartphone untuk berkomunikasi. Untuk mendukung pengguna smartphone dibutuhkan paket internet maupun pulsa. Untuk membuka usaha ini, Anda bisa mencari agen penyedia pulsa dan paket internet.

10. Agen Gas LPG

peluang usaha agen gas elpiji

peluang usaha agen gas elpiji

Kemudian peluang usaha di desa selanjutnya adalah dengan menjadi agen gas LPG. Gas LPG menjadi menjadi bahan baku yang sangat dibutuhkan untuk memasak. Sehingga kebutuhan akan gas LPG terus meningkat. Gas LPG sangat dibutuhkan baik untuk keperluan rumah tangga maupun untuk usaha UMKM. Untuk memulai usaha ini, Anda bisa mencari informasi tentang pendaftaran agen resmi LPG melalui situs Pertamina.

Baca juga: 10 Peluang Bisnis di Era Digital dan Cara Memanfaatkannya 

Itulah berbagai peluang usaha yang cocok di jalankan di desa. Selain peluang usaha yang sudah kami sebutkan. Jika Anda berencana ingin membuka usaha cargo namun bingung memulainya dari mana. Anda bisa bergabung menjadi Mitra Troben Cargo dari Troben.

Dengan bergabung menjadi mitra kami, semua perlengkapan untuk membuka usaha cargo sudah disediakan. Untuk manajemen pengelolaan juga bisa dijalankan melalui aplikasi Troben. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara gabung menjadi Mitra Troben Cargo, Anda bisa langsung menghubungi CS kami via WhatsApp 0813.99.000.000.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel