Home » Bisnis » 9 Pilihan Bisnis Franchise Modal Kecil dan Murah 

9 Pilihan Bisnis Franchise Modal Kecil dan Murah 

franchise modal kecil

Usaha franchise adalah model usaha yang telah terbukti berhasil di Indonesia. Dengan memilih untuk memulai usaha waralaba, Anda dapat menikmati keuntungan dari merek yang sudah terkenal, sistem teruji, serta dukungan lengkap dari pemilik merek. 

Di sini, kami menyajikan rekomendasi usaha franchise modal kecil nan terjangkau sekaligus menjanjikan hasil menggiurkan.

Baca juga: Peluang Usaha Perlengkapan Outdoor Beserta 4 Caranya!

Apa itu Franchise Modal Kecil

Apa itu franchise modal kecil

Apa itu franchise modal kecil

Franchise modal kecil menjadi pilihan menarik bagi para pengusaha yang ingin memulai usaha dengan risiko kecil. Franchise sendiri adalah bentuk bisnis di mana individu atau kelompok dapat membeli hak untuk menjalankan bisnis dari pemilik merek terkenal.

Apa itu franchise modal kecil? Franchise modal kecil adalah kesempatan bagi calon pengusaha dengan dana terbatas untuk memiliki dan mengelola bisnis dengan memanfaatkan merek dan model bisnis yang telah teruji. Keuntungan utama dari jenis investasi ini adalah minimnya risiko finansial, karena calon pemilik hanya perlu membayar biaya franchise yang umumnya lebih terjangkau dibandingkan membuka bisnis dari nol.

Franchise modal kecil biasanya menawarkan dukungan komprehensif, termasuk pelatihan, panduan operasional, dan bimbingan pemasaran. Dengan investasi relatif kecil, seseorang dapat menjadi bagian dari jaringan bisnis yang sudah mapan dan memiliki pangsa pasar yang stabil.

Dengan demikian, bagi mereka jika ingin menciptakan peluang usaha dengan risiko terbatas, memahami apa itu franchise modal kecil bisa menjadi langkah awal yang cerdas menuju kewirausahaan yang sukses.

Baca juga: 7 Peluang Bisnis Kargo di Indonesia dengan Profit Besar!

9 Bisnis Franchise Modal Kecil 

Berikut beberapa macam usaha franchise modal kecil yang dapat Anda coba, murah sekaligus dijamin untung. 

1. Es Teh Poci 

Es Teh Poci 

Anda dapat memulai usaha bermodal kecil seperti Es Teh Poci

Rekomendasi franchise modal kecil pertama adalah Es Teh Poci. Minuman Es Teh Poci merupakan minuman tradisional yang telah dikenal luas oleh masyarakat. 

Minuman ini dibuat dari teh berkualitas tinggi serta disajikan dengan es batu segar dan manis. 

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di bisnis minuman, Anda dapat memulainya dengan modal awal Rp5 juta di Es Teh Poci. 

Melalui modal tersebut, Anda dapat membuka gerai Es Teh Poci serta menawarkan minuman tradisional lezat ini kepada pelanggan. 

Es Teh Poci memiliki daya tarik khusus karena rasa tehnya khas disertai penggunaan bahan-bahan berkualitas. 

Melalui strategi pemasaran tepat beserta lokasi gerai strategis, Es Teh Poci memiliki potensi untuk sukses sekaligus mendapatkan penghasilan menguntungkan. 

Baca Juga: Peluang Usaha Grosir Sembako dan Tips Menjalankannya

2. Pisang Nugget Kece 

Pisang Nugget Kece 

Anda dapat memulai usaha bermodal kecil seperti Pisang Nugget Kece

Franchise modal kecil berikutnya adalah Pisang Nugget Kece, telah beroperasi sejak tahun 2014. 

Franchise modal kecil ini menyajikan camilan pisang goreng dengan beragam pilihan topping, seperti green tea, cokelat, mesis, almond, hingga pinkberry. 

Baca juga: Mengenal Peluang Usaha Keagenan, dari Tips dan Keuntungannya

3. Pentol Planet 

Pentol Planet 

Anda dapat memulai usaha bermodal kecil seperti Pentol Planet

Pentol Planet merupakan salah satu peluang usaha franchise modal  kecil Rp1 jutaan yang sangat menarik untuk dipertimbangkan. Jajanan ini telah menjadi favorit di berbagai wilayah. 

Berawal dari Trenggalek, Jawa Timur, Pentol Planet telah beroperasi sejak tahun 2007. Saat ini, usaha ini sudah memiliki cabang di berbagai kota besar di Indonesia, termasuk Bekasi, Bali, Yogyakarta, Palangkaraya, Samarinda, termasuk Balikpapan. 

Pentol Planet menawarkan dua paket franchise kepada calon mitra. Paket pertama seharga Rp1,5 juta, sudah mencakup fasilitas branding, bahan baku, video pelatihan. Sementara paket kedua seharga Rp2,5 juta, selain fasilitas di atas, juga termasuk satu unit stand berjalan dan peralatan tambahan lainnya. 

Baca juga: 5 Peluang Usaha Berkebun dan Tips Menjalankannya

4. Bakso Benhil 

Bakso Benhil 

Anda dapat memulai usaha bermodal kecil seperti Bakso Benhil

Rekomendasi franchise modal kecil keempat ada Bakso Benhil. Bakso Benhil sudah lama dikenal sebagai hidangan lezat di kalangan masyarakat. Bersama modal awal sebesar Rp4 juta, Anda dapat berinvestasi di Bakso Benhil dan membuka gerai franchise mereka. 

Bakso Benhil menawarkan berbagai hidangan berbasis bakso lezat dan menggugah selera. Melalui dukungan dari tim berpengalaman dan proses produksi terstandarisasi, Bakso Benhil memberikan peluang usaha menjanjikan. Anda dapat memanfaatkan popularitas Bakso Benhil dan menjalankan usaha kuliner sukses dengan modal terjangkau. 

Baca juga: 8 Cara Menganalisa Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Wajib Diketahui!

5. Crispy Crab 

Crispy Crab 

Anda dapat memulai usaha bermodal kecil seperti Crispy Crab

Rekomendasi usaha franchise modal kecil selanjutnya yaitu Crispy Crab. Crispy Crab merupakan varian hidangan yang mengutamakan olahan kepiting laut. Keunikan dari Crispy Crab terletak pada tidak adanya biaya royalti yang dibebankan. 

Anda dapat memulai investasi ini dengan modal awal sebesar Rp3 juta. Melalui dana tersebut, Anda dapat membeli peralatan maupun bahan baku yang diperlukan untuk memulai usaha kuliner lezat ini. 

Melalui penerapan strategi pemasaran efektif disertai menjaga konsistensi kualitas rasa, Crispy Crab memiliki potensi untuk menjadi salah satu favorit di kalangan masyarakat serta menghasilkan keuntungan menjanjikan. 

Baca juga: Peluang Usaha Kitchen Set dan 6 Tips Menjalankannya

6. Kini Cheesetea 

Kini Cheesetea 

Anda dapat memulai usaha bermodal kecil seperti Kini Cheesetea

Saat ini, Cheesetea menjadi merek yang menghadirkan minuman cheese tea lezat. Cheese tea sedang menjadi tren populer di kalangan masyarakat. 

Bersama modal kecil minimal sebesar Rp3,9 juta, Anda dapat membuka gerai franchise Cheesetea sekaligus menyajikan minuman lezat ini kepada pelanggan. 

Cheesetea menyediakan berbagai varian rasa menarik serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. 

Dukungan dari tim berpengalaman dalam pengelolaan gerai maupun pemasaran akan membantu Anda menjalankan usaha minuman menguntungkan. 

Baca juga: Peluang Usaha Perabotan Rumah Tangga dan Tips Mengelolanya

7. Taw Taw Tahu 

Taw Taw Tahu

Anda dapat memulai usaha bermodal kecil seperti Taw Taw Tahu

Taw Taw Tahu merupakan camilan gurih nan renyah yang terbuat dari tahu. Tahu goreng telah menjadi makanan populer di kalangan masyarakat. 

Bersama modal kecil sebesar Rp4,3 juta, Anda dapat memulai usaha Taw Taw Tahu sekaligus mendapatkan akses untuk membeli peralatan, bahan baku, serta bahan tambahan yang diperlukan untuk membuat tahu goreng lezat. 

Franchise makanan modal kecil di bawah Rp10 juta ini menawarkan variasi rasa dan saus menarik, sehingga dapat menarik minat pelanggan lebih luas. 

Melalui penerapan strategi pemasaran tepat, seperti berpartisipasi dalam acara pasar atau memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk Anda, usaha Taw Taw Tahu memiliki potensi untuk sukses dan menghasilkan keuntungan menggiurkan. 

Baca juga: Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Menguntungkan!

8. TrawLbens 

TrawLbens Mitra

Franchise modal kecil di TrawLbens

Rekomendasi franchise modal kecil berikutnya adalah TrawLbens. Jika Anda berminat untuk memulai usaha di sektor logistik atau pengiriman barang,TrawLbens adalah opsi tepat. 

Dengan modal kecil sebesar Rp7  juta, Anda sudah dapat menjadi agen mitra TrawLbens dan memanfaatkan platform mereka untuk menyediakan berbagai layanan logistik kepada pelanggan. 

TrawLbens telah terbukti efektif dalam menghubungkan pengirim & penerima barang melalui jaringan pengiriman luas. 

Dengan dukungan teknologi & sistem manajemen handal, TrawLbens dapat membantu Anda membangun usaha logistik sukses dengan modal kecil dan terjangkau. 

Baca juga: Bisnis Import, Inilah Langkah-Langkah dan Keuntungannya!

9. Nyoklat Kress 

Nyoklat Kress 

Nyoklat Kress

Inilah rekomendasi usaha franchise modal kecil terkahir. Bagi yang tertarik memulai usaha minuman coklat, Nyoklat Kress menjadi pilihan terbaik. Minuman ini menawarkan 9 varian rasa yang unik nan lezat. 

Nyoklat Kress, berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah, menyediakan Paket Bubuk dengan harga Rp2,9 juta. 

Dengan modal tersebut, Anda akan mendapatkan seragam, x-banner, backdrop, serta 200 bubuk minuman. 

Tak hanya itu, Anda juga dapat memilih tenda usaha dengan menambahkan dana sebesar Rp1,5 juta. 

Dengan paket ini, Anda akan memperoleh semua yang diperlukan untuk memulai dagang minuman coklat yang mampu menarik perhatian pelanggan. 

Baca Juga: Bisnis Modal Kecil dengan Untung Besar untuk Pemula!

Berapa Lama Kontrak Franchise?

Durasi kontrak franchise dapat bervariasi tergantung pada perjanjian antara franchisor (pemberi lisensi) dan franchisee (penerima lisensi). Namun, umumnya, kontrak franchise memiliki durasi antara lima hingga dua puluh tahun.

Durasi kontrak ini dapat ditentukan oleh berbagai faktor, termasuk industri, jenis bisnis, dan kebijakan perusahaan franchisor.

Franchisee biasanya diharapkan untuk mengikuti standar dan prosedur yang ditetapkan oleh franchisor selama masa kontrak.

Pada akhir periode kontrak, franchisee sering memiliki opsi untuk memperbarui kontrak dengan syarat-syarat baru atau untuk memutuskan hubungan dengan franchisor.

Penting untuk memahami syarat-syarat kontrak dengan baik sebelum menandatanganinya, dan mungkin bijaksana untuk mendapatkan nasihat hukum sebelum melakukan komitmen jangka panjang seperti ini.

Penutup

Dengan modal terbilang kecil ini, melibatkan diri dalam berbagai bisnis tersebut dapat menjadi langkah awal baik untuk meraih kesuksesan di dunia franchise modal kecil. 

Namun sebelumnya penting untuk melakukan riset pasar yang teliti, menyusun rencana bisnis yang matang, serta mengelola bisnis secara komitmen serta dedikasi agar dapat mencapai hasil yang diinginkan. 

Saat ini jasa ekspedisi TrawLbens membuka kesempatan Anda bergabung menjadi mitra TrawLpack dengan biaya sangat terjangkau. 

Informasi lebih lengkap silahkan hubungi customer service TrawLbens atau download aplikasi kirim barang sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel