Home » Seputar Logistik » 5 Cara Kirim Mobil Dengan Aman Beserta Persyaratannya

5 Cara Kirim Mobil Dengan Aman Beserta Persyaratannya

Cara Kirim Mobil

Cara kirim mobil saat ini terbilang cukup mudah karena tidak perlu khawatir dengan keamanan selama proses pengiriman. Ada berbagai alasan yang dapat menjadi dorongan untuk mengirim mobil antar kota atau antar pulau. Contohnya, seperti saat pindah rumah atau mendapatkan pekerjaan di kota lain. 

Menyusun surat-surat menjadi persiapan utama yang sangat diperlukan sebagai syarat untuk cara mengirim mobil ke luar kota. Untuk mengetahui cara kirim mobil dan syarat-syarat lainnya, mari simak informasi lebih lanjut dalam artikel ini!

Baca juga: Cara Kirim Mobil Melalui Trocarrier Dengan 4 Langkah Praktis

Cara Kirim Mobil 

Uraian berikut ini akan membahas mengenai cara kirim mobil: 

1. Inventaris Barang yang Ada di dalam Mobil 

Cara kirim mobil pertama adalah inventaris barang yang ada pada dalam mobil serta di bagasi. Terlebih untuk barang berharga pribadi. 

Biasanya mobil yang akan dikirim untuk pindahan rumah atau keperluan dinas pastinya ada saja barang pribadi yang dikirim bersama dengan tujuan untuk menekan biaya pindahan. 

Pendataan kiriman barang bersama dengan mobil biasanya akan dilaporkan ke pihak asuransi. 

Seandainya jika terjadi kehilangan, nilai barang memenuhi persyaratan untuk diganti sehingga asuransi akan mengganti barang hilang.

inventaris barang di dalam mobil

inventaris barang di dalam mobil

2. Cuci Mobil dan Foto 

Cara selanjutnya Anda perlu untuk cuci mobil dengan berhati-hati, cuci dan juga periksa eksterior mobil yang akan dikirim. 

Catat serta perhatikan di tiap cacat atau rusak yang telah ada, bila perlu foto dan dokumentasikan termasuk foto ke seluruh mobil di berbagai sudut. 

Bila terjadi situasi tidak diinginkan ketika proses pengiriman mobil, dokumentasi foto tersebut dapat digunakan menjadi bukti klaim. 

Ketika proses serah terima pada surat jalan terdapat catatan jika mobil telah tergores atau belum agar memudahkan proses klaim ke asuransi.

cuci mobil

cuci mobil

3. Periksa Mesin 

Cara ketiga yaitu periksa mesin mobil. Ketika waktu proses bongkar muat biasanya mobil perlu untuk dikendarai sehingga pastikan kondisi mesin serta sistem penggerak lainnya dalam kondisi baik. 

Ketika melakukan cara ini, periksalah bagian ban, aki, oli mesin, gardan, oli gearbox, pendingin, dan masih banyak lagi. 

Beritahukan ke perusahaan yang melakukan kirim mobil mengenai masalah pernah dialami oleh mobil dan kemungkinan akan muncul sehingga pihak pengiriman mobil akan lebih siap.

4. Matikan Alarm Mobil

Cara keempat yaitu matikan alarm mobil. Jangan lupa untuk mematikan alarm mobil, jika tidak mengetahui cara mematikannya maka Anda dapat menghubungi pemasangnya atau dealer dari mobil tersebut. 

Bila Anda lupa namun sudah terlanjur kirim mobil, maka Anda dapat menghubungi jasa pengirim untuk diberitahu bagaimana cara mematikan alarm.

matikan alarm mobil

matikan alarm mobil

5. Pilih Asuransi Terpercaya 

Cara terakhir ketika Anda ingin mengirimkan mobil maka pastikan untuk menggunakan asuransi. 

Saat melakukan cara ini, carilah jasa pengiriman mobil yang telah memberikan layanan asuransi dalam paket pengiriman sehingga Anda tidak perlu bingung untuk memilih asuransi mana yang akan digunakan.

pilih asuransi terpercaya

pilih asuransi terpercaya

Syarat Kirim Mobil 

Setelah mengetahui cara kirim mobil, Anda selanjutnya perlu mengetahui persyaratan kirim mobil. Saat melakukan pengiriman mobil, Anda perlu memenuhi sejumlah persyaratan khusus dari pihak ekspedisi untuk memperlancar proses pengiriman. 

Hal ini dilakukan agar persyaratan pengiriman dapat memudahkan tugas petugas ekspedisi. 

Berikut syarat untuk mengirimkan mobil: 

1. Menyerahkan Fotocopy KTP 

Persyaratan utama tentunya berkaitan dengan identitas pribadi Anda. Anda diharuskan menyampaikan fotokopi KTP. 

Menyerahkan fotokopi KTP telah diakui sebagai pemenuhan syarat dan tercantum dalam berbagai keperluan kirim mobil. 

Terutama mengingat bahwa pengiriman ini melibatkan barang dengan nilai jual tinggi, kehati-hatian dalam proses pengiriman dan dokumentasi sangat penting. 

Dengan menyerahkan fotokopi KTP, proses pengiriman mobil antar pulau dapat dilaksanakan secara resmi oleh layanan pengiriman kendaraan. 

2. Menyerahkan Fotocopy KK (Kartu Keluarga) 

Selain KTP, Anda juga diwajibkan menyampaikan kartu identitas lain dalam rangka pengiriman mobil antar pulau. 

Fotokopi Kartu Keluarga (KK) perlu diserahkan sebagai data pendukung. 

3. Memiliki BPKB Mobil Asli untuk Kirim Mobil 

Syarat berikutnya setelah KTP dan KK adalah Anda harus memiliki salinan asli surat BPKB mobil sebelum mengirim mobil. 

Keberadaan BPKB ini perlu disertakan dalam proses pengiriman mobil yang akan Anda lakukan. 

BPKB mobil  harus berupa fotokopi. Walaupun begitu, data tersebut harus sejajar atau identik dengan identitas pemiliknya. 

Dengan demikian, penyedia jasa kirim mobil dapat melaksanakan proses pengiriman dengan lancar. 

4. Memiliki STNK Asli untuk Kirim Mobil 

Persyaratannya tidak hanya sebatas fotokopi KTP, KK, dan BPKB. Persyaratan tersebut dapat dianggap belum lengkap jika Anda tidak melampirkannya dengan STNK. 

STNK memiliki peran sebagai persyaratan dan aturan khusus ketika Anda memiliki kendaraan bermotor. 

Terlebih lagi, mengingat ini adalah jenis pengiriman dengan barang bernilai tinggi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki surat kendaraan ini sebelum mengirim mobil. 

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kendaraan yang dikirim adalah kepunyaan Anda dan bukan merupakan mobil curian. 

5. Data Alamat Penjemputan dan Tujuan untuk Pengiriman 

Tahap terakhir adalah mengisi data terkait alamat penjemputan dan tujuan pengiriman mobil. 

Pada saat proses penjemputan mobil telah selesai, petugas jasa pengiriman akan kembali memeriksa data persyaratan yang diajukan saat pengiriman. 

Jika persyaratan tersebut sesuai dengan identitas kepemilikan dan alamat penjemputan sesuai dengan tujuan, maka proses pengiriman akan berjalan dengan lancar. 

Baca juga: Cara Kirim Motor Melalui Tropack Melalui 6 Langkah

Bagaimana sudah paham bukan cara kirim mobil beserta syarat-syaratnya agar pengiriman mobil aman dan mudah? Nah semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mencari informasi mengenai cara kirim mobil ya. Yuk kirim mobil mu dan gunakan jasa pengiriman mobil murah dari Troben! Dijamin mobil Anda akan selamat sampai di tempat tujuan. Download aplikasi pengiriman barang Trobens sekarang.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel