Home » Bisnis » 6 Cara Membuka Usaha Cargo yang Tepat, Pasti Untung!

6 Cara Membuka Usaha Cargo yang Tepat, Pasti Untung!

cara membuka usaha cargo

Meningkatnya kegiatan jual beli secara online membuat jasa pengiriman menjadi semakin dibutuhkan. Hal ini karena jasa pengiriman akan membantu pengirimannya menjadi lebih mudah. Tak heran, jika peluang usaha cargo sangat menjanjikan. Bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha cargo namun bingung mulai darimana. Artikel ini akan memberikan jawaban tentang bagaimana cara membuka usaha cargo.

Salah satu alasan mengapa jasa cargo banyak dibutuhkan karena para pengusaha membutuhkan partner untuk mengirimkan barang ke pelanggan. Bila para pemilik bisnis menyiapkan armada dan melakukan pengantaran barang sendiri ke pelanggan, tentu kebutuhan biaya operasionalnya sangat besar. Itulah mengapa jasa cargo menjadi sangat dicari, apalagi bila penawaran ongkir cargonya murah.

Baca juga: Analisis Peluang Usaha Anda agar Bisnis Anda Berhasil

Inilah 6 Cara Membuka Usaha Cargo

cara membuka usaha cargo

cara membuka usaha cargo

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa usaha cargo sangat menjanjikan, dimana jasa cargo akan membantu urusan kirim barang menjadi lebih mudah dan aman. Jika tertarik ingin membuka usaha cargo, inilah berbagai cara membuka usaha cargo, diantaranya : 

1. Siapkan Modal 

Cara membuka usaha cargo pertama adalah menyiapkan modal. Besar kecilnya modal ini tergantung dari kebutuhan bisnis cargo yang ingin dijalankan. 

Modal ini untuk membeli pendukung mulai dari sewa lokasi, peralatan cargo mulai dari komputer, timbangan, kendaraan untuk pengiriman hingga modal untuk pembuatan izin usaha. Semakin banyak kebutuhan perlengkapan, maka semakin besar pula keperluan modalnya.

Baca juga: Peluang Usaha Kitchen Set dan 6 Tips Menjalankannya 

2. Menentukan Jenis Layanan

Setelah modal sudah terkumpul, maka cara membuka usaha cargo kedua adalah menentukan jenis layanan cargo. Anda perlu menentukan jenis layanan yang ingin ditawarkan. Dalam usaha ini, ada beberapa jenis layanan seperti kirim dokumen, makanan, hingga kirim barang. 

Teruntuk pengiriman barang juga bisa dibedakan beberapa kategori seperti barang pecah belah, obat-obatan, barang cargo dan lainnya. Menentukan jenis layanan sangat penting karena tiap jenis barang memerlukan perlakuan berbeda-beda. Sebagai contoh bila Anda membuka usaha kirim makanan, maka membutuhkan wadah khusus atau bahkan mobil box cooler demi menjaga kualitas makanan tetap terjaga.

Baca juga: 9 Pilihan Bisnis Franchise Modal Kecil dan Murah 

3. Pilih Lokasi

Lalu, saat akan membuka usaha cargo, tentu harus menentukan dimana lokasi bisnis akan dibuka. Pilihlah lokasi kantor yang memiliki tempat strategis, supaya memudahkan pelanggan menemukan usaha cargo Anda dan tentunya memudahkan proses kirim.

Baca juga: 8 Cara Menganalisa Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Wajib Diketahui!

4. Menentukan Tarif 

Cara membuka usaha cargo selanjutnya adalah menentukan tarif pengiriman. Tarif pengiriman ini menjadi sangat penting apalagi dalam usaha cargo. Para pemilik bisnis yang butuh jasa cargo untuk pengiriman barang dalam jumlah besar, tentu akan mencari usaha cargo dengan penawaran tarif pengiriman murah.

Dalam menentukan tarif pengiriman ini, ada beberapa pertimbangan khusus seperti modal, jarak pengiriman, hingga tarif pengiriman kompetitor. Pasang tarif lebih rendah dari kompetitor, namun tetap memperhitungkan agar tidak rugi. 

5. Buat Strategi Promosi

Supaya usaha cargo yang Anda bangun bisa dikenal oleh banyak orang, tentu Anda harus membuat strategi promosi yang tepat. Ada banyak cara promosi yang bisa dilakukan baik secara offline maupun secara online. 

Anda bisa memasang poster, flyer, maupun banner di banyak tempat supaya usaha cargo bisa dikenal banyak orang. Untuk promosi secara online, manfaatkanlah media sosial seperti penggunaan Instagram hingga TikTok. Bahkan, Anda juga bisa memasang iklan melalui Google Ads maupun cara organik dengan menerapkan SEO pada website usaha cargo Anda.

6. Berikan Layanan Terbaik 

Untuk memberikan kepuasan pada pelanggan dan membuat pelanggan terus menggunakan usaha cargo milik Anda untuk membantu pengirimannya. Maka, berikan pelayanan terbaik. 

Berbagai layanan bisa ditawarkan mulai dari layanan penjemputan barang, layanan pengemasan barang, layanan pelacakan barang, hingga asuransi pengiriman.

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka usaha cargo menjadi salah satu peluang menjanjikan mengingat semakin banyak orang yang melakukan pengiriman barang. Namun, sebelum membuka usaha cargo, jangan lupa untuk memahami cara-cara yang sudah disebutkan diatas supaya bisnis cargo yang dibangun menjadi sukses.

Baca juga: 10 Peluang Usaha Rumahan yang Bagus dan Menguntungkan

Itulah berbagai cara membuka usaha cargo yang bisa Anda lakukan. Bila Anda sudah yakin ingin membuka usaha cargo namun tak mau repot mengurus semua perlengkapannya dari awal. TrawLbens membuka peluang bisnis untuk Anda yang ingin menjadi Mitra TrawLpack.

Dengan biaya terjangkau, semua perlengkapan tentang bisnis cargo sudah beres dan Anda tinggal menjalankan usaha cargo saja. TrawLbens juga akan memberikan pelatihan tentang bagaimana cara menjalankan usaha kemitraan ini. Bila Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi CS kami via WhatsApp 081399000000 atau download aplikasi Trawlbens sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel