Home » Bisnis » Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Anda jual

Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Anda jual

Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Anda jual

Penentuan terhadap harga jual dari calon produk yang akan Anda jual adalah salah satu faktor penting yang perlu Anda perhatikan. Sebelum menentukan harga jual dari sebuah produk, alangkah lebih baik Anda melakukan riset terhadap pasar dan mengetahui harga jual yang beredar di pasaran.

Tentu dalam menentukan sebuah harga produk yang akan dijual terdapat langkah dan cara menentukan harga jual dengan prosedur yang sudah ditentukan. Dalam menentukan sebuah harga produk terdapat berbagai macam metode yang bisa Anda lakukan. Berikut ini penjelasan mengenai bagaimana saja cara menentukan harga jual produk.

Beberapa cara ini nantinya bisa Anda praktikan kepada penjualan bisnis produk Anda

Baca Juga: 6 Cara Membuka Usaha Cargo yang Tepat, Pasti Untung!

Cara Menentukan Harga Jual

Cara Menentukan Harga Jual

Cara Menentukan Harga Jual

langkah-langkah dibawah ini bisa Anda aplikasikan untuk mengetahui cara menentukan harga jual dari produk yang Anda jualkan. Berikut ini metode yang bisa Anda aplikasikan dalam menentukan harga jual terhadap produk yang akan Anda jual.

Baca Juga: Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Menguntungkan!

1. Menentukan Harga Sesuai dengan Biaya yang Anda Keluarkan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam menentukan harga jual adalah dengan melakukan penghitungan terhadap biaya yang sudah Anda keluarkan selama ini. Biaya yang Anda keluarkan bisa meliputi setiap pengeluaran untuk kebutuhan operasional usaha yang Anda miliki. 

Biaya operasional yang dimakasud bisa meliputi gaji karyawan, kebutuhan listrik, biaya promosi dan pengiklanan, transportasi dan kebutuhan. Anda perlu mencatat setiap kebutuhan biaya yang keluar hingga yang masuk secara benar dan tertata, agar Anda bisa menghitung biaya operasional Anda selama ini dengan benar.

2. Menentukan Harga Produk dengan Harga yang Berada di Pasaran (Competition-Based Pricing)

Cara menentukan harga jual kedua yang bisa Anda lakukan, dengan menentukan harga jual produk berdasarkan harga yang beredar di pasaran. Anda perlu melakukan riset terhadap harga jual yang beredar dan mengetahui harga pesaing bisnis yang ada di pasaran. Apabila Anda mengetahui berapa biaya yang beredar, Anda bisa memiliki patokan harga.

Apabila produk yang Anda tawarkan memiliki berbagai macam kelebihan yang dimiliki, dibandingkan dengan produk yang ada di pasaran, Anda berhak untuk memberikan harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk yang beredar. Walaupun memiliki harga yang lebih tinggi, tetapi terdapat banyak kelebihan yang produk Anda miliki.

3. Menentukan Harga Jual Berdasarkan Customer (Customer –  Based Pricing) 

Salah satu langkah yang bisa Anda gunakan dengan cara menentukan harga harga jual produk Anda, berdasarkan pendapat dan masukan dari customer terhadap produk yang Anda, yang biasa mereka beli dari toko Anda. Sebelum melakukan cara ini, Anda perlu melakukan sebuah survey terlebih dahulu kepada para customer Anda.

Lakukanlah wawancara terhadap beberapa orang untuk mengetahui opini mereka terhadap barang yang Anda jualkan. Berikut ini daftar pertanyaan yang bisa Anda tanyakan kepada customer Anda : 

  • Apakah customer Anda akan berasumsi terhadap harga yang Anda patokan, menggambarkan Kualitas produk dari barang yang Anda jual ?
  • Apakah customer merasa terbayarkan setelah menghabiskan uang yang mereka miliki terhadap produk yang Anda jual ?
  • Apakah customer lebih mementingkan kegunaan produk tersebut, dibandingkan harga yang dipatok?

Beberapa pertanyaan di atas bisa menjadi dasar pokok Anda untuk melakukan wawancara kepada beberapa customer Anda.

5. Value Based Pricing

Apabila penetapan harga jual biasanya ditentukan oleh seorang penjual atau yang biasa disebut dengan produsen, melalui metode valued based pricing, Anda akan menentukan harga jual dari sebuah produk, melalui customer Anda. Produk yang Anda jualkan akan disesuaikan fungsinya dengan penilaian dari customer.

Sebelum menentukan harga yang akan ditetapkan, ada beberapa indikator yang sebelumnya sudah ditetapkan oleh sebuah perusahaan atau penjual. Apabila semua indikator tersebut sudah terpenuhi, Anda bisa melakukan diskusi dengan tim yang Anda miliki, untuk menyesuaikan harga yang customer inginkan.

6. Manufactured Suggested Retail Price (MSRP)

Apabila pada poin sebelumnya menjelaskan, dengan menggunakan metode value based price bahwa penentuan harga jual berdasarkan pelanggan, berbeda dengan poin ini. Melalui metode manufactured suggested retail price, Anda perlu menentukan harga jual terhadap produk yang Anda jual berdasarkan keinginan Anda sendiri, sesuai dengan pemilik usaha.

Harga jual yang nantinya diberikan, akan ditetapkan oleh pemilik dari usaha itu sendiri. Naik dan turunnya harga jual produk tersebut akan diatur oleh pemilik usaha. cara menentukan harga jual ini juga termasuk efektif.

Baca Juga: 5 Cara Menarik Pelanggan dalam Bisnis Online Agar Lekas Cuan

Penutup

Saat akan mengaplikasikan cara menentukan harga jual produk lakukanlah secara mendalam dan lakukan riset terhadap segala sektor. Lakukanlah konsultasi kepada orang-orang yang memang sudah berpengalaman di bidang bisnis, agar Anda bisa mendapatkan insight baru yang bisa Anda simpan untuk kemajuan usaha yang Anda miliki.

Setelah berhasil mengetahui cara menentukan harga jual, hal penting lainnya yang harus Anda lakukan adalah memilih jasa pengiriman barang murah dan terpercaya dengan Download Aplikasi Cargo Troben untuk mengirimkan produk Anda kepada konsumen, karena ini merupakan bagian dari memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Selamat mencoba! 

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel