Home » Seputar Logistik » Bagaimana Cara Menghitung Kubikasi Cargo? Cek Di Sini!

Bagaimana Cara Menghitung Kubikasi Cargo? Cek Di Sini!

cara menghitung kubikasi cargo

Tahukah Anda, saat melakukan pengiriman cargo, ada hitungan khusus untuk mengetahui biaya pengirimannya. Untuk kirim barang cargo, Anda perlu menghitung kubikasi cargo. Lalu bagaimana cara menghitung kubikasi cargo?

Saat melakukan pengiriman, ada tiga jalur yang bisa dipilih seperti jalur darat, laut, maupun udara, sehingga rumus volume ketiganya pun berbeda. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap cara menghitung kubikasi cargo. Jadi, yuk baca terus artikel dibawah ini!

Baca juga: 5 Cara Pemasangan Bubble Wrap yang Benar

Apa Itu Kubikasi?

Sebelum membahas tentang cara menghitung kubikasi cargo, sebenarnya apa itu kubikasi? Kubikasi adalah konsep yang digunakan untuk menghitung biaya pengiriman berdasarkan volume barang. Melalui perhitungan kubikasi, akan ditemukan hasil dan dikonversikan menjadi biaya ongkos kirimnya. 

Ketika melakukan pengiriman, ada dua perhitungan yang dilakukan seperti berat aktual dan juga volume barang. Berat aktual adalah berat asli barang. Sedangkan volume barang ialah perhitungan ukurannya seperti panjang, lebar, dan tinggi kemudian dikonversikan menjadi biaya kirim.

Biasanya pada perusahaan ekspedisi, barang yang dikirim akan dihitung baik berat aktual maupun volume. Kemudian, hasil yang lebih besar antara aktual dan volume barang, itulah yang akan dihitung sebagai berat barang dan dikonversikan menjadi biaya pengirimannya. Perhitungan kubikasi biasanya digunakan untuk pengusaha yang akan melakukan pengiriman dalam jumlah besar seperti kontainer. Hal ini supaya tarif pengirimannya jauh lebih murah.

Baca juga: 6 Cara Mengirim Gitar Agar Tetap Aman!

Cara Menghitung Kubikasi Cargo yang Benar

Setelah mengetahui pengertian dari apa itu kubikasi. Tentu Anda penasaran bagaimana cara menghitung kubikasi cargo?

Menghitung kubikasi cargo perlu diketahui untuk memudahkan tiap orang yang akan melakukan pengiriman cargo.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika perhitungan antara kubikasi dan berat aktual ternyata lebih besar hitungan kubikasi, maka biaya pengirimannya akan dihitung dari berat kubikasi. 

Cara menghitung kubikasi cargo bervariasi tergantung jalur pengirimannya mulai dari jalur darat, laut maupun udara. Berikut ini adalah cara menghitung kubikasi cargo yang perlu diketahui : 

  • Jalur Darat: panjang (cm) x lebar (cm) x tinggi (cm) : 4.000
  • Jalur Laut : panjang (cm) x lebar (cm) x tinggi (cm) : 4.000
  • Jalur Udara : panjang (cm) x lebar (cm) x tinggi (cm) : 6.000

Rumus Kubikasi  :  Panjang (cm) x lebar (cm) x tinggi (cm) : 1.000.000

Baca juga: 5 Cara Mengirim Piano Supaya Tetap Aman Sampai Tujuan

Contoh Menghitung Kubikasi Cargo 

Jika sudah mengetahui bagaimana cara menghitung kubikasi cargo, sekarang kami akan memberikan contoh perhitungannya. Dengan contoh di bawah ini, bisa disesuaikan ketika Anda akan melakukan pengiriman. 

Contoh 1: 

Bila Anda melakukan pengiriman cargo menggunakan jalur laut, perhitungannya bisa melalui berat aktual maupun berat kubikasi. Bila ingin menghitung berdasarkan kubikasi, gunakan rumus ini : 

Rumus Kubikasi  :  Panjang (cm) x lebar (cm) x tinggi (cm) : 1.000.000

Diketahui : Anda akan mengirim dengan panjang :  500 cm, lebar :  400 cm, tinggi 500 cm. 

Maka kubikasi cargo tersebut adalah 500 x 400 x 500 : 1.000.000 = 100 cm3

Contoh 2: 

Bila Anda ingin melakukan pengiriman menggunakan cargo laut, gunakan rumus berikut : 

Rumus Jalur Laut : panjang (cm) x lebar (cm) x tinggi (cm) : 4.000

Diketahui : Anda akan mengirim paket menggunakan cargo laut dimana paket tersebut memiliki panjang : 60 cm, lebar : 60 cm, tinggi : 60 cm. 

Maka volume barang tersebut : 60 x 60 x 60 : 6.000 = 36 cm3

Contoh 3: 

Terakhir, bila Anda ingin mengirimkan paket via jalur darat dan perlu menggunakan packing kayu, bisa menggunakan rumus :

Rumus Jalur Darat: panjang (cm) x lebar (cm) x tinggi (cm) : 4.000

Diketahui : Anda berencana mengirimkan paket dengan ukuran panjang :  50 cm, lebar : 40 cm, tinggi  : 30 cm. Jadi volume barang tersebut adalah : 

Volume :  50 cm x 40 cm x 30 cm : 4.000 = 15 cm3 

Baca juga: 5 Cara Mengirim Knalpot Yang Aman Dan Praktis

Demikian informasi tentang apa itu kubikasi dan cara menghitung kubikasi. Dengan mengetahui cara menghitung kubikasi secara benar, Anda bisa menentukan perkiraan budget kebutuhan budget saat melakukan pengiriman. Selain itu, untuk mendapatkan biaya ongkir termurah, Anda juga bisa menentukan jalur pengiriman yang diinginkan. Hitung volume mulai dari cargo darat, laut, dan udara serta hitung kubikasi, dan temukan hasil mana yang paling kecil supaya ongkirnya paling murah.

Berbicara jasa cargo murah dan aman, TrawLbens hadir dengan layanan pengiriman barang dengan ongkir murah dan juga memastikan paket aman sampai di tujuan. Pelanggan bisa kirim cargo ukuran kecil, sedang, sampai besar dengan berat minimum 10 kg. 

Layanan TrawLpack kami memiliki berbagai keunggulan yang akan memudahkan pengiriman ke seluruh Indonesia seperti door to door service, tracking secara real time, asuransi pengiriman, dan layanan packing aman. Lakukan pengiriman cargo sekarang dengan cara unduh aplikasi kirim barang TrawLbens di Play Store atau App Store dan pilih layanan TrawLpack!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel