Home » Seputar Logistik » Cara Mengirim Paket Lewat JNT dengan Mudah dan Praktis

Cara Mengirim Paket Lewat JNT dengan Mudah dan Praktis

cara mengirim paket lewat jnt

Ketika berjualan online, pengetahuan mengenai cara mengirim paket lewat pengiriman menjadi hal yang tak boleh dikesampingkan. Salah satu opsi ideal yang dapat dimanfaatkan adalah menggunakan jasa ekspedisi JNT. 

Memperhatikan cara mengirim paket lewat JNT merupakan salah tips dimana harus diperhatikan untuk menjaga kelancaran bisnis Anda. 

Dalam hal ini, Pelanggan tidak perlu khawatir lagi akan keterlambatan, keamanan ketika mengirim produk yang Anda kirimkan ke pelanggan tercinta Anda. 

Di dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai cara mengirim paket lewat JNT. Mari baca artikel ini sampai habis.

Baca juga: Ini Cara Mengirim Barang Lewat POS Dengan Mudah

Layanan JNT yang Marak Digunakan

Sebagai perusahaan dimana bergerak di bidang pengiriman dan logistik, lewat pelayanan yang disediakan oleh JNT Express dan JNT Cargo dimana memiliki peran penting sebagai mitra pengiriman barang ke seluruh wilayah Indonesia.

JNT Express

JNT Express adalah perusahaan dimana berfokus mengirim pesanan dan pengiriman yang didirikan pada Agustus 2015. Memiliki jaringan layanan yang luas, dimana memiliki lebih dari 300.000 titik layanan di Indonesia. Jaringan layanan ini memungkinkan JNT Express untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia secara cepat dan efisien.

JNT Express juga berkomitmen dalam memberikan pelayanan pengiriman pesanan mulai dari 1 kg, dengan didukung sistem berbasis modern, seperti sistem pelacakan paket secara real- time.

Adapun untuk mengirim pesanan dimana memiliki berat 0-1,30 kg, perhitungan berat dibulatkan menjadi 1 kg. Untuk pengiriman pesanan dimana memiliki berat 1,31-2,30 kg, perhitungan berat dibulatkan menjadi 2 kg. Pembulatan ini berlaku untuk kisaran berat di atasnya.

JNT Cargo

JNT Cargo adalah bagian dari JNT Express dimana melayani pengiriman kargo skala besar dan berat. Memiliki identitas brand berwarna hijau, perusahaan ini menonjolkan dedikasinya untuk memberikan jasa ekspedisi yang andal dan efisien.

JNT Cargo menyediakan berbagai jenis jenispengiriman kargo , mulai dari pengiriman kargo cepat, pengiriman kargo reguler, hingga pengiriman kargo dengan jaminan. JNT Cargo dapat memenuhi berbagai kebutuhan ekspedisi cargo pelanggan, mulai dari pengiriman pesanan industri, pengiriman pesanan berat, hingga pengiriman pesanan berbahaya.

Berbeda dengan perhitungan dari JNT Express, lewat JNT Cargo ini akan memberlakukan perhitungan dimana tidak melibatkan pembulatan untuk pengiriman cargo. Biaya pengiriman kargo ditentukan berdasarkan berat aktual. Berat aktual dapat ditentukan lewat perhitungan berat volumetrik, yaitu panjang x lebar x tinggi / 5000 (satuan centimeter).

Dengan menggunakan pendekatan ini, JNT Cargo memastikan bahwa biaya pengiriman dikenakan sesuai dengan berat sebenarnya dari barang yang dikirim, sehingga memberikan transparansi dan keadilan dalam penentuan biaya logistik.

Baca juga: 5 Cara Kirim Paket Koper Aman Sampai Tujuan

Cara Mengirim Paket Lewat JNT, Gampang dan Tidak Ribet!

Selain memberikan tarif ekonomis, Pelanggan dapat lebih mudah mengirim pesanan menggunakan jasa lewat JNT semudah membalikkan telapak tangan. Berikut kami jelaskan cara mengirim paket lewat JNT, baik lewat JNT Express maupun lewat JNT Cargo.

JNT Express

  • Cek Ongkos Kirim Terlebih Dahulu

Cara mengirim pesanan pertama untuk cara mengirim barang lewat JNT Express adalah memeriksa biaya ekspedisi. Biaya ekspedisi ditentukan oleh beberapa faktor, seperti berat, dimensi, jarak pengiriman, dan jenis jasa pengiriman.

Anda dapat memeriksa biaya ekspedisi JNT lewat situs web JNT, aplikasi JNT, atau menghubungi call center JNT.

  • Jangan Lupa untuk Mengemas Barang

Cara mengirim pesanan lewat JNT Express selanjutnya adalah mengemas paket. Pengemasan pesanan dengan keadaan baik akan membantu melindungi paket Pelanggan dari kerusakan selama proses ekspedisi. Pastikan Anda menggunakan bahan pengemas kuat dan tahan lama.

Pelanggan dapat menggunakan kardus, bubble wrap, ataupun styrofoam untuk mengemas barang Anda. Pastikan Anda mengemas barang secara rapi dan benar agar tidak mudah rusak.

  • Antar Paket ke Drop Point Terdekat

Cara mengirim pesanan lewat JNT Express berikutnya, Pelanggan dapat mengantar pesanan Anda sendiri ke drop point JNT terdekat. Drop point JNT tersebar di seluruh Indonesia, sehingga Anda dapat secara mudah menemukan drop point JNT di dekat Anda.

Anda juga dapat menggunakan jasa pick up JNT jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengantar barang sendiri. Jasa pick up JNT akan menjemput pesanan Anda di rumah atau tempat Anda bekerja.

  • Pilih Layanan Sesuai Kebutuhan

Cara mengirim pesanan lewat JNT Express keempat, Pelanggan dapat memilih layanan ekspedisi sesuai kebutuhan. JNT menawarkan tiga jenis layanan, yakni JNT Super dimana memiliki estimasi tiba 1-3 hari, EZ dimana estimasi tiba 2-7 hari, serta Economy dengan estimasi tiba 7-17 hari.

Pilihlah layanan ekspedisi yang sesuai dengan estimasi pesanan tiba sesuai keinginan Anda, kemudian lakukan pembayaran sesuai dengan tarif ongkos kirim berlaku. Pastikan untuk menyimpan bukti ekspedisi berupa nomor resi, karena hal ini akan memudahkan Pelanggan untuk melacak perjalanan paket.

  • Lakukan Pelacakan Paket Secara Paket

Setelah mengirim pesanan, Pelanggan dapat melacak status ekspedisi barang Anda lewat situs web JNT, aplikasi JNT, atau menghubungi call center JNT.

Pelacakan paket secara berkala akan membantu Anda mengetahui status ekspedisi pesanan Anda dan memastikan pesanan Anda tiba di tujuan tepat waktu.

Baca juga: Cek Ongkir Indah Cargo, Lebih Murah TrawLbens [Update 2024]

JNT Cargo

Tidak jauh berbeda dengan JNT Express, Pelanggan dapat mengirimkan pesanan kargo lewat layanan JNT kargo tanpa ribet. Berikut cara mengirim pesanan lewat JNT Cargo yang dapat Anda lakukan.

  • Cek Ketentuan paket yang Berlaku

Cara mengirim paket lewat JNT cargo pertama, sebelum mengirim barang, pastikan untuk mengecek ketentuan yang diperbolehkan untuk dikirim. Hal tersebut mencakup jenis barang, serta batasan berat dan dimensi barang.

  • Cek Ongkir

Cara mengirim paket kedua, lakukan pengecekan ongkir untuk mengetahui biaya ekspedisi yang akan dikenakan. Pengecekan ini bisa melibatkan penggunaan kalkulator ongkir atau layanan konsultasi pelanggan untuk mendapatkan perkiraan biaya akurat.

  • Pilih Layanan Lewat JNT Cargo

Cara mengirim pesanan ketiga, pilih layanan ekspedisi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lewat JNT Cargo tentunya akan menawarkan berbagai layanan, seperti kargo standar, kargo kecil, dan layanan SLA, dengan estimasi waktu tiba yang berbeda. Pilihlah layanan yang cocok dengan estimasi waktu tiba dimana sesuai dengan keinginan Anda.

  • Kemas paket dengan Aman

Cara mengirim pesanan keempat, pastikan ketika hendak mengirim barang harus dikemas dengan aman dan sesuai standar. Gunakan bahan kemasan secara tepat, seperti bubble wrap atau kardus, untuk melindungi barang dari kerusakan selama perjalanan.

  • Antar Paket ke Drop Point Terdekat

Cara mengirim pesanan terakhir, antar barang ke drop point terdekat sesuai dengan pilihan Anda. Pastikan untuk memberikan informasi yang diperlukan, seperti alamat pengirim dan penerima, serta membawa bukti ekspedisi atau nomor resi untuk pelacakan lebih lanjut. Drop point biasanya merupakan lokasi dimana telah ditentukan lewat JNT Cargo untuk menerima barang.

Baca juga: 6 Cara Kirim Paket COD Agar Aman Sampai Tujuan

Demikianlah artikel mengenai cara mengirim barang lewat JNT, baik lewat JNT Express maupun lewat JNT Cargo. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang hendak memilih layanan ekspedisi lain maupun kargo. Selain itu, kami juga merekomendasikan jasa ekspedisi kargo termurah dan terpercaya di Indonesia, yaitu TrawLbens. TrawLbens menyediakan jasa pengiriman barang yang bernama TrawLpack. Yuk gunakan Jasa ekspedisi cargo barang TrawLbens yang berdedikasi penuh dalam menjaga komitmennya terhadap ekspedisi barang dengan tarif murah dan jaminan keamanan tinggi. Unduh aplikasi kirim barang TrawLbens sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel