Home » Bisnis » 7 Cara Merawat Furniture Kayu Agar Tahan Lama

7 Cara Merawat Furniture Kayu Agar Tahan Lama

Furniture kayu memiliki keindahan dan kekuatan alami yang menjadi investasi jangka panjang untuk rumah. Untuk memastikan keindahan dan kekuatan tersebut tetap terjaga, maka penting untuk memahami cara merawat furniture kayu secara berkala.

Hal ini dikarenakan kayu sangat rentan bermasalah akibat faktor lingkungan seperti perubahan suhu, paparan sinar matahari, atau ruangan lembab. Jika hal ini tidak ditangani secara tepat, kayu akan lebih mudah mengalami kerusakan seperti pelapukan, perubahan warna, atau keretakan.

Bagaimana Cara Merawat Furniture Kayu yang Tepat?

Perawatan kayu harus dilakukan secara untuk menjaga tampilan serta ketahan furniture saat menopang beban. Lantas bagaimana cara merawat furniture kayu yang benar agar tahan lama? Berikut beberapa poin yang perlu Anda simak!

 

Baca Juga: 9 Tips Membeli Furniture Rumah Gaya Minimalis dan Modern

1. Simpan di Ruangan Suhu Normal

Kayu memang memiliki tekstur yang keras dan awet, meski begitu material furniture ini juga bisa saja perlahan menyusut atau memuai akibat kondisi lingkungan di sekitar. Misalnya, perubahan suhu yang semakin tinggi akan membuat kayu mengalami penyusutan.

Kondisi ini bisa membuat lapisan furniture menjadi retak sehingga mengurangi daya ketahanan dalam menopang beban. Maka dari itu, butuh adanya perawatan dengan cara memastikan furniture ini disimpan di ruangan suhu yang normal.

Pastikan untuk tidak memasang furnitur yang terkena dengan sinar matahari secara langsung. Selain itu, hindari juga penyimpanan kayu pada kondisi ruangan dengan udara yang lembab.

Pada ruang yang lembab, lapisan furniture mungkin akan terkena jamur atau serangga yang bisa merusak komponen kayu. Akibatnya, kayu perlahan akan mulai keropos serta memicu bau tidak sedap.

2. Gunakan Alas Perabotan

Langkah cara merawat furniture kayu selanjutnya adalah dengan menggunakan alas furniture. Tips ini bisa diterapkan terutama untuk perabotan kayu seperti lemari, tempat tidur, kursi, meja, dan lain-lain biasanya terkena tekanan yang besar.

Furniture kayu yang kokoh biasanya dibuat dari kayu yang kuat berkualitas seperti jati, mahoni, dan sejenisnya. Oleh karena itu, pada saat memindahkan perabot harus menggunakan penyangga yang berdiri di bawah perabot.

Anda bisa menggunakan kain sebagai alas di bawah penyangga furnitur agar lebih mudah dipindahkan. Cara ini sangat efektif untuk menjaga kayu agar tidak rentan terhadap goresan akibat gesekan ubin.

3. Bersihkan Secara Berkala

Membersihkan area furniture secara rutin dapat berdampak terhadap ketahanan dalam jangka panjang. Tentu untuk menerapkan tips tersebut, Anda harus rajin membersihkan furniture secara berkala agar bebas dari debu dan kotoran yang membandel.

Cara merawat furniture kayu ini bisa dilakukan dengan menyapu debu di bagian yang sulit dijangkau menggunakan kuas kecil. Jika diperlukan, gunakan semprotan khusus untuk menjaga lapisan permukaan furniture.

4. Hindari Kontaminasi Cairan

Langkah selanjutnya dalam merawat furniture kayu adalah menghindari kebiasaan meletakkan gelas-gelas berisi air di atas perabotan Anda. Kebiasaan ini dapat merusak lapisan furniture sehingga merubah warna dan meninggalkan noda di permukaan.

Selain itu, berhati-hatilah menyimpan produk cairan yang memiliki kandungan bahan kimia tertentu. Selain bisa membuat tampilan kayu berubah, efek lainnya juga bisa merusak ketahanan kayu menjadi keropos.

 

Baca Juga: 7 Jenis Furniture dan Tips Memilihnya

5. Gunakan Produk Anti Rayap dan Jamur

Banyak orang yang kecewa ketika furnitur yang dibelinya rusak karena terkena jamur atau rayap. Kedua faktor tersebut dapat merusak furniture anda, meski bahannya terbuat dari kayu berkualitas tinggi dan tahan lama.

Untuk mencegah masalah ini, penting melakukan perawatan dengan menggunakan produk anti jamur atau rayap. Caranya adalah dengan menggunakan cairan khusus untuk menghilangkan noda dengan kuas atau mengecat furnitur.

6. Manfaatkan Kapur Ajaib

Serangga tidak hanya membuat furniture menjadi bermasalah, tetapi bisa juga mengganggu kenyamanan hunian di dalam rumah. Maka dari itu, penting untuk selalu memanfaatkan produk yang dapat mencegah kerusakan kayu.

Misalnya, memanfaatkan kapur ajaib untuk menghindari serangga seperti semut atau kecoa bersarang di furniture Anda. Dengan memastikan furniture terbebas dari serangga, ini juga bisa menjaga ketahanan perabot lebih lama.

7. Hati-Hati saat Memindahkan Furniture

Mungkin Anda pernah dihadapkan untuk memindahkan furniture seperti pindahan rumah dari satu lokasi ke lokasi lain. Pada kondisi seperti ini, maka hati-hatilah untuk memastikan furniture tetap aman terhindar dari benturan atau kerusakan.

Untuk memindahkan furniture, butuh tenaga khusus yang bisa memastikan perpindahan barang tetap aman dari kerusakan. Contohnya seperti mengandalkan jasa pengiriman barang untuk pindahan barang antar kota.

Demikian beberapa tips cara merawat furniture kayu yang bisa Anda lakukan untuk memastikan perabot terjaga. Dengan perawatan yang tepat, tentu ini memungkinkan perabotan Anda tahan lama dalam jangka panjang.

Jika Anda ingin merawat furniture tetap tahan lama meski harus pindahan rumah, jangan lupa untuk selalu mengandalkan jasa pengiriman barang yang andal. Troben bisa menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Menghadirkan berbagai layanan yang memudahkan untuk mengirim furniture dengan aman dan berkualitas. Untuk memastikan keamanan selama pengiriman, Anda juga bisa menggunakan fasilitas asuransi yang tersedia di Troben. Unduh aplikasi kirim barang untuk memindahkan furniture dengan aman bersama Troben sekarang!

banner trawlpack ongkir murah

Yuk, klik button di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel