Home » Seputar Logistik » 4 Tips Packing Barang yang Aman dan Siap Kirim

4 Tips Packing Barang yang Aman dan Siap Kirim

Tips Packing Barang

Empat Tips Packing Barang Aman Serta Siap Kirim – Sebagai pelanggan atau pengirim, anda harus memperhatikan keamanan barang saat dikirim oleh jasa ekspedisi kargo. Kita tau sendiri bahwa banyak komplain yang berasal dari keamanan barang disaat pengiriman, ada barangnya penyok ketika sampai, bahkan sampai rusak total. Apalagi bagi anda yang punya bisnis online. Hal ini tentunya akan menyebabkan kerugian bisnis anda.

Walaupun jasa ekspedisi punya jaminan keamanannya sendiri, ada baiknya anda tetap mempersiapkan segala kemungkinan dengan cara mengetahui tips packing yang aman. Dengan itu, anda bisa lebih menimalisir kerusakan barang saat pengiriman baik lewat udara, laut maupun darat. Detil kecil dalam pengemasan barang bisa menimbulkan kerusakan ga sepele juga, lho. Selain itu bisa juga menghemat ongkir dengan mengetahui tips packing barang yang aman dan baik

Nah, berikut 4 tips packing aman ala Troben: 

1. Gunakan Bubble Wrap & Kardus sebagai Pelapis Barang 

bubble wrap

Tips packing pertama melapisi barang dengan bubble wrap adalah tips packing barang paling umum digunakan. Demi pengiriman barang yang aman, bubble wrap ini akan menjadi perlindungan dalam perjalanan. Anda juga bisa menambahkan kardus atau karton dengan cara membungkusnya lagi. Jika di dalam satu kardus bekas ada beberapa barang, ada baiknya setiap barang tersebut dilapisi bubble wrap dahulu.

Untuk lapisan terluar, pilih kardus atau karton dengan bahan bagus dan keras. Bila perlu gunakan kardus baru untuk kurangi resiko kerusakan, karena kardus bekas sudah kehilangan kekuatannya. Tips tambahan, manfaatkan koran bekas untuk menutupi celah didalam kemasan agar membuat barang didalamnya bergerak-gerak.

Baca Juga: Produk Perishable: Pengertian, Jenis, Cara Aman Packingnnya

2. Tips Packing Barang Menggunakan Kayu 

packing kayu

Tips packing kedua jika mengirim barang pecah belah, seperti piring ataupun kirim makanan, kita harus menggunakan pelapis kayu atau packing kayu. Karena kardus dan bubble wrap saja tidak cukup kuat untuk mengurangi dampak benturan saat perjalanan. Namun, disarankan untuk tetap melapisi dengan kardus dan bubble wrap. Kita tidak perlu khawatir jika tidak bisa membuat packing kayu. Karena setiap jasa ekspedisi biasanya bisa membantu. 

Selain barang pecah belah dan makanan, beberapa barang dengan nilai tinggi seperti komputer, alat musik dan barang elektronik lainnya juga disarankan untuk pakai packing kayu. Karena kemasan kayu ini punya kelebihan dalam perlindungan mekanis yang baik bagi barang-barang didalamnya dan tetap menjaga barang kiriman anda dari tekanan dan tumpukan barang yang banyak.

Baca Juga3 Contoh Packing Barang Aman

3. Tempel stiker peringatan

barang pecah belah

Tips packing barang selanjutnya yang ga kalah penting adalah stiker fragile atau peringatan barang pecah belah. Kitabisa tempelkan stiker fragile ini pada permukaan kardus atau packing kayu. Hal ini bertujuan untuk memperingatkan kurir dari ekspedisi agar lebih hati-hati dalam memindahkan barang. Tips ini sangat penting untuk kita ketahui yang ingin mengirim barang pecah belah atau elektronik. Tentunya, kita tidak mau jika barang sampai di tempat tujuan dengan keadaan rusak, penyok atau cacat.

Menariknya, kita bisa menggunakan desain stiker yang beragam sesuai kreatifitas. Banyak contoh stiker fragile yang unik-unik, misalnya: mudah patah seperti hatiku, jangan dibanting apalagi digantung. Kurir atau pelangganmu pun akan senyum-senyum sendiri kalau lihat paket kiriman dari anda.

Baca Juga7 Cara Mengirim Benda Melalui Ekspedisi

4. Gunakan Jasa Ekspedisi Terpercaya

Tips packing barang terakhir adalah pilih jasa ekspedisi yang terpecaya berpengalaman dalam mengirim barang. Troben sendiri punya spesialisasi dalam pengiriman barang diatas 10 kg, atau barang besar. Semakin berat barang, ongkir bisa lebih murah. Ongkir termurah mulai dari Rp 2.500/kg. Sebagai jasa ekspedisi kargo berbasis aplikasi pertama di Indonesia, Troben tawarkan pelayanan yang tidak tanggung-tanggung. Troben memberikan pelayanan penjemputan di antar sampai depan rumah atau layanan door to door. Jadi anda tidak perlu repot untuk mengantarkan barang ke tempat pengiriman. Bisa juga menghubungi atau kunjungi website Troben sekarang juga.

Nah, setelah tau tips packing barang yang aman dan siap kirim diatas, kita tidak perlu takut barang kita rusak saat pengiriman. Jika anda punya bisnis, tips ini sangat bisa mempengaruhi pandangan pembeli produk anda. Jika, kemasan rapih dan aman, pelanggan pun akan senang, dapat meningkatkan penjualan pula. Jangan lupa untuk praktikan tips ini jika anda ingin mengirim barang, ya.

Baca Juga6 Cara Packing Paket Makanan 

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel