Home » Bisnis » Cara Riset Produk Terlaris di 3 Marketplace Terpopuler

Cara Riset Produk Terlaris di 3 Marketplace Terpopuler

cara riset produk

Cara riset produk terlaris! Saat ini, sudah semakin banyak bisnis yang memasarkan produknya melalui berbagai marketplace. Nah, untuk Anda jika ingin terjun dalam dunia bisnis dan masih bingung untuk memproduksi barang apa, Anda bisa melakukan riset di marketplace untuk mengetahui produk-produk terlaris. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan berikut ini. 

Apa itu Riset Produk?

Melansir laman Shopify, riset produk adalah bagaimana Anda memvalidasi ide produk dan melihat apakah itu akan berhasil atau tidak. Ini adalah bagian dari proses pengembangan produk yang membantu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. Hasilnya adalah pengembalian investasi pada produk. 

Perlu diketahui bahwa, bisnis perlu melakukan tinjauan produk secara rutin bisa bersaing lebih baik dibandingkan kompetitornya. Hal ini juga bisa membantu Anda tetap update mengenai tren terkini dan mengetahui apakah tren tersebut akan tetap berlanjut atau tidak. 

Riset atau peninjauan produk menjawab beberapa pertanyaan, seperti:

  • Apakah produk akan menjadi sukses?
  • Produk apa yang serupa di pasaran?
  • Bagaimana cara terbaik untuk mengembangkan produk?

Baca Juga : 9 Pilihan Bisnis Franchise Modal Kecil dan Murah

Manfaat Riset Produk

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari riset produk, yaitu sebagai berikut:

1. Fokus Pada Kebutuhan Pelanggan

Dengan melakukan riset produk, Kita dapat tetap fokus pada kebutuhan dan permintaan pelanggan. Dengan banyak cara untuk menjangkau pelanggan seperti komunitas web, survei telepon, dan wawancara, riset pasar membuat kita lebih banyak waktu dalam mencari cara bagaimana untuk meningkatkan layanan pelanggan maupun penawaran penjualan kita. 

2. Menghindari Kesalahan Kompetitor

Kita dapat mengetahui produk-produk lain yang ditawarkan oleh kompetitor dengan melakukan peninjauan produk. Setiap bisnis tentunya ingin menonjol, dan riset menjadi hal penting. Jika pesaing kita menjual barang secara maksimal dan menawarkan kualitas lebih rendah, maka kita juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk mencari celah kompetitor. 

Baca Juga : 10 Peluang Usaha Rumahan Menguntungkan!

3. Membantu Anda Mengidentifikasi Niche Market

Bisnis yang memahami niche marketnya dapat menciptakan hubungan baik dengan para konsumen. Apabila peninjauan barang tidak dilakukan, maka penjualan dapat diluncurkan kepada audiens yang salah. Dengan peninjauan memiliki manfaat untuk mengurangi risiko karena bisnis mengetahui untuk siapa produk dibuat dan diproduksi. Saat Anda mengidentifikasi niche market Anda, Anda bisa mengetahui volume pencarian dan seberapa banyak permintaan penjualan Anda. 

Baca Juga : 10 Peluang Bisnis Di Era Digital dan Cara Memanfaatkannya

Cara Riset Produk Terlaris di Shopee

cara riset produk

cara riset produk

Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia didirikan pertama kali di Singapura pada tahun 2015. Nah untuk mengetahui cara riset produk terlaris di Shopee, Kita juga dapat menggunakan fitur terlaris yang sudah disediakan oleh Shopee. 

Nah, gambar di atas merupakan contoh dari riset atau peninjauan produk dengan klik fitur terlaris pada bagian atas kategori. Ini adalah beberapa produk terlaris Shopee di kategori sepatu pria. Anda bisa melihat berapa banyak penjualan dari produk terlaris tersebut. 

Baca Juga : 8 Cara Menganalisis Cara Ciri-Ciri Peluang Usaha Yang Wajib Diketahui!

Cara Riset Produk Terlaris di Tokopedia

cara riset produk

cara riset produk

Tokopedia merupakan marketplace terpopuler dan merupakan karya anak bangsa lho! Saat ini Tokopedia telah menjadi tempat marketplace yang paling sering dikunjungi. Untuk mengetahui cara peninjauan produk marketplace ini, Anda dapat melakukannya dengan cara memasukkan keyword atau kata kunci pada kotak search di bagian halaman atas website. 

Setelah sudah memasukkan keyword, Anda bisa lakukan filter produk seperti berdasarkan produk baru, harga dan review. Anda bisa memfilter produk dengan klik urutkan paling sesuai, ulasan, harga tertinggi dan harga terendah. 

Baca Juga : Ketahui 8 Peluang Usaha Belum Banyak Pesaing!

Cara Riset Produk Terlaris di Lazada

cara riset produk

cara riset produk

Lazada merupakan marketplace Asia Tenggara yang dimiliki oleh Alibaba Group. E-commerce satu ini juga merupakan salah satu terpopuler di Indonesia. Untuk mengetahui apa saja produk terlaris di Lazada, kita dapat mengetik huruf awal dari barang yang ingin Anda cari di kolom search.  

Seperti contoh, jika Anda mengetik huruf ‘k’ pada kolom search, akan ada berbagai produk yang muncul. Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, penjualan terlaris yang ada di Lazada adalah ‘kaos pria distro original’. Selamat mencoba ya!

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai cara-cara mencari barang penjualan terlaris di 3 marketplace terpopuler. Sebelum memutuskan untuk terjun dalam dunia bisnis, ada baiknya Anda melakukan riset produk, baik melalui marketplace maupun tools lain yang bisa Anda manfaatkan.  

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel