Home » Seputar Logistik » 8 Pelabuhan di Maluku, Berikut Daftarnya!

8 Pelabuhan di Maluku, Berikut Daftarnya!

Pelabuhan di Maluku

Butuh kirim barang ke wilayah Maluku dan sekitarnya? Cek daftar pelabuhan di Maluku yang wajib Anda ketahui untuk mengetahui rute pelayaran dan fasilitas yang tersedia di pelabuhan!

Informasinya, daerah Maluku menjadi salah satu provinsi yang memiliki pelabuhan terbanyak di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), setidaknya ada 91 pelabuhan yang telah dibangun di Maluku hingga tahun 2019.

Dari beberapa pelabuhan ini, tentu ada banyak titik lokasi pelabuhan yang menjadi pusat aktivitas bongkar muat barang. Berikut simak artikel di bawah ini untuk melihat daftar pelabuhan di Maluku.

Daftar Pelabuhan di Maluku

Pelabuhan memiliki fungsi utama sebagai tempat sandar kapal untuk menampung muatan serta mengangkut muatan. Beberapa pelabuhan ini juga memiliki fasilitas pendukung untuk menunjang aktivitas logistik menggunakan transportasi laut. Apa saja itu?

1. Pelabuhan Yos Sudarso

Ambon merupakan pusat kota dari provinsi Maluku yang memiliki aktivitas pelayaran serta perdagangan cukup besar di Indonesia. Pelabuhan di kota ini resmi dikenal dengan nama Pelabuhan Yos Sudarso.

Pelabuhan yang memiliki lokasi strategis ini melayani berbagai jenis fasilitas transportasi laut mulai dari kapal barang, kapal penumpang, dan kapal-kapal kecil. Selain itu, pelabuhan ini juga menjadi pusat aktivitas ekspor dan impor dan pengiriman barang di wilayah sekitar.

Saat ini, pelabuhan Ambon terus mengupayakan proses pembangunan untuk mendukung aktivitas kargo dan peti kemas lebih efisien. Pengembangan fasilitas pelabuhan di Maluku ini juga dilakukan untuk mendukung pusat kegiatan perikanan hingga ke luar negeri.

2. Pelabuhan Tobelo

Pelabuhan Tobelo adalah salah satu pelabuhan di Maluku yang terletak di Kota Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara. Pelabuhan ini memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung aktivitas logistik, termasuk jalur pelayaran antar pulau.

Tak heran mengapa fasilitas yang tersedia di pelabuhan ini cukup lengkap untuk kegiatan bongkar muat barang dan melayani kapal penumpang. Sehingga pelabuhan ini juga menjadi gerbang perekonomian lokal dan fasilitator untuk distribusi barang hingga perdagangan domestik.

3. Pelabuhan Tual

Pelabuhan Tual terletak di Kota Tual, Pulau Kei Besar, Maluku Tenggara. Aktivitas pelabuhan di Maluku ini memiliki peran penting dalam mendukung perdagangan di Pulau Kei dan sekitarnya.

Jenis pelabuhan ini melayani berbagai jenis kapal seperti kapal nelayan, kapal penumpang, dan kapal barang. Demikian mengapa pelabuhan tual menjadi titik strategis untuk mendistribusikan barang dan perdagangan lokal di kawasan Indonesia Timur.

Pelabuhan tual berperan penting dalam memfasilitasi transportasi untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan upaya pemerintah setempat dengan menghadirkan berbagai fasilitas tambahan untuk mewujudkan aktivitas kargo laut lebih efektif.

4. Pelabuhan Namlea

Pelabuhan di Maluku selanjutnya adalah pelabuhan Namlea yang terletak di Kabupaten Buru, Indonesia. Kehadiran pelabuhan ini juga cukup penting untuk mendukung kegiatan perniagaan, logistik dan transportasi laut.

Hal ini juga didukung dengan beberapa fasilitas yang cukup lengkap untuk melayani berbagai kebutuhan penumpang ataupun pengirim barang. Secara keseluruhan aktivitas di pelabuhan ini banyak melayani kebutuhan untuk kapal barang kapal penumpang, kapal perikanan, dan kapal feri untuk menghubungkan dengan pulau-pulau di sekitar.

 

Baca Juga: Ketahui 3 Daftar Pelabuhan di Surabaya, Yuk Cek Disini!

5. Pelabuhan Galela

Pelabuhan Galela terletak di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. Peran pelabuhan di Maluku ini pun cukup penting untuk memenuhi kebutuhan aktivitas pelayaran, transportasi penumpang, dan pengangkutan barang.

Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap dengan adanya dermaga besar untuk bongkar muat barang serta area penyebrangan yang memudahkan penumpang untuk naik turun dari kapal. Hingga saat ini, pelabuhan Galela juga terus melakukan pengembangan infrastruktur guna meningkatkan layanan kepada penumpang.

6. Pelabuhan Wonreli

Selain pelabuhan Yos Sudarso, Ambon juga memiliki pelabuhan bernama Wonreli. Lokasinya yang strategis, menjadi pelabuhan ini sebagai gerbang utama untuk kapal-kapal berlayar di sekitar perairan pulau Ambon.

Layanan yang tersedia pun cukup lengkap mulai dari pengangkutan barang, kapal perikanan, dan juga kapal penumpang. Pengembangan serta pemeliharaan fasilitas yang tersedia juga terus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pelayanan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Indonesia Timur.

7. Pelabuhan Saumlaki

Pelabuhan Saumlaki adalah pelabuhan utama yang berlokasi di Kota Saumlaki, Pulau Yamdena, Maluku Tenggara Barat. Fungsi utamanya adalah sebagai pusat kegiatan transportasi dan perdagangan laut di sekitar wilayah tersebut.

Diketahui pelabuhan Saumlaki melayani berbagai jenis kapal laut untuk mengangkut penumpang dan juga kapal barang. Selain itu, pelabuhan ini mendukung aktivitas nelayan di sektor perikanan untuk memajukan perekonomian warga setempat.

8. Pelabuhan Pulau Teor

Pelabuhan di Maluku yang terakhir adalah pelabuhan Pulau Teor. Terletak di Pulau Teor, Seram Bagian Barat, Maluku. Sama seperti pelabuhan lainnya, Pulau Teor merupakan lokasi yang strategis untuk mendukung aktivitas masyarakat dalam pelayaran.

Selain mendukung aktivitas perikanan, layanan di pelabuhan ini juga digunakan sebagai transportasi penumpang dan pengangkutan barang. Fasilitas yang tersedia di kapal ini pun cukup lengkap mencakup dermaga dan pilihan kapal yang beragam.

 

Baca Juga: 5 Pelabuhan di Sumatera, Pusat Logistik dan Ekspor Impor

Kirim Barang ke Maluku via Kargo Laut Bersama Troben

Itu dia beberapa daftar pelabuhan di Maluku yang wajib Anda ketahui untuk mengandalkan pengiriman kargo dengan transportasi laut. Beberapa fasilitas yang tersedia tentu mendukung aktivitas angkut barang lebih efisien.

Troben kini hadir untuk memudahkan Anda dalam melakukan pengiriman kargo ke Maluku dengan aman dan terpercaya. Beberapa lokasi pelabuhan di atas tentu bisa menjadi pilihan untuk pengiriman lebih cepat dan efisien.

Dibekali dengan sistem pelacakan secara real-time, Anda bisa memantau status pengiriman secara akurat. Saatnya gunakan aplikasi kirim barang menggunakan Troben sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel