Home » Seputar Logistik » 6 Ekspedisi yang Bisa COD, Pembayaran Jadi Lebih Mudah!

6 Ekspedisi yang Bisa COD, Pembayaran Jadi Lebih Mudah!

Ekspedisi yang Bisa COD

Seiring dengan berkembangnya zaman, sekarang proses pembayaran ketika seseorang melakukan pengiriman barang melalui jasa ekspedisi bisa dilakukan dengan sistem COD.  Lalu apa itu ekspedisi yang bisa COD? 

COD atau  Cash on Delivery merupakan proses pembayaran yang dilakukan ketika barang sudah sampai ke tangan penerima. Dengan sistem COD ini dimaksudkan untuk memeriksa bahwa kualitas barang terjamin aman, dan pelanggan baru akan melakukan pembayaran.

Bukan hanya e-commerce yang menyediakan layanan COD. Saat ini jasa ekspedisi juga menyediakan layanan yang bisa COD. Lalu apa saja ekspedisi yang bisa COD dan kelebihan menggunakan ekspedisi yang bisa COD? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Baca Juga : Apa Itu Jasa Logistik? Kenali Dunia Logistik Lebih Jauh Disini!

Apa Itu Ekspedisi yang Bisa COD? 

Ekspedisi yang menyediakan layanan Cash on Delivery (COD) adalah layanan pengiriman barang dimana pembayaran dilakukan oleh penerima saat menerima barang kiriman. Dalam sistem ini, pembeli tidak perlu melakukan pembayaran sebelumnya seperti pada pembelian online biasa. Istilah “COD” sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti “Bayar di Tempat”.

Prosesnya dimulai ketika pembeli melakukan pemesanan barang secara online. Setelah barang diproses dan siap untuk dikirim, kurir ekspedisi akan mengantarkan barang tersebut ke alamat yang dituju. Saat barang diterima, pembeli melakukan pembayaran kepada kurir sesuai dengan jumlah yang tertera pada faktur atau surat pesanan. Pembayaran dapat dilakukan dengan uang tunai atau dalam beberapa kasus dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Layanan ekspedisi yang menawarkan COD memberikan keuntungan bagi pembeli karena mereka dapat memeriksa kualitas barang sebelum membayar, meningkatkan kepercayaan dalam transaksi online, serta memberikan fleksibilitas dalam pembayaran. Bagi penjual, layanan ini membantu meningkatkan penjualan dengan memperluas opsi pembayaran untuk pelanggan dan mengurangi risiko pembatalan pesanan. Ini juga memberikan keuntungan bagi penyedia jasa ekspedisi dengan memperluas pasar mereka dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

6 Ekspedisi yang Bisa COD

Berikut ini adalah beberapa ekspedisi yang bisa COD di Indonesia yang bisa Anda gunakan, diantaranya : 

1. J&T Express

Ekspedisi yang bisa COD pertama adalah J&T. Salah satu ekspedisi ternama dengan jangkauan luas dan biaya COD yang terjangkau. J&T Express melayani COD untuk berbagai jenis barang, termasuk elektronik, fashion, dan makanan.

2. SiCepat

Ekspedisi yang dikenal dengan kecepatannya dan memiliki layanan COD yang mudah digunakan. SiCepat menawarkan dua pilihan COD, yaitu COD Reguler dan COD Prioritas.

3. Anteraja

Ekspedisi yang memberikan layanan COD dengan biaya yang kompetitif. Anteraja juga menawarkan layanan COD Jumbo untuk barang-barang berukuran besar.

4. Ninja Xpress

Ekspedisi yang terkenal dengan layanan COD-nya yang cepat dan aman. Ninja Xpress memiliki jangkauan yang luas dan biaya COD yang terjangkau.

5. JNE

Ekspedisi ternama dengan layanan COD yang terpercaya. JNE menawarkan berbagai pilihan layanan COD, termasuk COD Reguler dan COD YES.

6. POS Indonesia

Ekspedisi milik pemerintah yang juga menyediakan layanan COD. POS Indonesia memiliki jangkauan yang luas hingga ke pelosok negeri.

Baca Juga : Ketahui 8 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Kelebihan Menggunakan Ekspedisi yang Bisa COD 

Ada beberapa kelebihan yang dapat diperoleh dengan menggunakan ekspedisi yang bisa COD atau Cash on Delivery, diantaranya:

1. Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

Layanan COD memberikan kepercayaan kepada pembeli karena Anda dapat memeriksa kualitas barang sebelum melakukan pembayaran. Hal ini mengurangi kekhawatiran akan penipuan dan meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap transaksi online.

2. Kenyamanan dalam Pembayaran

Pembeli tidak perlu repot mencari mesin ATM atau melakukan pembayaran daring. Anda dapat menyelesaikan pembayaran saat barang tiba di depan pintu rumah, meningkatkan kenyamanan dalam proses pembelian.

3. Fleksibilitas Pembayaran

Layanan COD memberikan opsi pembayaran yang fleksibel bagi pembeli yang mungkin tidak memiliki akses ke fasilitas perbankan atau tidak percaya dengan pembayaran online.

4. Meningkatkan Penjualan

Bagi penjual, layanan COD dapat meningkatkan penjualan dengan memperluas opsi pembayaran untuk pelanggan. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko pembatalan pesanan, karena pembayaran dilakukan saat barang dikirim.

5. Meminimalkan Risiko Penipuan

Dengan pembayaran yang dilakukan pada saat pengiriman, risiko pembayaran palsu atau pembatalan pesanan dapat diminimalkan, memberikan keamanan tambahan bagi penjual.

6. Peningkatan Daya Tarik Produk

Dengan adanya opsi pembayaran COD, produk menjadi lebih menarik bagi pembeli yang mungkin lebih nyaman dengan metode pembayaran ini, sehingga memperluas pangsa pasar produk tersebut.

7. Mendorong Pertumbuhan E-commerce

Layanan COD membantu mendorong pertumbuhan e-commerce dengan memberikan solusi pengiriman yang sesuai dengan preferensi pembeli, sehingga meningkatkan jumlah transaksi online secara keseluruhan.

Dengan demikian, menggunakan ekspedisi yang menyediakan layanan COD memberikan berbagai keuntungan bagi pembeli, penjual, dan bahkan penyedia jasa ekspedisi itu sendiri.

Demikian informasi mengenai ekspedisi yang bisa COD dan layanan ekspedisi di Indonesia yang menyediakan layanan COD. Bila Anda ingin melakukan pengiriman barang dengan praktis mulai dari proses pemesanan sampai dengan pembayaran melalui layanan transfer menggunakan Virtual Account. Anda bisa kirim barang melalui Troben. Kami merupakan Jasa ekspedisi murah dan aman yang memiliki banyak keunggulan seperti door to door, layanan packing, asuransi pengiriman, sistem pelacakan dan kemudahan pemesanan dan pembayaran dari aplikasi. Unduh aplikasi pengiriman barang Troben dan kirimkan barang Anda sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel