Home » Seputar Logistik » 10 Jenis Alat Berat dan Fungsinya yang Wajib Anda Ketahui

10 Jenis Alat Berat dan Fungsinya yang Wajib Anda Ketahui

Alat Berat

Alat berat adalah mesin berukuran besar yang dirancang khusus untuk melakukan tugas-tugas konstruksi seperti pemindahan material bangunan, pekerjaan tanah (earth working), dan kegiatan lainnya. Secara umum, alat berat digunakan dalam berbagai proyek konstruksi, termasuk pembangunan jalan, gedung, dan pertambangan, di mana sumber daya manusia dan mesin diperlukan untuk mendukung pekerjaan tersebut. Beberapa perusahaan terkemuka yang memproduksi alat berat antara lain Komatsu (Jepang), Doosan Infracore (Korea Selatan), Volvo (Swedia), Caterpillar (Amerika), Hitachi (Jepang), dan lain-lain.

Alat berat memiliki jenis yang banyak, dan setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dalam artikel berikut ini kami akan memberikan contoh alat berat dan fungsinya. Selain itu, bagi Anda yang sedang memiliki proyek pembangunan di berbagai daerah di Indonesia dan membutuhkan jasa sewa truk untuk mengangkut berbagai material bangunan, kami juga memiliki rekomendasi jasa sewa truk untuk Anda. Jadi, yuk simak pembahasan dibawah ini sampai selesai!

Baca Juga : Ketahui Sekarang 4 Metode Pengiriman Alat Berat

Inilah 10 Contoh Alat Berat dan Fungsinya

Industri konstruksi semakin berkembang pesat, dan penggunaan alat berat menjadi kunci utama untuk menunjang efisiensi dan kecepatan proyek. Berbagai alat berat memiliki fungsi berbeda-beda yang vital dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan konstruksi. Berikut adalah beberapa contoh alat berat beserta fungsinya yang umum digunakan dalam industri konstruksi:

1. Excavator

Contoh alat berat yang pertama adalah Excavator. Excavator adalah jenis alat berat yang biasanya digunakan untuk melakukan penggalian tanah. Excavator juga digunakan untuk memindahkan tanah maupun material lain ke dalam truk muatan. 

Excavator atau yang dikenal sebagai bego di Indonesia, adalah alat yang paling umum ditemui dalam sebuah proyek karena memiliki beragam fungsi. Selain digunakan untuk penggalian tanah, excavator memiliki fungsi lain, seperti memindahkan material yang berat,  menancapkan batang pondasi, meratakan tanah, mengeruk sungai, dan berbagai tugas lainnya.

2. Bulldozer

Bulldozer adalah alat berat yang umumnya dimanfaatkan untuk mengelola lahan. Biasanya digunakan untuk mendorong material tanah, hasil galian, baik itu ke depan, samping, atau untuk membentuk timbunan material. 

Terdapat berbagai jenis bulldozer yang digunakan sesuai dengan kebutuhan proyek. Sebagai contoh, ada jenis bulldozer bernama Swamp bulldozer yang dirancang khusus untuk bekerja di area rawa. 

Sementara itu, Crawler tractor dozer adalah bulldozer yang menggunakan roda kelabang, sedangkan Wheel tractor dozer adalah bulldozer yang menggunakan roda karet. Perkembangan jenis bulldozer ini mencerminkan adaptasi alat berat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan spesifik dalam proyek-proyek konstruksi dan pengelolaan lahan.

3. Wheel Loader

Wheel loader adalah alat yang berfungsi serupa dengan bulldozer yang digunakan untuk memindahkan material atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Proses kerjanya melibatkan penggalian atau pemuatan material menggunakan bucket. Bucket kemudian didorong ke material yang akan diangkat. Setelah bucket terisi penuh, traktor mundur dan bucket diangkat ke atas untuk selanjutnya dipindahkan ke lokasi tujuan. 

Selain itu, wheel loader juga memiliki peran penting dalam membersihkan area kerja, meratakan timbunan tanah dan mengembalikannya, menggusur tanah dengan jarak dekat, serta meratakan atau menghaluskan permukaan bidang rata dan sebagainya. Dengan kemampuan serbaguna ini, wheel loader menjadi alat yang sangat diperlukan dalam berbagai proyek konstruksi dan kegiatan pemindahan material.

4. Wales Stump

Vibro roller (Stump) atau yang bisa disebut sebagai wales merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk meratakan dan memadatkan permukaan aspal atau tanah. Alat ini umumnya digunakan ketika membangun jalan raya. 

Meskipun sebenarnya alat ini disebut dengan vibro roller, namun di Indonesia, alat ini lebih sering disebut sebagai strum, mesin penggulung, atau mesin galindong. 

Di pasaran, terdapat berbagai ukuran vibro roller, mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar, sehingga dapat digunakan di berbagai jenis lahan, baik yang berukuran kecil maupun besar. Vibro roller memiliki peran yang signifikan dalam mencapai permukaan yang rata dan padat, memastikan kualitas jalan dan infrastruktur yang dibangun.

5. Crane

Crane berperan dalam melakukan pengangkutan atau pemindahan material dari satu titik ke titik lain, baik dari bawah ke atas atau sebaliknya. Derek jangkung, yang umumnya dikenal sebagai crane, sering digunakan dalam proyek konstruksi gedung.

Material-material berbagai jenis yang sulit diangkat secara manual ke ketinggian, seperti atap gedung, dapat dipindahkan dengan bantuan crane. Crane memiliki kemampuan untuk bergerak secara mekanis baik secara horizontal maupun vertikal. 

Terdapat berbagai jenis crane yang dapat ditemui di pasar, termasuk mobile crane (truck crane), tower crane, crawler crane, hydraulic crane, overhead crane, dan sebagainya. Alat ini menjadi bagian penting dalam menjamin efisiensi dan keamanan dalam proses konstruksi, memastikan berbagai material dapat diposisikan dengan tepat pada lokasi yang diinginkan.

6. Grader

Motor grader atau yang sering disebut grader adalah alat berat yang dilengkapi dengan pisau panjang untuk melakukan pekerjaan mekanis seperti meratakan permukaan tanah. Tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk meratakan tanah, grader juga mampu mencampur tanah, melakukan penggusuran, mengurug galian tanah, meratakan tanggul, dan banyak fungsi lainnya. 

Secara umum, grader digunakan pada tahap akhir, seperti penyempurnaan atau perbaikan. Alat ini sering digunakan dalam konstruksi dan pemeliharaan jalan berkerikil dan jalan tanah, atau dapat juga digunakan untuk mempersiapkan landasan dasar pada proyek pembangunan jalan raya sebelum lapisan aspal diaplikasikan. Grader menjadi salah satu perangkat penting yang mendukung keberhasilan proyek konstruksi dengan memberikan hasil akhir yang rata.

7. Scraper

Motor scraper atau yang sering disebut sebagai scraper adalah jenis alat berat yang sering diterapkan dalam kegiatan pemotongan lereng bendungan atau tanggul. Selain itu, alat berat ini juga mampu melakukan penggalian pada tanah di antara struktur beton dan dapat digunakan untuk meratakan permukaan jalan raya. 

Dalam proses kerjanya, scraper dapat menggali tanah hingga kedalaman lebih dari 2,5 mm dan memiliki kemampuan untuk menimbun suatu area tertentu hingga ketebalan minimum lebih dari 2,5 mm sesuai kebutuhan proyek.

8. Asphalt Paver

Asphalt paver atau yang umumnya dikenal sebagai asphalt finisher, adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi untuk menyebar campuran aspal yang sebelumnya telah diproduksi menggunakan peralatan pembuat aspal. 

Kekurangan yang dimiliki oleh asphalt paver ini terletak pada perputaran roda kelabang yang terlihat lebih lambat disebabkan oleh penggunaan roda karet yang memiliki daya gesek yang terasa lebih kasar.

9. Diesel Hammer

Diesel hammer merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk memukul atau memancang tiang pancang ke dalam tanah. Secara umum, alat ini diterapkan dalam pembangunan pondasi untuk struktur bertingkat, dermaga, jembatan tower, dan berbagai bangunan lainnya. 

Fungsi diesel hammer melibatkan penggunaan mesin uap untuk menggerakkan hammer atau pemukul, baik pada bagian single acting maupun double acting steam hammer yang digunakan. Ada beragam jenis hammer yang digunakan untuk memukul tiang pancang ini, termasuk yang memiliki model tetap, gantung, dan bahkan yang berputar di bidang vertikal.

10. Roller  

Pneumatic tire roller, sering disingkat sebagai roller, adalah jenis alat yang digunakan dalam proyek konstruksi yang melibatkan bahan granular. Selain itu, alat ini biasanya juga digunakan untuk menggilas lapisan hot mix.

Baca Juga : Ketahui Jenis Alat Industri dan Tips Memilihnya

Troben Melayani Pengiriman Alat Berat dengan Aman 

Troben sebagai perusahaan logistik dan cargo menyediakan layanan pengiriman alat berat hingga jasa sewa truk.

Bagi Anda yang ingin mengirimkan alat berat ke seluruh Indonesia, percayakan saja pengirimannya dengan aman bersama Troben. Troben memiliki banyak keunggulan yang akan memudahkan pengiriman alat berat seperti door to door, asuransi pengiriman, sistem pelacakanan, hingga tarif ongkir yang lebih hemat.

Dengan mengetahui berbagai alat berat beserta fungsinya, tentunya Anda akan bisa memilih alat berat yang tepat digunakan untuk berbagai kebutuhan proyek. 

Jika Anda membutuhkan jasa sewa truk untuk membantu mengangkut bahan materiaL dan juga kirim alat berat, jasa sewa truk dari Troben siap membantu Anda. Melalui layanan Troben Truk, kami memberikan kemudahan pada Anda saat melakukan pemesanan yaitu hanya dari aplikasi. Yuk download aplikasi sewa truk Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel