Home » Seputar Logistik » Ketahui Jenis Alat Industri dan Tips Memilihnya

Ketahui Jenis Alat Industri dan Tips Memilihnya

Alat Industri

Alat industri adalah berbagai macam peralatan yang digunakan dalam kegiatan industri untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi. Alat industri terdiri dari berbagai jenis seperti mesin industri, alat ukur, alat pemotong, dan juga alat angkat.

Alat industri membantu berbagai macam proses produksi industri seperti industri pertanian, manufaktur, petrokimia dan lainnya. Dalam artikel berikut ini kami akan membahas alat industri mulai dari jenis mesin produksi, fungsi alat industri dan juga cara memilih alat industri yang tepat.

Jenis Alat Industri dan Fungsinya

Alat industri memiliki berbagai jenis, diantaranya : 

1. Mesin Produksi 

Mesin Produksi merupakan peralatan industri yang penting dari kegiatan manufaktur modern. Masin ini digunakan untuk memproses bahan mentah menjadi produk jadi dengan tingkat presisi yang tinggi. Berikut ini merupakan jenis mesin produksi yang umum digunakan :

  • Mesin CNC (Computer Numerical Control) : Mesin CNC menggunakan perangkat lunak komputer untuk mengontrol pergerakan alat pemotong dalam memotong, memahat, atau membentuk bahan seperti logam, plastik, atau kayu. Mesin CNC dapat menghasilkan komponen dengan presisi yang sangat tinggi berdasarkan instruksi yang diberikan.
  • Mesin Penggiling (Grinding Machine) : Mesin ini digunakan untuk menghaluskan permukaan bahan dengan menggunakan roda gerinda abrasif. Mesin Penggiling penting dalam pembuatan komponen dengan dimensi yang presisi.
  • Mesin Bubut (Turning Lathe) : Mesin bubut digunakan untuk memutar benda kerja sambil alat potongnya diposisikan secara tepat untuk menghasilkan bentuk atau permukaan yang diinginkan. Mesin ini sangat berguna dalam memproduksi bagian dengan bentuk simetris seperti poros atau cekungan.
  • Mesin Press : Mesin yang digunakan untuk melakukan berbagai macam proses pembentukan dengan memberikan tekanan yang tinggi, misalnya pencetakan logam atau pemotongan bahan.
  • Mesin Frais : Mesin yang digunakan untuk membentuk permukaan benda kerja dengan menggunakan pisau frais yang berputar

2. Alat Ukur

Alat ukur sangat penting untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi spesifikasi yang diinginkan. Alat ukur membantu dalam mengontrol dimensi, bentuk, dan kualitas permukaan dari benda kerja. Berikut adalah beberapa contoh alat ukur yang sering digunakan:

  • Mikrometer: Alat ini digunakan untuk mengukur dimensi benda kerja dalam rentang yang sangat kecil dengan presisi tinggi, seperti ketebalan dan diameter.
  • Jangka Sorong (Vernier Caliper): Alat ini digunakan untuk mengukur dimensi panjang, lebar, dan kedalaman benda kerja dengan akurasi yang tinggi.
  • Gauge Block: Dikenal juga sebagai blok ukur, alat ini digunakan untuk mengkalibrasi alat ukur lainnya dan memastikan keakuratan pengukuran.

3. Alat Pemotong

Alat pemotong digunakan untuk memotong bahan dengan presisi tinggi dan kecepatan yang optimal. Alat pemotong berperan penting dalam berbagai industri termasuk manufaktur dan konstruksi. Beberapa contoh alat pemotong meliputi:

  • Gergaji Listrik: Alat ini digunakan untuk memotong kayu, logam, atau plastik dengan menggunakan gerakan bolak-balik gigi pisau.
  • Mesin Bor: Digunakan untuk membuat lubang-lubang dalam bahan dengan menggunakan gerak rotasi alat potongnya.
  • Pemotong Plasma: Alat ini menggunakan gas panas bertekanan tinggi untuk memotong logam dengan cepat dan akurat.

4. Alat Angkat

Alat angkat atau peralatan penanganan material digunakan untuk memindahkan, mengangkat, atau mengatur bahan mentah atau produk jadi di dalam pabrik atau gudang. Berikut adalah beberapa contoh alat angkat yang sering digunakan:

  • Forklift: Alat ini digunakan untuk mengangkat dan memindahkan bahan atau barang di dalam pabrik atau gudang menggunakan tines atau garpu.
  • Derek: Digunakan untuk mengangkat dan memindahkan benda berat atau besar seperti kontainer atau mesin.
  • Kerekan (Hoist): Alat ini menggunakan sistem roda dan kabel untuk mengangkat dan menurunkan benda kerja atau beban.

Alat industri merupakan faktor utama dalam proses produksi modern. Dengan menggunakan mesin yang canggih, alat ukur yang akurat, alat pemotong yang efisien, dan alat angkat yang handal, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, meningkatkan kualitas produk, dan mengurangi waktu produksi. 

Baca Juga : Mesin Milling : Pengertian, Komponen, dan Jenisnya

Tips Memilih Alat Industri yang Tepat

Setelah mengetahui berbagai macam peralatan industri, kini saatnya Anda menentukan apa saja alat industri yang dibutuhkan untuk kelancaran bisnis Anda. Untuk itu, simak tips berikut ini tips memilih alat industri yang tepat.

1. Tentukan Tujuan Penggunaannya

Langkah pertama dalam memilih peralatan industri yang tepat adalah pahami dengan jelas tujuan penggunaan alat industri tersebut. Apakah alat tersebut akan digunakan untuk proses produksi, pengolahan material, atau pengendalian kualitas.

Misalnya, jika Anda memerlukan mesin CNC untuk memotong logam dengan presisi tinggi, pastikan mesin tersebut memiliki kemampuan untuk menghasilkan hasil yang sesuai dengan spesifikasi teknis yang Anda butuhkan.

2. Pahami Kualitas dan Daya Tahan

Kualitas dan daya tahan alat industri sangat penting untuk memastikan operasi yang lancar. Cari tahu bahan dasar pembuatan alat industri, teknologi yang digunakan, dan reputasi merek alat tersebut. 

Pastikan untuk mempertimbangkan lingkungan operasional di mana alat tersebut akan digunakan. Misalnya, alat yang tahan terhadap kondisi lingkungan yang keras seperti suhu ekstrem atau kelembaban tinggi lebih disukai untuk digunakan di lingkungan produksi yang keras.

3. Bandingkan Harga dan Fitur

Sebelum memutuskan untuk membeli alat industri yang dibutuhkan, bandingkan harga alat serta fitur yang ditawarkan oleh berbagai merek atau model. Jangan hanya memilih alat dengan harga murah, namun pertimbangkan juga nilai tambah dari fitur-fitur yang ditawarkan.

Memilih alat industri yang tepat adalah investasi penting bagi keberhasilan operasional perusahaan Anda. Dengan mempertimbangkan tujuan penggunaan dengan jelas, memahami kualitas dan daya tahan alat, serta membandingkan harga dan fitur yang ditawarkan, Anda dapat memastikan bahwa alat yang dipilih akan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi operasi produksi Anda.

Baca Juga : Mesin Broaching: Pengertian, Jenis, Komponen, dan Keunggulan

Kirim Alat Industri dengan Aman bersama Troben 

Bagi Anda yang berencana untuk mengirimkan berbagai alat industri untuk membantu proses produksi perusahaan Anda. Troben hadir dengan layanan Troben Cargo yang akan membantu pengiriman barang dengan aman dan praktis.

Semua layanan kami bisa pelanggan akses dengan cepat melalui aplikasi Troben. Untuk memastikan keamanan alat industri, maka kami mempunyai layanan pengemasan yang aman. Yuk kirim alat industri dengan tenang dan aman hanya dari aplikasi kirim barang Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel