Home » Seputar Logistik » Mesin Broaching: Pengertian, Jenis, Komponen, dan Keunggulan

Mesin Broaching: Pengertian, Jenis, Komponen, dan Keunggulan

Mesin Broaching

Mesin broaching merupakan alat perkakas yang memiliki peran penting dalam industri manufaktur untuk membentuk suatu benda dengan presisi tinggi. Penggunaan proses ini melibatkan penggunaan alat potong khusus yang berfungsi untuk memotong material dengan gerakan berputar.

Pada artikel ini, akan dijelaskan lebih dalam tentang apa itu mesin broaching meliputi jenis dan komponen yang ada di dalamnya. Simak pembahasan tentang broaching di bawah berikut ini!

Apa Itu Mesin Broaching?

Broach adalah alat yang digunakan dalam proses pembuatan untuk mengolah bentuk geometris pada benda kerja seperti alur dan lubang dengan presisi tinggi. Alat perkakas ini dilengkapi dengan gigi untuk memotong material saat benda kerja ditarik atau didorong secara bertahap.

Prinsip dasar mesin broaching adalah penggunaan alat pemotong khusus yang disebut mesin broaching. Proses ini memungkinkan pembuatan bentuk kompleks dengan toleransi ketat dalam satu operasi.

Penggunaan mesin ini banyak digunakan di industri manufaktur seperti otomotif, dirgantara, peralatan medis, dan lainnya. Keuntungan dari menggunakan alat perkakas ini, bisa menghasilkan bentuk suatu benda dengan presisi tinggi dan efisiensi produksi tinggi.

Pengaplikasian broaching sudah banyak diterapkan di beberapa industri manufaktur terutama pada pekerjaan pemotongan benda kerja yang cukup kompleks. Biasanya mesin ini banyak digunakan pada produksi alat pemotong seperti pahat, bor, pembuatan roda gigi, hingga produksi industri otomotif.

 

Baca Juga: Mesin Shaper: Komponen, Jenis, dan Keunggulannya

Jenis-jenis Mesin Broaching:

Jenis-jenis mesin untuk pemotongan broaching dapat dilihat berdasarkan gerakan alat pemotong itu sendiri. Beberapa jenis yang umum digunakan adalah:

1. Broaching Vertikal

Sesuai dengan namanya, mesin ini memiliki spindel utama yang bergerak secara vertikal. Proses ini dilakukan dengan cara menarik broach dari bawah ke atau atau mendorong benda kerja ke bawah.

2. Broaching Horizontal

Mesin ini memiliki benda kerja diposisikan secara vertikal dengan gerakan broach secara horizontal. Proses ini dilakukan dengan mendorong broach secara horizontal.

3. Internal dan External

Jenis ini dapat digunakan untuk membentuk fitur internal dan eksternal pada pemotongan benda kerja. Caranya pada broach internal dilakukan dengan membentuk alur di dalam benda kerja kemudian broach eksternal akan digunakan untuk membentuk fitur benda kerja di area permukaan luar.

 

Baca Juga: Mesin Planer: Pengertian, Komponen, Jenis, dan Fungsinya

Komponen Utama Mesin Broaching

Mesin broaching terdiri dari beberapa komponen yang dapat mendukung proses pemotongan sesuai dengan presisi yang diinginkan. Berikut beberapa bagian yang terdapat pada broaching.

1. Broach

Broach adalah komponen utama yang bekerja sebagai pisau pemotong. Alat ini memiliki bentuk gigi-gigi yang berfungsi untuk menciptakan bentuk atau profil pada benda kerja sesuai keinginan.

2. Mesin

Untuk mendukung pekerjaan memotong dengan optimal, alat ini dilengkapi dengan struktur mesin bergerak secara dua arah. Mesin ini mampu menggerakan pemotong secara horizontal dan vertikal selama proses pemotongan.

3. Meja Kerja

Komponen selanjutnya adalah meja kerja yang berfungsi sebagai tempat atau menjepit benda kerja selama beroperasi.

4. Mekanisme Pemotong

Bagian ini atau bisa disebut dengan hidraulik adalah sistem yang menggerakkan broach melalui benda kerja.

Proses Pengoperasian Mesin

Setelah memahami apa saja komponen yang terdapat pada mesin broaching, penting juga untuk mengetahui proses dari pengoperasian mesin ini. Berikut beberapa tahap yang harus Anda ketahui!

1. Tahap Penyetelan

Tahap awal adalah penyetelan sebelum melakukan pemotongan pada benda kerja yang akan dioperasikan. Tahap ini dilakukan dengan penyetelan pada mesin sesuai dengan spesifikasi proyek.

2. Pemotongan Awal

Setelah melakukan mesin disetel sesuai kebutuhan, selanjutnya dapat melakukan tahap pemotongan awal. Caranya adalah dengan memasukkan broach ke dalam benda kerja untuk proses pemotongan secara kasar.

3. Pemotongan Akhir

Setelah pemotongan awal selesai, benda kerja dapat lanjut diproses untuk pemotongan akhir. Tahap ini dilakukan dengan menarik broach melalui benda kerja secara keseluruhan sehingga menciptakan profil akhir sesuai keinginan.

Keunggulan Mesin Broaching

Dari bebera jenis, kompnen, hingga proses pengeoprasiannya untuk memotong benda kerja, dapat diketahui bahwa mesin ini memiliki banyak kelebihan untuk kebutuhan industri manufaktur. Apa saja itu? Berikut keunggulan dari penggunaan mesin broaching.

1. Mesin yang Andal

Alat broaching dibekali dengan sistem mesin yang tangguh untuk mengerjakan pemotongan benda kerja yang kompleks. Kehandalannya tersebut, membuat mesin ini dapat digunakan secara berulang dengan hasil yang berkualitas.

2. Presisi Tinggi

Mesin pemotong broaching juga memungkinkan Anda untuk melakukan pemotongan dengan tingkat presisi yang tinggi. Sehingga, ini memungkinkan pembentukan profil pada permukaan benda kerja lebih akurat dan sesuai dengan keinginan.

3. Proses yang Efisien

Proses pemotongan yang cepat dapat mempengaruhi tingkat hasil produksi yang lebih cepat. Dengan menggunakan mesin ini, tentu membuat proses menjadi lebih efisien dan hemat biaya.

Mesin broaching bisa menjadi pertimbangan untuk Anda dalam berinovasi terhadap kegiatan industri manufaktur sehingga menghasilkan produk yang berkualitas. Jika Anda tertarik menggunakan peralatan perkakas ini, jangan lupa untuk memperhatikan proses pengiriman agar barang sampai ke tujuan dengan selamat.

Layanan pengiriman barang yang berkualitas tentu bisa Anda dapatkan dengan mengandalkan Troben, aplikasi logistik dan kargo yang paling dicari. Menghadirkan berbagai layanan terlengkap, tentu jasa kirim barang melalui smartphone ini bisa memenuhi kebutuhan Anda. Download aplikasi Troben sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel