Home » Seputar Logistik » Jenis Motor Listrik di Indonesia, Ini 7 Kelebihannya!

Jenis Motor Listrik di Indonesia, Ini 7 Kelebihannya!

Kelebihan Sepeda Motor Listrik

Inovasi teknologi di bidang otomotif kini semakin berkembang dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan untuk mobilisasi sehari-hari. Salah satu kendaraan yang banyak diminati masyarakat adalah motor listrik.

Kendaraan sepeda motor ini menawarkan banyak kelebihan yang bisa menjadi alternatif untuk perjalanan ramah lingkungan. Mengapa demikian? Berikut simak penjelasan selengkapnya tentang motor listrik.

Apa Itu Motor Listrik?

Motor listrik adalah jenis kendaraan sepeda motor yang tidak menggunakan bahan bakar minyak seperti motor konvensional. Jenis kendaraan ini digerakkan oleh dinamo dan akumulator sehingga menghasilkan suara mesin yang lebih tenang.

Sepeda motor ini hadir dengan inovasi dan terobosan baru yaitu menciptakan baterai sebagai sumber energi utama agar dapat menunjang mobilitas sehari-hari. Beberapa jenis motor yang tersedia memiliki jarak sekitar 60-80 km/ jam dengan biaya bahan bakar yang lebih terjangkau.

Komponen utama pada sepeda motor ini ditenagai oleh baterai yang meliputi beberapa jenis diantaranya:

  • Lithium
  • Lithium Ion
  • Lithium Ion Fosfat
  • Lithium Phosphate
  • Lead Acid
  • Nickel Metal Hydride

Di samping itu, motor ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi untuk mendukung mobilitas penggunanya selama di perjalanan. Salah satunya adalah menyediakan fitur fast charging sehingga memudahkan  untuk melakukan pengisian baterai dalam waktu singkat.

Jenis Motor Listrik

Saat ini, Indonesia sudah hadir dengan beberapa pilihan motor berenergi listrik yang bisa menjadi pilihan Anda untuk beralih dari motor konvensional. Apa saja itu? Berikut 3 jeni motor elektrik yang tersedia.

1. Motor Listrik Skuter

Motor skuter adalah jenis kendaraan elektrik yang paling umum dan sudah banyak ditemukan di berbagai lalu lintas perkotaan. Motor ini memiliki desain yang sederhana dan ringan dengan menggunakan transmisi otomatis sehingga mudah dikendarai bagi pemula. Motor listrik skuter memiliki akselerasi yang responsif sehingga cocok untuk mobilitas perkotaan.

2. Motor Listrik Klasik

Selain motor skuter, jenis motor listrik yang menarik untuk dipertimbangkan adalah model klasik. Jenis motor ini dirancang secara khusus untuk Anda yang senang dengan tampilan kendaraan motor tua namun menggunakan teknologi modern. Tampilannya dilengkapi dengan ornamen frame sederhana, tangki bensin berbentuk bulat, dan detail-detail yang memancarkan estetika keklasikannya.

3. Motor Listrik Sport

Jenis motor selanjutnya adalah motor listrik sport yang memiliki kemampuan sangat baik dan berkinerja dengan tinggi. Motor ini memiliki gaya akselerasi yang cepat serta mampu berjalan dengan stabil saat melewati jalanan yang agresif. Berbeda dengan jenis motor sebelumnya, motor sport bertenaga listrik ini memiliki desain aerodinamis dengan performa mesin yang kuat serta penanganan presisi.

 

Baca Juga: 10 Tips Membeli Sepeda Motor Sesuai Kebutuhan

Kelebihan Motor Listrik

Ada banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan motor listrik untuk keberlangsungan mobilitas dalam jangka panjang. Berikut beberapa nilai kelebihan yang ditawarkan dari penggunaan mobil listrik. Apa saja itu?

1. Ramah Lingkungan

Kelebihan pertama tentu saja penggunaan motor bertenaga listrik dinilai lebih ramah lingkungan dibandingkan motor konvensional. Hal ini dikarenakan kekuatan mesinnya tidak menghasilkan asap sama sekali.

Motor yang tidak menghasilkan emisi gas buang, maka mampu mengurangi dampak negatif terhadap kualitas udara di bumi. Dengan menggunakan motor listrik, secara tidak langsung ini merupakan upaya untuk mengatasi polusi udara.

2. Suara Mesin Halus

Keunggulan lainnya pada penggunaan motor listrik adalah suara mesin motor yang halus saat beroperasi. Hal ini dikarenakan tidak adanya proses pembakaran pada mesin motor tersebut.

Sehingga, bunyi yang dihasilkan hanyalah suara dari putaran dinamo atau rotor yang sangat tenang. Tentu saja kelebihan ini bisa meningkatkan kenyamanan Anda selama berkendara di perjalanan.

3. Efisiensi Energi

Kelebihan lainnya motor ini memiliki efisiensi konversi energi yang tinggi. Di mana energi listrik lebih banyak diubah menjadi gerakan mekanis sehingga lebih sedikit energi yang terbuang dalam bentuk pana. Hal inilah yang membuat penggunaan energi pada kendaraan listrik lebih efisien dibandingkan kendaraan biasa.

4. Tingkat Torsi yang Kuat

Jenis motor ini memiliki torsi maksimum yang dapat membuat akselerasi lebih cepat. Kelebihan ini juga membuat tingkat responsivitas suatu kendaraan lebih tinggi saat dikendarai di jalan. Tingkat torsi ini dapat diatur sesuai kebutuhan dengan melakukan kontrol elektronik pada motor listrik.

5. Irit Bahan Bakar

Motor berenergi listrik tidak bergantung pada bahan bakar bensin sehingga daya pakai penggunaannya pun jauh lebih panjang. Tentu, kelebihan ini membuat motor berenergi listrik lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan motor konvensional.

Seperti yang diketahui, motor listrik beroperasi menggunakan baterai yang bisa didapatkan dengan melakukan pengisian. Di mana, sistem daya baterai ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging. Sehingga proses pengisian baterai pada motor lebih cepat dan terjangkau.

6. Mampu Otomatisasi

Teknologi pada motor elektrik memiliki kemampuan untuk otomatisasi karena adanya kontrol elektronik yang lebih baik. Kelebihan ini juga memudahkan motor untuk terintegrasi dengan teknologi sensor dan juga komputer.

Adapun teknologi ini bisa dikendalikan dari jarak jauh menggunakan jenis IoT atau kepanjangan dari Internet of Things. Teknologi ini mampu menciptakan beragam fitur yang canggih serta membantu fungsional pada motor listrik bekerja secara maksimal.

7. Perawatan Lebih Mudah

Kendaraan bertenaga listrik memiliki sedikit bagian komponen mesin dibandingkan kendaraan konvensional. Sehingga, cara pemeliharaan dan perawatannya pun jauh lebih mudah. Tingkat perawatan dan pemeliharaan ini lebih jarang sehingga Anda bisa menghemat lebih banyak biaya untuk pemeriksaan atau perbaikan motor.

 

Baca Juga: Cara Mengirim Motor ke Luar Kota yang Aman

Demikian penjelasan apa itu motor listrik serta jenis dan kelebihan yang dimilikinya. Melalui pembahasan motor ini, tentu bisa menjadi wawasan baru untuk Anda yang tertarik menggunakan kendaraan listrik.

Jika Anda tertarik membeli motor listrik, Anda bisa mengandalkan jasa pengiriman barang yang tersedia di Troben Cargo. Dilengkapi dengan layanan asuransi, motor Anda dapat terproteksi lebih aman. Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi kirim barang Troben Cargo di ponsel Anda!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel