Home » Bisnis » 6 Jenis Sablon untuk Kaus dan Tips Memilih Sablon yang Tepat

6 Jenis Sablon untuk Kaus dan Tips Memilih Sablon yang Tepat

Jenis Sablon

Kaus merupakan jenis pakaian yang paling nyaman digunakan. Selain bahannya yang menyerap keringat, motifnya juga sangat beragam. Membuat siapapun yang menggunakannya bisa memilih motif yang diinginkan. Apalagi semenjak adanya teknologi sablon, semua orang bisa custom motif kaus sendiri. Namun tahukah Anda jika ada banyak jenis sablon?

Jenis sablon ini memiliki kelebihannya masing-masing. Selain itu, pengaplikasian jenis sablon juga bisa disesuaikan dengan bahan dan warna kaus. Jenis sablon juga memiliki kualitas yang berbeda-beda, dari kualitas biasa sampai dengan kualitas super hingga membuatnya tidak mudah terkelupas pada kaus. 

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis jual kaus dengan motif yang disablon, simak penjelasan kami berikut ini tentang jenis sablon. Mengetahui beragam sablon sangat penting supaya Anda bisa menentukan sablon yang tepat untuk tiap jenis bahan kaus.

Baca Juga : 6 Tips Bisnis Grosir Batik, Bisa Mulai dari Rumah Aja!

Inilah 6 Jenis Sablon 

Sabon menjadi tren bukan hanya untuk mempercantik kaus, namun juga untuk memberikan merek pada pakaian. Jika kaus disablon, bisa memberikan kesan lebih bagus, berbeda dengan kaus polos tanpa sablon tentu akan sangat membosankan. Berikut ini adalah berbagai sablon pada kaus yang perlu diketahui : 

1. Sablon Karet GL

Jenis sablon pertama adalah sablon karet GL atau bisa disebut dengan sablon rubber. Untuk para pebisnis kaus distro, macam sablon ini paling sering digunakan. Sablon karet GL mempunyai kelebihan yaitu cocok diaplikasikan pada kain dengan warna gelap dan juga kain dengan warna terang. 

Sablon karet GL ini mampu menutupi dan juga melapisi bahan kaus dengan sempurna. Sehingga sablon bisa awet, merekat dengan sempurna. Jadi, jika kaus sablon karet GL ini disetrika tidak perlu takut lengket, rusak ataupun sablonannya retak.

2. Sablon Plastisol 

Macam sablon kedua adalah sablon plastisol yang terbuat dari bahan dasar minyak. Sablon plastisol ini mempunyai kelebihan yaitu bisa menghasilkan sablonan dengan ketelitian dan hasil yang sangat baik. 

Cat sablon tidak menghasilkan limbah sisa atau residu dan juga sangat hemat. Untuk mengeringkan kaus yang sudah disablon plastisol, Anda bisa menggunakan sinar infra merah.

3. Sablon Pigment

Jika Anda mencari sablon yang menyerap langsung ke bahan kain, maka sablon pigment pilihan terbaik, karena sablon ini menyerap kain dengan sempurna. Namun, sablon pigment ini hanya cocok diaplikasikan pada kain dengan warna yang terang. 

Jika tinta sablon diaplikasikan pada bahan kain berwarna gelap, maka sablonannya tidak akan terlihat. 

Namun jika ingin tetap menerapkan sablon pigment pada kain gelap, Anda perlu menggunakan tinta super white supaya pigment bisa terlihat. 

4. Sablon Timbul atau Foam

Sablon dengan jenis cat ini menciptakan efek timbul yang menarik pada pakaian. Terdapat dua jenis bahan dasar yang digunakan pada sablon timbul atau foam yakni cat dengan bahan dasar air dan cat berbahan dasar minyak. 

Setelah proses sablon selesai, pakaian harus menjalani tahap pemanasan untuk memperkuat hasil sablon. Proses pasca sablon ini penting untuk memastikan bahwa gambar yang dihasilkan tetap awet dan tahan lama. Dengan menggunakan jenis sablon yang tepat, Anda dapat menciptakan desain yang menarik dan berkualitas tinggi pada pakaian Anda.

5. Sablon Glitter

Jenis sablon untuk kaus selanjutnya adalah sablon glitter. Jenis sablon ini akan memberikan efek mengkilap yang indah pada permukaan yang dicetak. Proses pencetakan dilakukan dengan memberikan lapisan tinta khusus yang mengandung serbuk logam, sehingga menciptakan efek glitter yang menarik. 

Dengan teknik sablon yang tepat, hasil akhirnya akan memiliki kilauan yang menarik dan membuat produk terlihat lebih menonjol. Jenis sablon ini sangat cocok digunakan untuk mencetak produk seperti kaus, tas, atau barang promosi lainnya, karena dapat menciptakan tampilan yang eksklusif dan berbeda dari yang lain. 

6. Sablon Glow in The Dark 

Jenis sablon glow in the dark memberikan efek yang menakjubkan dengan kesan menyala di tempat gelap. Dengan teknik ini, hanya bagian pinggir atau outlinenya saja yang akan tampak bersinar, tentunya memberikan sentuhan keren dan unik pada desain sablon. 

Tampilan yang dihasilkan dapat memberikan kesan artistik dan eksklusif, menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Sablon jenis glow in the dark merupakan pilihan sempurna untuk menciptakan produk yang berbeda dan menarik perhatian konsumen. Dengan kemampuannya untuk bersinar dalam kondisi gelap, jenis sablon ini tentu akan menjadi daya tarik tambahan untuk produk Anda.

Baca Juga : 6 Tips Bisnis Kerajinan Perak untuk Jadi Distributor Terpercaya

Tips Memilih Jenis Sablon yang Tepat 

Setelah mengetahui jenis-jenis sablon, sekarang saat memilih jenis sablon yang akan diaplikasikan pada produk kau Anda. Inilah tips memilih jenis sablon yang tepat : 

1. Tentukan Jenis Bahan Kaos

Jenis bahan kaos sangat mempengaruhi jenis sablon yang sebaiknya digunakan. Beberapa bahan kaos yang umum digunakan antara lain katun, polyester, dan campuran keduanya.

2. Perhatikan Desain Kaos yang Akan Diaplikasikan

Desain kaos juga menjadi faktor penentu dalam memilih jenis sablon. Beberapa desain mungkin lebih cocok dengan jenis sablon tertentu. Dengan menentukan desain kaus, Anda bisa menentukan warna, ukuran, dan detail lainnya yang bisa menentukan hasil akhir pada kaus. 

3. Pertimbangkan Budget dan Kuantitas Kaus

Budget dan kuantitas kaus yang akan dicetak juga memainkan peran penting dalam pemilihan jenis sablon.

Jika Anda memiliki budget terbatas, sablon manual seperti plastisol atau rubber bisa menjadi pilihan ekonomis yang tetap memberikan hasil bagus. Namun, perlu diperhatikan bahwa untuk jumlah cetakan kecil, biaya per unit mungkin lebih tinggi.

Dengan mempertimbangkan jenis bahan kaus, desain yang akan diaplikasikan, serta budget dan kuantitas kaus, Anda dapat memilih jenis sablon yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemilihan yang tepat akan memastikan kaos yang dihasilkan berkualitas tinggi dan sesuai dengan harapan.

Demikian informasi jenis sablon dan juga tips memilih macam-macam sablon yang tepat. Jika Anda ingin melakukan pengiriman kaus sablon dalam jumlah besar ke seluruh Indonesia dengan tarif ongkir yang lebih hemat. Kirim kaus melalui layanan Troben Cargo dari Troben jadi solusi terbaik. 

Kami memastikan kaus aman karena proses pengemasan dan juga asuransi pengiriman yang diberikan. Kirimkan kaus Anda dengan pesan layanan kami dari aplikasi kirim barang Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel