Home » Seputar Logistik » Ketahui 7 Daftar Pelabuhan di Bali dan Fungsinya

Ketahui 7 Daftar Pelabuhan di Bali dan Fungsinya

pelabuhan di bali

Bali merupakan sebuah pulau di kawasan Indonesia Tengah yang mempunyai keindahan alam luar biasa. Pantai dan ombak cantiknya mampu menarik jutaan wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke kota ini. Untuk berkunjung ke kota ini bisa melalui jalur udara maupun jalur laut, tak heran jika ada beberapa Pelabuhan di Bali yang terkenal sebagai jalur penghubung. 

Terdapat beberapa pelabuhan di Bali yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Fungsi pelabuhan di Bali seperti sebagai pelabuhan logistik, pelabuhan penyeberangan, hingga menjadi pelabuhan wisatawan. Lalu apa saja pelabuhan di Bali? Ketahui informasi lengkapnya dibawah ini. 

Baca Juga :  8 Pelabuhan di Maluku, Berikut Daftarnya!

7 Daftar Pelabuhan di Bali

Bali memiliki beberapa pelabuhan yang penting untuk kegiatan penyeberangan, perdagangan, dan pariwisata. Berikut adalah daftar beberapa pelabuhan utama di Bali, seperti : 

1. Pelabuhan Gilimanuk

Gilimanuk merupakan salah satu pelabuhan di Bali yang paling sibuk, menjadi gerbang utama bagi kedatangan wisatawan dan kendaraan dari Pulau Jawa melalui Banyuwangi. Berlokasi di Kabupaten Jembrana, Gilimanuk juga dikenal sebagai pusat penyeberangan rute pendek yang efisien. Perjalanan kapal melintasi Selat Bali biasanya hanya memakan waktu sekitar 45 menit, menjadikan pelabuhan ini sebagai pilihan utama bagi banyak orang yang ingin menikmati keindahan pulau Dewata.

Dengan tingkat kunjungan yang tinggi dan akses yang mudah dari jalur darat, Gilimanuk terus menjadi tempat strategis sebagai penghubung transportasi laut yang penting di Bali. Keberadaan pelabuhan ini juga merupakan penggerak ekonomi yang penting bagi wilayah sekitarnya. Dengan fasilitas yang baik dan pelayanan yang profesional, Gilimanuk tetap menjadi salah satu pelabuhan terbaik di Bali untuk menikmati perjalanan laut yang lancar dan menyenangkan.

2. Pelabuhan Nusa Penida

Terletak di Pulau Nusa Penida, pelabuhan Nusa Penida merupakan gerbang utama bagi penyeberangan antara Nusa Penida dengan Bali dan Lombok. Pelabuhan ini tidak terlalu luas, namun pelabuhan ini tetap menjaga kualitas pelayanan yang prima bagi para penumpang yang ingin menyeberang ke pulau-pulau tetangga. 

Dengan fasilitas yang modern dan layanan yang ramah, pelabuhan ini memastikan perjalanan Anda berjalan lancar dan menyenangkan. Jadi, jika Anda berencana untuk berkunjung ke Bali, menyeberang melalui pelabuhan Nusa Penida bisa jadi solusi.

3. Pelabuhan Padangbai

Pelabuhan di Bali selanjutnya ada Pelabuhan Padang Bai yang terletak di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Pelabuhan ini termasuk salah satu pelabuhan tersibuk di Bali setelah Gilimanuk. 

Dikenal sebagai penghubung antara Bali dengan Pulau Lombok, Padang Bai mempunyai peran penting dalam membantu transportasi antar pulau. Dengan popularitas Pulau Lombok yang terus meningkat sebagai destinasi wisata yang menarik, Padang Bai menjadi gerbang utama bagi wisatawan yang ingin menjelajahi kedua pulau ini. Dengan akses yang mudah antara Bali dan Lombok, tidak heran jika Pelabuhan Padang Bai selalu ramai dengan aktivitas keberangkatan dan kedatangan kapal.

4. Pelabuhan Benoa

Pelabuhan di Bali lainnya adalah Pelabuhan Benoa. Meskipun bukan pelabuhan penyeberangan paling ramai seperti Gilimanuk dan Padang Bai, Pelabuhan Benoa tetap menjadi pelabuhan terbesar di Bali. 

Sebagai tempat sandar kapal-kapal besar dari dalam dan luar negeri, terutama untuk kegiatan pengiriman peti kemas, Benoa memiliki peran penting dalam aktivitas maritim di pulau Dewata. 

Selain itu, pelabuhan Benoa juga sering digunakan sebagai tempat bersandar kapal pesiar, dan kapal-kapal besar lainnya. Dengan fasilitas yang lengkap dan posisinya yang strategis, Pelabuhan Benoa menjadi salah satu pusat kegiatan logistik dan transportasi laut penting di Bali.

5. Pelabuhan Amuk

Pelabuhan Amuk mungkin tidak sepopuler pelabuhan lain di Bali, namun perannya sangat penting sebagai penghubung antara Pulau Bali dan Lombok setelah Pelabuhan Padang Bai. Terletak di Karangasem, pelabuhan ini sering digunakan untuk sandar kapal-kapal besar, terutama kapal pesiar dari luar negeri. 

Meskipun tidak sebanyak aktivitas di Padang Bai, Pelabuhan Amuk tetap menjadi pilihan strategis bagi kapal-kapal yang membutuhkan fasilitas yang memadai untuk bersandar. Dengan lokasi yang strategis dan fasilitas yang memadai, Pelabuhan Amuk tetap menjadi salah satu pelabuhan penting di Bali untuk menghubungkan transportasi laut antara Bali dan Lombok.

6. Pelabuhan Tribuana 

Pelabuhan Tribuana di Bali juga merupakan destinasi yang kurang dikenal namun menarik. Terletak di wilayah Kabupaten Klungkung, pelabuhan ini menjadi tempat sandar kapal-kapal kecil, termasuk kapal pariwisata dan kapal perikanan nelayan asal Klungkung. 

Meskipun tidak sepopuler pelabuhan lain di Bali, Pelabuhan Tribuana tetap menyimpan pesona tersendiri bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan kehidupan pantai. Dengan kearifan lokal yang terjaga, pelabuhan ini menjadi tempat yang menarik untuk menjelajahi kehidupan masyarakat pesisir Klungkung.

7. Pelabuhan Celukan Bawang

Pelabuhan Celukan Bawang merupakan salah satu pelabuhan terbesar di kawasan Utara Bali, yang terletak di Kabupaten Buleleng. Selain berfungsi sebagai tempat sandar untuk kapal-kapal nelayan, pelabuhan ini juga telah disiapkan dengan baik untuk melayani kebutuhan wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut Bali. 

Dengan fasilitas yang lengkap dan berbagai layanan berkualitas, Pelabuhan Celukan Bawang menjadi salah satu destinasi unggulan bagi para pelancong yang menyukai petualangan bawah laut. Dengan demikian, pelabuhan ini tidak hanya menjadi pusat aktivitas perdagangan lokal, tetapi juga memberikan kontribusi besar dalam industri pariwisata di pulau Bali.

Baca Juga : 7 Pelabuhan di Papua, Pintu Gerbang Logistik Indonesia Timur

Lakukan Pengiriman Barang dari Pelabuhan di Bali bersama Troben 

Demikianlah informasi tentang pelabuhan di Bali dengan beragam fungsinya. Jika Anda berencana melakukan pengiriman barang dari pelabuhan di Bali, Troben melayani pengirimannya dengan aman.

Jasa pengiriman barang via laut kami melayani pengiriman barang dari Pelabuhan di Bali ke seluruh wilayah di Indonesia. Kirim barang bersama Troben dijamin aman dan tarif murah. Meskipun murah, kami juga memastikan keamanan barang dengan memberikan layanan packing dan juga asuransi pengiriman. Segera mulai pengiriman barang Anda dari pelabuhan di Bali melalui aplikasi kirim barang Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel