Home » Seputar Logistik » 5 Pelabuhan Terbesar di Indonesia, Selalu Ramai Aktivitas!

5 Pelabuhan Terbesar di Indonesia, Selalu Ramai Aktivitas!

Pelabuhan Terbesar di Indonesia V2

Pelabuhan terbesar di Indonesia memiliki peran penting dalam dunia jasa ekspedisi pengiriman barang di seluruh wilayah. Berikut ini adalah daftar pusat pelayaran paling ramai dan paling ramai di seluruh wilayah Tanah Air.

Sebagai negara kepulauan yang dipisahkan dengan lautan lepas. Tidak dipungkiri bahwa keberadaan pelabuhan-pelabuhan menjadi kunci penting baik dalam kebutuhan transportasi, pariwisata, hingga logistik.

Dikarenakan pusat pelayaran memegang peranan penting untuk berbagai sektor, tidaklah mengherankan jika pusat pelayaran memiliki tingkat kegiatan yang begitu tinggi. Bagaimana tidak, seluruh aktivitas mulai dari bongkar muat, hingga memasukkan penumpang bercampur menjadi satu di sini.

Dengan tingginya aktivitas di tempat ini maka dari itu, indikator penting untuk dimiliki oleh sebuah pusat pelayaran adalah kapasitas atau ukurannya. Sebab dengan ukurannya yang besar, fungsi dari tempat berlabuhnnya transportasi sendiri akan jauh lebih maksimal.

Saat ini, terdapat lima pelabuhan terbesar di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah. Kawasan tersebut tidak hanya berperan penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di daerahnya, tapi juga sangat berperan dalam berjalannya roda ekonomi.

Nah, pastinya Anda penasaran bukan? Seberapa penting sih kegunaannya untuk Indonesia? Untuk memenuhi rasa ingin tahu Anda berikut penjelasan mengenai pentingnya pangkalan transportasi jalur air, lengkap dengan lima pelabuhan terbesar di Indonesia beserta fasilitasnya!

Baca Juga: Pelabuhan Tanjung Priok, Pintu Gerbang Perekonomian Indonesia

Mengapa Pelabuhan Penting?

Sederhananya karena dijadikan tempat berlabuhnya transportasi khas nahkoda menjadikan pusat pelayaran sebagai salah satu tempat transit untuk banyak pelancong domestik. Tapi tahukah Anda bahwa fungsi pusat pelayaran tidak hanya sekedar itu.

Beberapa fungsi berikut ini menjadi alasan mengapa lokasi persinggahan kapal itu penting untuk sebuah negara:

1. Bagian dari proses perdagangan

Pelabuhan-pelabuhan dirancang untuk mampu menampung barang atau alat pengiriman dari berbagai arus lalu lintas perdagangan mulai dari ekspor impor internasional hingga domestik.

Namun, tidak hanya dalam menampung dan menyimpan barang atau pun bahan dagang saja aktivitas lain yang berkaitan dengan logistik, perdagangan, bongkar muat, pengiriman barang, perawatan dan lain sebagainya juga tersedia di pangkalan transportasi jalur air.

Semua kegiatan tersebut dilakukan untuk memenuhi proses perdagangan. Dengan proses perdagangan yang berjalan dengan baik, dapat memutar roda ekonomi sehingga perkembangan industri regional dapat meningkat.

2. Berpengaruh juga untuk sektor pariwisata 

Hal berikutnya yang menjadi alasan mengapa pusat pelayaran penting adalah karena kemampuannya menyediakan fasilitas transit yang baik untuk turis internasional serta domestik. Jadi, selain meningkatkan ekonomi dari sisi logistik, tempat berlabuhnya kapal juga memiliki peranan penting dalam sektor pariwisata.

Dua hal di atas menjadi alasan mengapa pesinggahan transportasi jalur laut penting untuk sebuah negara, terutama bagi Indonesia sebagai negara kepulauan. Selain itu kedua hal di atas juga merupakan bagian dari fungsinya yang terdiri dari gateway, link, interface, dan industrial entity.

Keempat fungsi tersebut memiliki definisi berbeda, di antaranya sebagai berikut:

Gateway

Fungsi gateway dapat diartikan sebagai pintu masuk ke suatu negara. Kapal yang berlabuh biasanya memiliki tujuan untuk mengirimkan barang atau muatan ke kota atau bahkan negara lain. Dalam konteks ini, pelabuhan-pelabuhan berperan sebagai perantara awal dalam proses tersebut.

Interface

Fungsi interface pada pusat pelayaran berfungsi sebagai penghubung antara darat dan laut. Contohnya ketika barang dari kapal harus didistribusikan melalui daratan, markas kapal menjadi titik koneksi untuk mobilisasi tersebut.

Link

Pengertian link dalam konteks ini adalah pangkalan kapal berfungsi sebagai mata rantai dalam proses pengiriman barang ke tangan konsumen. Melalui kawasan persinggahan tranportasi jalur air, barang dari produsen yang diangkut oleh kapal dapat disalurkan kepada konsumen, memudahkan pengiriman barang dari segi distribusi barang.

Industry Entity

Fungsi terakhir industal entity berarti bahwa pelabuhna berfungsi sebagai kawasan yang dapat meningkatkan industri lainnya karena aktivitas lalu lintas semakin ramai. Salah satu contoh tempat berkumpulnya kapal dapat meningkatkan industri lainnya yaitu lingkungan di sekitarnya.

5 Pelabuhan Terbesar di Indonesia 

Setelah Anda mengetahui alasan mengapa pusat pelayaran penting untuk sebuah negara, berikut lima pelabuhan-pelabuhan terbesar di Indonesia dengan tingkat aktivitas tinggi per harinya. Simak daftarnya berikut.

1. Pelabuhan Tanjung Priok

Pelabuhan Terbesar di Indonesia Tanjung Priok

Pelabuhan Terbesar di Indonesia Tanjung Priok (Sumber: setkab.go.id)

Kawasan kapal terbesar pertama dan merupakan salah satu yang paling terkenal adalah tanjung Priok. Tanjung Priok yang terletak di Jakarta Utara ini dinobatkan sebagai pangkalan tranportasi pengiriman dan pengangkutan jalur air terbesar di Indonesia sekaligus juga termasuk yang terluas di kawasan Asia Tenggara.

Pangkalan transportasi jalur air terbesar di Jakarta ini memiliki luas sebesar 929,55 hektar dengan kapasitas 11,5 juta twenty-foot equivalent units (TEUs). Tanjung Priok juga menjadi pangkalan paling sibuk di Indonesia. Hal ini disebabkan 50 persen arus barang di negara tersebut melewati Tanjung Priok.

Selain digunakan sebagai lokasi dalam bongkar muat barang baik dalam dan luar negeri. Pusat Pelayaran Tanjung Priok juga dimanfaatkan sebagai tempat naik turun penumpang kapal dengan tujuan berbagai provinsi.

Tak hanya itu, pelayaran kapal ini berfasilitaskan teknologi terkini serta modern terbesar. Terdukung dari sisi sarana dan prasarana seperti kantor-kantor, tempat makan, hingga tempat ibadah. Pantas saja, pangkalan kapal Tanjung Priok menjadi deretan pelayaran kapal terbesar.

Baca Juga: 6 Elemen dan Contoh Surat Pengiriman Barang, Lengkap!

2. Pelabuhan Belawan

Pelabuhan Terbesar di Indonesia Belawan

Pelabuhan Terbesar di Indonesia “Belawan”

Selanjutnya adalah Belawan. Dengan luas tanah selebar 785 hektar dengan kapasitas 2 juta TEUs, menjadikan tempat singgah kapal ini termasuk dalam jajaran pangkalan terbesar yang ada di Negara Kepulauan.

Berlokasi di Medan, Sumatera Utara, pusat pelayaran Belawan melayani berbagai kapal di antaranya adalah kapal cruise, penumpang, serta kargo. Sama seperti Tanjung Priok, daerah singgah kapal belawan tidak hanya melayani penerimaan dan pengiriman barang saja tapi juga menyediakan layanan angkut penumpang.

Baca Juga: Outbound Logistik: Pengertian, Aktivitas dan Cara Optimasinya

3. Pelabuhan Tanjung Perak

Pelabuhan Terbesar di Indonesia 

Pelabuhan Terbesar di Indonesia

Pusat pelayaran yang terletak di Surabaya, Jawa timur, ini merupakan daerah dengan luas 951 hektar dan kapasitas 9 juta TEUs, tidaklah mengherankan jika pangkalan transportasi jenis ini sangat familiar dengan kata “terbesar”.

Selain itu, pangkalan terbesar di Surabaya ini mulai dibangun pada 1910 hingga menjadi salah satu lokasi tempat berkumpulnya distributor dan komoditas barang yang ingin dikirimkan atau diambil dari kawasan bagian timur. Hal tersebut sangatlah memungkinkan karena letaknya sangat strategis.

Baca Juga: Pelabuhan Tanjung Perak: Sejarah, Fasilitas, dan Peran Strategisnya

4. Pelabuhan Makassar

Pelabuhan Terbesar di Indonesia 

Pelabuhan Terbesar di Indonesia

Tempat persinggahan awal kapal terbesar Indonesia berikutnya datang dari Makassar, Sulawesi Selatan, tempat yang kerap kali disebut juga dengan pusat pelayaran Soekarno-Hatta ini memiliki luas 997 hektar dan mampu menampung kapasitas sebesar 2 juta TEUs.

Tempat ini merupakan salah satu tempat tersibuk. Hal ini disebabkan karena kawasan kapal Makassar memiliki lalu lintas penumpang dan kargo terbesar di Sulawesi.

Wilayah tersebut pantas dicantumkan pada salah satu dari lima pusat pelayaran terbesar di Indonesia. Memiliki

5. Pelabuhan Merak

Pelabuhan Terbesar di Indonesia 

Pelabuhan Terbesar di Indonesia

Kemudian, yang terakhir di antara lima pusat pelayaran terbesar di Indonesia adalah kawasan kapal Merak. Berlokasi di Cilegon, Banten, kawasan ini memiliki luas 15 hektar.

Berdasarkan kapasitasnya, tidaklah mengherankan jika pangkalan ini mampu melayani lalu lintas ratusan kapal ferry tiap harinya khususnya ke Pulau Sumatera.

Selain itu, pusat pelayaran Merak mampu melayani sekitar 10 juta penumpang serta 3,5 juta kendaraan di tahun 2023. Tidak heran, Merak masuk ke dalam daftar pusat pelayaran terbesar.

Baca Juga: Pelabuhan Merak, Pintu Gerbang Pulau Jawa ke Sumatera

Itu dia lima pusat pelayaran terbesar di Indonesia yang dapat Troben sampaikan untuk Anda. Adanya pusat pelayaran dalam sebuah negara tidak hanya membantu penyaluran barang atau pun penumpang domestik saja. Melainkan kegiatan ekspor impor yang berkaitan dengan negara lain juga dapat terjadi.

Konektivitas antar pulau menjadi hal penting bagi sebuah negara kepulauan khususnya Indonesia. Distribusi barang dan bahan pokok untuk memenuhi berbagai kebutuhan di masyarakat serta bisnis menjadi hal krusial serta menjadi alasan mengapa pusat pelayaran terbesar di Indonesia hadir sebagai salah satu penopang roda ekonomi.

Semoga artikel di atas dapat menjawab kebutuhan sobat Troben! Yuk download aplikasi pengiriman barang, pengiriman mobil, dan sewa truk sekarang di Play Store ataupun App Store!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel