Home » Peluang » Peluang dan Tips Membuka Bisnis di Bulan Ramadhan 2024

Peluang dan Tips Membuka Bisnis di Bulan Ramadhan 2024

bisnis di bulan ramadhan

Bulan Ramadhan jadi bulan yang sangat ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Saat Ramadhan segala ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan pahala berkali-kali lipat. Kebutuhan ketika Ramadhan juga meningkat dua kali lipat daripada bulan biasanya, tak heran jika saat Ramadhan banyak orang yang tiba-tiba membuka bisnis. 

Jika Anda ingin memulai bisnis di bulan Ramadhan, dalam artikel berikut kami akan memberikan berbagai peluang bisnis dan juga tips menjalankan bisnis di bulan Ramadhan. 

Peluang bisnis yang bisa dijalankan juga beragam mulai dari bisnis di bidang makanan sampai dengan fashion, tentunya bisa disesuaikan dengan modal dan juga target market.

Baca Juga: Cara Membuat Box Hampers dari Kardus

7 Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan

Untuk Anda yang ingin memulai bisnis di bulan Ramadhan, namun bingung bisnis apa yang akan dijalankan. Berikut ini merupakan peluang bisnis yang bisa dicoba di bulan Ramadhan: 

1. Bisnis Kurma

Berbicara bulan Ramadhan, tentu tak bisa lepas dari buah khas yang selalu ada sebagai pelengkap hidangan berbuka yaitu kurma. Salah satu buah khas Timur Tengah ini selalu diminati dan permintaannya meningkat pesat menjelang Ramadhan hingga lebaran.

Ini karena kurma adalah makanan yang disarankan oleh Rasulullah SAW saat berbuka. Kandungan serat dan glukosa di dalamnya membantu meningkatkan energi setelah berpuasa sepanjang hari.

Tidak hanya untuk berbuka, kurma juga cocok disajikan saat sahur. Kurma menjadi hidangan favorit di hari raya.

Dengan popularitasnya, tingginya permintaan, dan ketersediaan stok yang cukup, menjual kurma dapat menjadi ide bisnis menarik selama bulan puasa, yang dapat meningkatkan pendapatan di bulan suci.

Baca Juga: 10 Ide Jualan Makanan Modal Kecil, Pebisnis Pemula Wajib Coba!

2. Jual Perlengkapan Ibadah

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk beribadah dan mendapatkan banyak pahala, karena segala ibadah dan kebaikan bisa bernilai sebagai pahala. Tak heran jika saat bulan puasa, masjid selalu ramai tak kenal waktu.

Untuk mendukung ibadah semakin khusyu, maka diperlukan perlengkapan seperti mukenah, sarung, sajadah, peci, hingga Al Qurán. Untuk itu, jualan perlengkapan ibadah jadi peluang bisnis yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Rincian Modal Usaha Angkringan Bagi Pemula

3. Bisnis Kuliner

Untuk menu berbuka puasa, tak semua orang memiliki waktu untuk menyiapkan hidangan makanan. Ada sebagian orang yang lebih memilih untuk membeli makanan baik sahur ataupun menu berbuka. 

Sehingga, bisnis kuliner jadi peluang bisnis di bulan Ramadhan yang sangat menjanjikan. Apalagi jika tempat tinggal Anda dekat dengan kantor dimana banyak kosan pekerja, tentu banyak calon pembeli yang membutuhkannya. 

4. Bisnis Kue Kering

Bisnis di bulan Ramadhan selanjutnya adalah bisnis kue kering. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang hobby membuat kue kering. Ada banyak jenis kue kering yang bisa dibuat mulai dari nastar, kastengel, putri salju, cookies coklat dan masih banyak lainnya. 

Semakin banyak varian yang dibuat, semakin banyak calon pembeli yang tertarik untuk membelinya.

5. Bisnis Baju Muslim

Bukan hanya menyiapkan perlengkapan ibadah saja ketika menyambut Ramadhan, saat menyambut lebaran, banyak orang-orang yang juga mempersiapkan hari kemenangan salah satunya baju lebaran. Tak heran, trend baju lebaran tiap tahunnya selalu berubah-ubah.

Bisnis baju muslim jadi peluang bisnis di bulan Ramadhan selanjutnya yang bisa dijalankan. Anda bisa menjual pakaian muslim sesuai trend. Selain itu, baju muslim couple untuk satu keluarga juga banyak dicari oleh pelanggan. 

6. Bisnis Parcel

Saat lebaran dan berkunjung ke rumah sanak saudara, biasanya seseorang membawa parcel sebagai buah tangan. Sehingga bisnis parcel juga bisa jadi peluang yang bisa dijalankan. Anda bisa membuat paket parcel sesuai request pembeli. Selain itu, buat juga berbagai pilihan parcel dengan pilihan produk serta harga yang beragam.

7. Membuka Jasa Jahit

Bukan hanya toko pakaian muslim saja yang banyak diburu. Banyak juga orang-orang yang lebih memilih membuat busana lebaran sendiri sesuai selera yang sulit ditemukan di toko. Sehingga membuka jasa jahit bisa jadi peluang bisnis di bulan ramadhan. Bagi Anda yang memiliki kemampuan menjahit, sekarang waktu yang tepat untuk menyalurkan kemampuan untuk membuka bisnis.

Tips Bisnis di Bulan Ramadhan 

Membuka bisnis di bulan ramadhan bukanlah hal yang sulit dilakukan, namun saat memulainya tetap butuh perencanaan. Bagi Anda yang ingin membuka bisnis di bulan ramadhan, berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan : 

1. Tentukan Bisnis yang Tepat

Tips pertama yang perlu dilakukan ketika Anda memulai bisnis di bulan ramadhan adalah tentukan bisnis yang tepat. Meskipun Anda sibuk dengan urusan bisnis, tetap ingat bahwa Anda juga harus fokus menjalankan bisnis yang bisa dilakukan sambil puasa. 

Jangan sampai kesibukan menjalankan bisnis malah mengganggu kegiatan beribadah yang hanya dilakukan setahun sekali ini.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, peluang bisnis yang bisa dijalankan selama ramadhan meliputi bisnis kurma, jualan kue kering, bisnis pakaian muslim sampai dengan bisnis perlengkapan ibadah. Sesuaikan modal yang Anda punya, tempat dan juga target pasarnya. 

2. Rencanakan dengan Baik

Setelah menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan selama Ramadhan, langkah berikutnya adalah membuat perencanaan yang terkait bisnis yang akan dijalankan. 

Perencanaan bisnis meliputi berbagai hal mulai dari estimasi modal yang dibutuhkan, potensi keuntungan yang mungkin didapat, hingga tujuan yang ingin dicapai. Dengan membuat perencanaan yang baik, Anda akan lebih siap dan terorganisir dalam menjalankan bisnis tersebut.

3. Jangan Ragu untuk Melakukan Inovasi

Jika sudah merencanakan bisnis dengan baik, dalam memulai bisnis dan menjalankannya, jangan ragu untuk melakukan inovasi. Hal ini karena selama Ramadhan, bukan hanya Anda yang memulai bisnis, namun ada banyak penjual baru juga.

Untuk itu, jangan ragu untuk melakukan inovasi. Lakukan riset terlebih dahulu mengenai bisnis Anda, kemudian cari inovasi yang menarik dan dapat diterapkan. Inovasi akan memberikan keunikan pada bisnis Anda dibandingkan dengan pesaing, sehingga mampu menarik target pasar.

4. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Di era sekarang yang serba digital, media sosial menjadi sarana yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda. Untuk itu, pastikan Anda aktif membagikan aktivitas bisnis dan promosi produk melalui platform untuk menjangkau pasar lebih luas.

Melalui media sosial, Anda memiliki kesempatan untuk menarik pelanggan dari berbagai daerah. Hal ini akan mendorong perkembangan bisnis Anda, bahkan dapat menjadikannya sebagai usaha tetap setelah berakhirnya bulan Ramadhan.

5. Sambutlah Keberkahan Ramadhan

Selain meraup keuntungan di bulan yang penuh dengan keberkahan, ketika memulai bisnis saat Ramadhan, Anda juga sambil bersedekah dengan memberikan berbagai diskon pembelian seperti buy 1 get 1. 

Penutup

Itulah peluang bisnis di bulan ramadhan dan juga tips membuka bisnis di bulan ramadhan. Moment ramadhan yang penuh keberkahan ini, meskipun Anda sibuk menjalankan bisnis, namun jangan lupa untuk memaksimalkan ibadah demi mendapatkan banyak pahala di bulan yang penuh keberkahan. 

Bila Anda berencana membuka bisnis salah satunya perlengkapan ibadah secara online dan butuh jasa pengiriman barang terpercaya untuk membantu proses pengiriman kepada pelanggan, maka layanan Tropack dari Troben siap membantu Anda. 

Jasa pengiriman barang kami memberikan ongkir termurah dan proses pemesanan mudah hanya dari aplikasi cargo Troben.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel