Home » Peluang » Peluang Usaha Grosir Sembako dan Tips Menjalankannya

Peluang Usaha Grosir Sembako dan Tips Menjalankannya

Peluang Usaha Grosir Sembako dan Tips Menjalankannya

Sembako merupakan kebutuhan pokok terpenting untuk keberlangsungan hidup sehari-hari masyarakat Indonesia. Maka dari itu banyak orang menjadikan ini sebagai peluang usaha dengan membangun usaha grosir sembako.

Dengan komoditas barang yang banyak dijumpai di sekeliling masyarakat seperti beras, minyak goreng, telur, bumbu dapur, dan lain sebagainya memberikan kesempatan lebih besar untuk menciptakan pasar sendiri di sekitar lingkungan usaha.

Walaupun mudah mendapatkan pasar, persiapan usaha juga sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan didapat nantinya. Beberapa hal berikut ini mulai dari lokasi, analisis pesaing, pemilihan produk jual, hingga metode transaksi di digunakan harus di perhatikan jika tertarik memulai usaha grosir sembako.   

Untuk lebih jelasnya, agar kita mendapatkan keuntungan besar, targekan pasar dengan sesuai. Tentunya usaha pasti akan bertahan lama. Simak tips menjalankan usaha grosir sembako berikut ini, agar tidak menyesal kedepannya. 

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Di Era Digital & Cara Memanfaatkannya

7 Tips Menjalankan Usaha Grosir Sembako

1. Tentukan Lokasi 

Mencari lokasi usaha grosir

Mencari lokasi usaha grosir

Tips pertama adalah menentukan lokasi strategis. Lokasi menjadi salah satu hal krusial, biasanya indikator satu ini menentukan skala pasar Anda, baik skala keluarga atau lebih besar. Dengan lokasi yang tepat juga, usaha grosir sembako dapat menjangkau banyak kalangan dan tentunya mudah untuk ditemukan oleh konsumen.

2. Targetkan Pasar 

Tentukan Target Usaha Grosir

Tentukan Target Usaha Grosir

Selanjutnya, tidak kalah penting dari lokasi adalah menentukan target pasar. Kenali konsumen demografi secara jelas, perhatikan kebutuhan yang menjadi permintaan di sekitar area usaha. Sebab, tidak hanya soal harga murah, usaha grosir juga memerlukan produk berkualitas dan sesuaikan harga dengan kantong konsumen. 

Baca Juga: 10 Peluang Usaha Rumahan Menguntungkan!

3. Siapkan Modal & Lakukan Survey 

Siapakan Modal Usaha Grosir

Siapakan Modal Usaha Grosir

Modal menjadi hal selanjutnya perlu di siapkan. Biaya operasional belanja harus diperhitungkan secara matang. Buat rincian atau daftar barang produk yang ingin di jual sehingga sesuai dengan modal. 

Guna menentukan itu semua, harus dilakukan bersamaan dengan survey. Pemilihan supplier, perbandingan harga pesaing, lokasi strategis, hingga target pasar Anda menjadi hal penting yang harus di perhatikan sehingga perencanaan usaha akan matang serta modal mencukupi untuk membeli barang berkualitas agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

4. Pilih Supplier dengan Jelas & Berkualitas

Pilih Supplier yang Jelas dan Berkualitas

Pilih Supplier dengan Jelas  & Berkualitas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, survey terhadap supplier juga menjadi hal penting untuk di perhatikan. Karena perkembangan dan umur usaha grosir juga bergantung pada supplier, guna memenuhi kebutuhan pasar. 

Pilihlah supplier dengan pelayanan jelas serta kooperatif sehingga jika sewaktu-waktu kebutuhan produk diperlukan cepat, maka supplier siap memenuhi kebutuhan usaha. Anda bisa menggunakan supplier resmi, selain pelayanan yang baik dan berkualitas, mereka akan bertanggung jawab penuh terhadap distributor.

Baca Juga: 8 Cara Menganalisis Ciri-Ciri Peluang Usaha, Wajib Diketahui!

5. Perhatikan Tata Letak Barang 

Tata Letak Usaha Grosir

Tata Letak Usaha Grosir

Banyak yang tidak sadar akan hal satu ini yaitu tata letak barang. Tata letak barang akan sangat membantu tidak hanya konsumen tapi juga pemilik usaha. Tata letak produk terstruktur memudahkan konsumen untuk memilih barang, serta memberikan kesan rapi pada toko sehingga menaikkan potensi penjualan. Selain itu, tata letak barang yang baik juga mempermudah pemiliki toko untuk mengatur suplai barang.

6. Atur Cash Flow 

Atur Cash Flow Usaha Grosir

Atur Cash Flow Usaha Grosir

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan anggaran selama usaha grosir beroperasi. Pastikan kebutuhan operasional terpenuhi perencanaan keuangan yang matang. Evaluasi keuangan toko secara berkala sehingga target tetap tercapai sesuai rencana dan keinginan. 

7. Berikan Pelayanan Terbaik 

Pelayanan Terbaik

Pelayanan Terbaik

Tips terakhir adalah berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan bangun relasi kuat. Setelah menjalankan usaha grosir, perlakukan pelanggan dengan baik agar mereka kembali lagi dan menjadi pelanggan setia Anda. 

Bukanlah hal mustahil, membangun citra yang baik kepada pelanggan akan mendatangkan pelanggan lainnya sehingga usaha akan dikenal secara luas. Selain konsumen, seluruh pihak memiliki kaitkan dengan usaha Anda seperti supplier dan karyawan juga harus dijaga baik guna memastikan usaha grosir Anda berjalan lancar. 

Baca Juga: 9 Pilihan Bisnis Franchise Modal Kecil & Murah

Penutup

Demikian 7 tips membangun usaha grosir sembako dapat mempermudah serta memperlancar Anda. Survei dan membangun relasi menjadi dua hal penting yang harus diperhatikan guna mempermudah target usaha Anda.

Selain itu memperhatikan hubungan konsumen, supplier, dan karyawan juga penting untuk dilakukan agar usaha berjalan dengan lancar sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan lebih besar, dan usaha Anda akan memiliki umur panjang. 

Bagi Anda tertarik membangun usaha grosir sembako, namun belum memiliki akomodasi guna memenuhi kebutuhan produk serta menjaga suplai barang, solusi terbaik adalah menggunakan jasa pengiriman barang terpercaya

Bersama kami, semua kebutuhan pokok seperti sembako dapat kami kirim secara aman, cepat, dan pastinya terjangkau di kantong Anda. Melalui pemesanan terintegrasi melalui aplikasi, dengan mudahnya Anda dapat memesan layanan kami untuk memenuhi kebutuhan grosir Anda.

Dalam satu genggaman, tidak hanya pengiriman barang Anda dapat mengakses berbagai macam jasa pengiriman barang murah mulai dari sewa mobil hingga pengiriman kendaraan. Semua layanan kami dilengkapi garansi serta service packing guna memastikan barang selamat sampai ke tujuan. 

Maka dari itu, tunggu apa lagi? Segera gunakan layanan kami dengan mengunduh aplikasinya sekarang juga!

 

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel