Home » Seputar Logistik » Mesin CNC Milling : Pengertian, Fungsi dan Bagian-bagiannya

Mesin CNC Milling : Pengertian, Fungsi dan Bagian-bagiannya

Mesin CNC Milling

Mesin CNC Milling merupakan mesin canggih yang dilengkapi berbagai alat potong pada sumbunya. Tiap sumbunya berfungsi untuk menghilangkan objek kerja secara teratur. 

Mesin CNC milling memiliki berbagai fungsi dan komponen. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan apa itu mesin CNC Milling, fungsi dan juga bagian-bagiannya.

Apa Itu Mesin CNC Milling? 

Mesin CNC Milling adalah teknologi mutakhir dalam industri manufaktur yang menggunakan kontrol numerik komputer untuk mengoperasikan mesin perkakas secara otomatis. CNC merupakan singkatan dari Computer Numerical Control, yang mengacu pada penggunaan komputer untuk mengontrol gerakan presisi dari pisau pemotong dalam tiga dimensi (sumbu X, Y, dan Z).

Prinsip kerja CNC Milling dimulai dari perancangan atau pemrograman menggunakan perangkat lunak khusus. Operator atau programmer merancang model atau gambar komponen yang ingin diproduksi secara digital menggunakan software CAD (Computer-Aided Design). Kemudian, dengan bantuan software CAM (Computer-Aided Manufacturing), program tersebut diubah menjadi instruksi-instruksi yang diperlukan untuk mengontrol mesin CNC Milling.

Setelah program diatur, mesin ini dapat memotong material dengan presisi tinggi sesuai dengan desain yang diinginkan. Pisau pemotong yang dipasang pada spindle mesin berputar pada kecepatan tinggi dan bergerak secara simultan dalam tiga sumbu (X, Y, dan Z) untuk menghasilkan bentuk dan ukuran yang akurat. Kecepatan dan kedalaman pemotongan dapat diatur sesuai dengan material yang diolah dan spesifikasi pemotongan yang dibutuhkan.

Baca Juga : 10 Komponen Mesin Bubut Kayu, Ketahui Kelebihannya!

Fungsi Mesin CNC Milling

Mesin CNC Milling memiliki beberapa fungsi dalam proses manufaktur, yaitu:

1. Memotong dan Membentuk Material

Fungsi dari Mesin CNC Milling yang pertama adalah untuk memotong dan membentuk material menjadi bentuk yang diinginkan. Hal ini dilakukan dengan cara memutar alat potong (cutter) yang bergerak di atas permukaan benda kerja (workpiece) sesuai dengan program yang telah dibuat. Program tersebut menentukan gerakan dan kedalaman pemotongan, sehingga menghasilkan bentuk yang diinginkan.

Mesin CNC Milling dapat memotong berbagai jenis material, seperti logam, plastik, kayu, dan bahkan batu. Mesin ini mampu memotong dengan presisi tinggi dan konsisten menjadikannya alat yang ideal untuk menghasilkan berbagai macam produk, mulai dari komponen mesin yang rumit hingga detail kecil pada perhiasan.

2. Membuat Lubang dan Alur

Mesin CNC Milling juga dapat digunakan untuk membuat lubang dan alur pada benda kerja. Hal ini dilakukan dengan menggunakan alat potong yang khusus dirancang untuk membuat lubang dan alur, seperti bor dan endmill. Ukuran, bentuk, dan kedalaman lubang dan alur dapat dikontrol dengan sangat presisi menggunakan program CNC.

Mesin CNC Milling mampu untuk membuat lubang dan alur dengan presisi tinggi sehingga menjadi alat yang ideal untuk berbagai aplikasi, seperti pembuatan PCB (Printed Circuit Board), komponen mesin, dan peralatan medis.

3. Mengukir dan Memoles Permukaan

Mesin CNC Milling juga dapat digunakan untuk mengukir dan memoles permukaan benda kerja. Hal ini dilakukan dengan menggunakan alat potong yang khusus dirancang untuk mengukir dan memoles, seperti ball nose endmill.

Baca Juga : Mesin Broaching: Pengertian, Jenis, Komponen, dan Keunggulan

Bagian-bagian Mesin CNC Milling

Mesin CNC Milling mempunyai berbagai bagian, dimana tiap bagiannya mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah bagian dari mesin CNC milling, seperti : 

1. Meja Mesin

Komponen pertama adalah meja mesin yang mempunyai fungsi sebagai tempat untuk memasang objek kerja. Meja mesin bisa bergerak melalui 2 sumbu yaitu sumbu X dan sumbu Y.

Setiap sumbunya sudah dilengkapi dengan motor penggerak screw plus bearing dan guide way slider. Selain itu, meja mesin juga dilengkapi dengan clamp yang berguna untuk mengikat objek dengan kuat. 

2. Spindle (Poros)

Bagian selanjutnya adalah spindle atau poros yang merupakan bagian penting dari mesin ini. Bagian spindle terdiri dari tapered section dan rotating assembly. Bagian spindle ini berfungsi untuk tempat pemasangan tool holder atau alat potong dimana tool holder ini bisa untuk memotong atau menyayat objek kerja.

3. Magasin Tool

Komponen lainnya dari mesin CNC milling adalah magasin tool yang berfungsi untuk menyimpan berbagai tool. Semua tool yang tersimpan ini berguna pada saat operasi permesinan. 

Magasin tool mempunyai banyak tempat penyimpanan mulai dari 8 sampai 24 slot. Banyaknya slot penyimpanan ini tergantung jenis mesin CNC. 

4. Monitor

Monitor merupakan bagian dari mesin CNC Milling yang berada di bagian depan. Monitor ini berfungsi untuk menampilkan semua data mesin mulai dari setting parameter, posisi koordinat benda pesan error dan lainnya.

5. Panel Control

Panel control adalah gabungan berbagai tombol panel yang terdapat di bagian depan mesin. Panel control berfungsi untuk memberikan kode perintah khusus pada mesin. 

Sebagai contoh perintah untuk mengubah setting parameter, menggerakkan meja, memutar poros atau spindle dan lainnya. 

6. Coolant Hose 

Bagian terakhir dari mesin CNC Milling adalah coolant hose. Bagian ini berfungsi sebagai pendingin cutter dan objek kerja. Pengguna mesin cnc akan mengaplikasikan udara bertekanan dan air coolant melalui selang yang dipasang pada blok spindle. 

Cara Kerja Mesin CNC Milling 

Mesin CNC Milling ini mengaplikasikan prinsip-prinsip umum dalam menjalankan proses pabrikasi dengan presisi dan efisiensi. Bagian mesin ini dilengkapi dengan fixture atau vice (ragum) yang dapat menegakkan objek kerja secara langsung atau menahankannya terlebih dahulu sebelum proses dimulai. 

Posisi spindle/poros dan alat potong dapat diubah sesuai kebutuhan, baik secara horizontal maupun vertikal. Dengan kemampuan ini, alat potong dapat mencapai posisi X, Y, atau Z pada objek kerja, memulai proses pemotongan dan pembentukan dengan akurat.

Saat proses berlangsung, alat potong dapat mengatur posisi objek kerja dari arah linier ke poros/spindle, menjaga konsistensi dan ketepatan hasil akhir. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang tepat, alat potong mampu memotong dan membentuk material objek sesuai dengan desain yang diinginkan. Dengan begitu, mesin CNC Milling menjadi solusi ideal untuk produksi dengan hasil akurat dan efisien.

Demikianlah pembahasan tentang mesin CNC milling. Jika Anda ingin kirim mesin industri salah satunya CNC Milling, percayakan pengirimannya dengan aman bersama Troben. Pesan layanan Troben Cargo kami sangat mudah hanya dari aplikasi kirim barang Troben. Yuk download aplikasi Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel