Home » Seputar Logistik » Cargo Manifest : Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Cargo Manifest : Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Cargo Manifest

Dalam dunia logistik dan pengiriman barang, istilah “cargo manifest” tentu sudah tak asing lagi. Manifest kargo merupakan dokumen penting yang diperlukan selama pengiriman berlangsung. Cargo manifest harus diketahui oleh semua pihak yang terlibat dalam proses pengiriman barang mulai dari pengirim, penerima, dan tentu saja operator transportasi sebagai penghubung keduanya. 

Cargo manifest berisi data lengkap yang tertulis semua informasi tentang barang, baik itu pengiriman barang via darat, laut maupun pengiriman via udara. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang manifest kargo mulai dari pengertian, fungsi dan juga manfaatnya. 

Apa itu Cargo Manifest?  

Cargo manifest adalah dokumen yang berisi informasi tentang muatan yang diangkut oleh sebuah kendaraan pengangkut, seperti kapal, pesawat, atau truk. Manifest kargo mencakup berbagai informasi penting, diantaranya :

  • Nama dan alamat pengirim dan penerima
  • Deskripsi abarang yang dikirim
  • Jumlah dan berat barang
  • Nomor kontainer atau palet
  • Nomor penerbangan atau pelayaran
  • Tanggal pengiriman dan perkiraan waktu kedatangan

Cargo manifest berfungsi sebagai catatan resmi yang memastikan semua pihak mengetahui detail pengiriman dan dapat melacak barang dengan akurat sepanjang perjalanan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghitung Kubikasi Cargo? Cek Di Sini!

Apa Saja Fungsi Cargo Manifest?

Cargo manifest memiliki berbagai fungsi penting dalam dunia logistik dan pengiriman barang. Berikut adalah beberapa fungsi dari dokumen ini, seperti : 

1. Panduan Administrasi

Cargo manifest berfungsi sebagai panduan administrasi untuk mencatat semua detail pengiriman. Dokumen ini membantu semua pihak yang terlibat, seperti pengirim, penerima, dan operator transportasi, supaya mempunyai catatan yang lengkap. Dengan adanya panduan administrasi ini, proses dokumentasi menjadi lebih mudah dan terstruktur, mengurangi kemungkinan kesalahan atau kehilangan informasi.

2. Acuan Pelacakan

Salah satu fungsi dari  dokumen ini adalah sebagai acuan pelacakan. Dengan adanya kargo manifest memungkinkan semua pihak yang terlibat dalam proses pengiriman barang bisa melakukan pelacakan barang secara real time untuk mengetahui lokasi barang. 

Dengan informasi yang tercantum dalam manifest, seperti nomor kontainer, jenis barang, dan rute pengiriman, perusahaan logistik dan pelanggan dapat memantau pergerakan barang dari titik awal hingga tujuan akhir. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa barang sampai tepat waktu dan dalam kondisi baik.

3. Sumber Data Analisis

Cargo manifest juga berfungsi sebagai sumber data analisis. Informasi yang ada dalam dokumen ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai analisis, seperti analisis kinerja pengiriman, pengelolaan inventaris, dan perencanaan logistik. 

Data dari kargo manifest membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih baik, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.

4. Bukti Kepemilikan

Cargo manifest juga berfungsi sebagai bukti kepemilikan barang yang dikirim. Dokumen ini mencatat secara rinci siapa pengirim dan penerima barang, serta deskripsi lengkap tentang barang yang diangkut.

Dalam situasi di mana terjadi sengketa atau klaim asuransi, kargo manifest dapat menjadi bukti yang sah mengenai kepemilikan dan kondisi barang saat dikirim.

5. Persyaratan Bea Cukai

Cargo manifest sangat penting dalam memenuhi persyaratan bea cukai. Dokumen ini diperlukan oleh otoritas bea cukai untuk memverifikasi isi pengiriman dan memastikan bahwa semua barang yang dikirim telah memenuhi peraturan dan persyaratan yang berlaku. Dengan informasi yang jelas dan lengkap dalam cargo manifest, proses pemeriksaan bea cukai dapat berjalan lebih cepat dan efisien, mengurangi risiko penundaan atau penalti.

Baca Juga : Transhipment Cargo: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

Manfaat Cargo Manifest

Cargo manifest adalah dokumen penting dalam logistik dan pengiriman barang. Berikut adalah beberapa manfaat dari cargo manifest, antara lain : 

1. Memastikan Ketepatan Pengiriman

Dengan adanya kargo manifest ini, pengguna jasa pengiriman dapat memastikan bahwa barang yang dikirim sudah sesuai dengan pengirim. Cargo manifest ini mencakup semua informasi yang menjelaskan tentang barang kiriman.

Cargo manifest membantu memastikan bahwa barang yang dikirim sesuai dengan pesanan dan spesifikasi yang telah ditetapkan. Dokumen ini mencakup informasi rinci tentang setiap item yang dikirim, seperti jumlah, berat, dan deskripsi barang. 

Dengan adanya kargo manifest ini, pengirim dan penerima dapat memverifikasi bahwa semua barang yang diharapkan telah dikirim dan diterima dengan benar. Hal ini membantu mengurangi kesalahan dalam pengiriman dan memastikan ketepatan dalam setiap transaksi logistik.

2. Mempermudah Pelacakan Barang

Salah satu manfaat dari kargo manifest adalah untuk mempermudah pelacakan barang. Dengan informasi yang tercantum dalam manifest seperti nomor kontainer, jenis barang, dan rute pengiriman, semua pihak yang terlibat dalam proses pengiriman dapat memantau pergerakan barang secara real-time. 

Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa barang sampai tepat waktu dan dalam kondisi yang baik. Selain itu, pelacakan yang efektif membantu mengidentifikasi dan mengatasi potensi masalah selama proses pengiriman.

3. Mempermudah Penyelesaian Sengketa

Cargo manifest juga sangat berguna dalam penyelesaian sengketa yang mungkin muncul selama atau setelah proses pengiriman. Dokumen ini dapat digunakan sebagai bukti resmi mengenai detail pengiriman, termasuk siapa pengirim dan penerima, serta deskripsi lengkap tentang barang yang dikirim. 

Dalam situasi di mana terjadi perbedaan pendapat atau klaim asuransi, cargo manifest dapat menjadi acuan penting untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan adil. Dengan informasi yang jelas dan akurat dalam manifest, proses penyelesaian sengketa menjadi lebih mudah dan transparan.

Demikianlah informasi tentang kargo manifest mulai dari pengertian, fungsi dan juga manfaat. Jika Anda berencana melakukan pengiriman barang dengan aman, Troben jadi pilihan yang tepat. 

Untuk setiap pengiriman barang, kami memberikan kargo manifest sebagai identitas barang. Bukan hanya menggunakan kargo manifest untuk melacak barang, semua pelanggan yang kirim barang melalui kami juga bisa melacak lokasi barang secara real time melalui aplikasi Troben. Bersama aplikasi kirim barang  Troben, proses kirim barang jadi lebih mudah. Pesan, bayar, dan juga melacak lokasi barang bisa dalam satu aplikasi. Yuk lakukan pemesanan sekarang hanya dari aplikasi Troben!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel