Home » Bisnis » 7 Tips Membuka Usaha Digital Printing, Cocok untuk Pemula!

7 Tips Membuka Usaha Digital Printing, Cocok untuk Pemula!

tips membuka usaha digital printing

Di era sekarang, bukan hal mustahil dalam mendapatkan penghasilan menggiurkan. Bahkan, Anda bisa menjadi pengusaha dalam sekejap mata. Salah satu peluang menggiurkan seperti membuka usaha digital printing merupakan salah satu peluang emas dalam meraup penghasilan menggiurkan, sehingga mudah bagi Anda meraup keuntungan optimal.

Tentunya, dalam membuka suatu usaha, kita tidak dapat mendapatkan penghasilan secara instan. Oleh karena itu, diperlukan strategi tepat dalam merencanakan sebuah usaha.

Dengan perencanaan atau strategi terstruktur, kesuksesan akan lebih mudah diraih ketika membuka usaha digital printing.

Bagaimana? Tertarik mencobanya? Simak artikel di bawah! Kami akan bantu Anda dalam merencanakan usaha digital printing agar terencana sekaligus terkoordinir dengan baik.

Baca juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil Untuk Pebisnis

Pengertian Digital Printing

pengertian digital printing

pengertian digital printing

Digital Printing merupakan metode cetak berbasis teknologi tinggi atau modern yang bertujuan mencetak file digital ke berbagai media. Singkatnya, digital printing menjadi cara praktis untuk mencetak gambar atau citra berkualitas tinggi.

Tidak heran jika saat ini usaha berbasis metode digital printing lebih dibutuhkan dibandingkan metode pencetakan konvensional oleh sebagian besar masyarakat. Selain menawarkan fleksibilitas tinggi, menggunakan metode digital memungkinkan produksi dalam jumlah banyak dengan waktu singkat.

Dari pengertian tersebut, apakah masih ragu memulai usaha menjanjikan tersebut?

Baca juga: Ketahui 8 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Jenis Usaha Digital Printing

Simak ulasan di bawah ini demi mempertimbangkan membuka usaha dari salah satu jenis usaha digital printing, seperti:

1. Printing Spanduk atau Banner

usaha digital printing - printing spanduk atau banner

usaha digital printing – printing spanduk atau banner

Meningkatnya kebutuhan cetak spanduk atau banner untuk promosi atau advertising membuat jenis usaha tersebut menjadi peluang menguntungkan dalam meraup keuntungan. 

Dalam pengimplementasiannya, spanduk atau banner dapat dicetak dengan berbagai ukuran serta bahan, mulai dari kain hingga vinyl. Selain itu, demi memastikan semuanya dapat dicetak dengan mudah sekaligus singkat, seorang pemilik usaha memerlukan mesin printer digital dilengkapi dengan tinta tahan lama terhadap cuaca.

2. Printing Stiker

usaha digital printing - printing stiker

usaha digital printing – printing stiker

Jenis usaha printing kedua adalah pencetakan stiker. Jenis usaha printing stiker cukup populer di berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga ibu rumah tangga. Stiker biasanya digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari keperluan dekorasi hingga keperluan promosi. 

Dalam menjalankan jenis usaha printing stiker, siapkan mesin printer digital berukuran kecil hingga sedang. Mesin printer digital tersebut biasanya menggunakan tinta berbasis inkjet atau sublimasi guna mencetak stiker berkualitas tinggi beserta tahan lama.

3. Printing Kaos

usaha digital printing - printing kaos

usaha digital printing – printing kaos

Bagi yang menyiapkan kaos untuk event atau promosi, pasti membutuhkan jasa printing kaos. Kasus seperti ini menunjukkan bahwa jenis usaha digital printing ini selalu menjadi kebutuhan masyarakat sekarang.

Kaos cetak dapat dicetak dengan desain unik dan warna beragam. Sebelum memulai bisnis, siapkan mesin printer digital berukuran sedang hingga besar. Mesin ini menggunakan tinta berbasis sublimasi untuk mencetak desain pada kaos.

Baca juga: Peluang Usaha Perlengkapan Outdoor Beserta 4 Caranya!

4. Printing Foto

usaha digital printing - printing foto

usaha digital printing – printing foto

Pencetakan foto merupakan jenis usaha digital printing paling umum dibanding lainnya. Foto dapat dicetak dengan berbagai ukuran dan bahan, mulai dari bahan kertas hingga bahan kanvas.

Untuk mencetak foto, diperlukan mesin printer digital berukuran sedang hingga besar, dilengkapi tinta berbasis dye-sublimation dan pigment. Tinta dye-sublimation memiliki daya tahan tinggi terhadap cahaya, sedangkan tinta pigment memiliki daya tahan tinggi terhadap air.

5. Printing Mug

usaha digital printing - printing mug

usaha digital printing – printing mug

Pencetakan mug merupakan jenis usaha digital printing yang tak kalah populer dengan jenis pencetakan lainnya. Proses ini melibatkan pengalihan gambar atau desain ke permukaan mug menggunakan teknologi cetak digital. Mug memiliki bentuk bervariasi, mulai dari mug keramik hingga mug stainless steel, tergantung pada preferensi serta kebutuhan pelanggan.

Pencetakan mug digital termasuk ke dalam salah satu bisnis yang dibutuhkan masyarakat sekarang, terutama dalam konteks membuat souvenir pernikahan atau hadiah.

Baca juga: Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Menguntungkan!

7 Tips Membuka Usaha Digital Printing agar Tidak Buntung

Membuka usaha digital printing membutuhkan perencanaan matang demi menghindari risiko kerugian. Dengan memperhatikan tips-tips di bawah ini, Anda berpotensi meraup keuntungan maksimal tanpa buntung. Di antaranya:

1. Lakukan Riset Pasar

Tips membuka usaha digital printing pertama yaitu melakukan riset pasar. Lakukan riset pasar guna memahami permintaan dan persaingan bisnis pencetakan di lokasi usaha digital printing. Jika, sudah, tentukan target pasar potensial dengan rencana terarah dan terstruktur. 

2. Pilih Peralatan yang Tepat

Tips membuka usaha digital printing selanjutnya, pilihlah peralatan digital printing berkualitas tinggi, juga tahan lama. Pastikan mesin cetak, tinta, dan peralatan lainnya dapat memenuhi kebutuhan produksi serta mampu memberikan hasil cetak berkualitas.

3. Kenali Produk dan Layanan

Tips membuka usaha digital printing ketiga, kenali produk . Pasalnya, tahapan ini merupakan fase pengenalan terhadap jenis produk serta layanan digital printing sebelum ditawarkan kepada target pasar Anda, seperti cetak foto, cetak mug, atau printing kaos, cetak stiker maupun banner.

Baca juga: Analisis Peluang Usaha Anda agar Bisnis Anda Berhasil

4. Tentukan Harga Kompetitif

Tips membuka usaha digital printing keempat, tentukan harga kompetitif. Harga merupakan senjata utama dalam perencanaan sebuah usaha. Anda dapat menetapkan harga kompetitif, tetapi cukup menutupi biaya produksi dan menghasilkan profit. Dengan perencanaan terstruktur mengenai keseimbangan antara biaya produksi serta harga jual, Anda akan lebih mudah mencapai tujuan berbisnis dengan mudah.

5. Pemasaran Efektif

Manfaatkan pemasaran digital melalui sosial media, seperti Instagram, Tiktok, Facebook untuk mempromosikan usaha digital printing ke target pasar potensial. Selain itu, pertimbangkan dalam membuat situs web menarik demi mengenali usaha kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

6. Tentukan Lokasi Strategis

Tips membuka usaha digital printing keenam, pastikan lokasi bisnis digital printing tersebut mudah dijangkau atau diakses banyak orang. Dengan demikian, pelanggan akan lebih mudah mengakses layanan pencetakan yang ditawarkan.

7. Berikan Pelayanan Pelanggan yang Baik

Tips membuka usaha digital printing terakhir, berikan pelayanan pelanggan yang baik. Pelayanan ramah dan responsif merupakan salah satu treatment yang disukai oleh pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan merasakan serta menikmati pengalaman positif saat mengandalkan bisnis digital printing Anda.

Baca juga: 10 Peluang Bisnis di Era Digital dan Cara Memanfaatkannya 

Itulah 7 tips membuka usaha digital printing yang menjadi opsi ideal demi meraup keuntungan menggiurkan. Meski seorang pemula, Anda dapat merencanakannya untunk membangaun salah satu dari jenis usaha digital printing seperti penjabaran di atas.

Guna mewujudkan bisnis digital printing secara mudah, efisien, tanpa ribet, Anda dapat memanfaatkan jasa pengiriman barang TrawLbens untuk mengantarkan alat-alat digital printing yang Anda pesan dari toko pilihan ke lokasi bisnis Anda.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel