Home » Seputar Logistik » Truk Trintin : Spesifikasi dan Keunggulannya

Truk Trintin : Spesifikasi dan Keunggulannya

Trintin

Di jalanan Indonesia, tentu Anda sudah tak asing melihat truk dengan ukuran besar yang bisa mengangkut muatan berlimpah. Salah satu truk yang mampu mengangkut barang dalam jumlah besar adalah Trintin. 

Truk ini jadi solusi terbaik untuk para pengusaha yang berencana mengirimkan muatan sangat besar antar provinsi maupun antar pulau. Dalam artikel berikut ini, kami akan menjelaskan informasi secara lengkap mulai dari apa itu truk trintin, spesifikasi, serta keunggulan dari truk trintin.

Apa Itu Truk Trintin? 

Trintin adalah truk dengan tiga sumbu roda, mirip dengan tronton. Namun, konfigurasi sumbu ini berbeda dengan tronton. Trintin memiliki konfigurasi 1-1-2, yang berarti sumbu depan dan tengah masing-masing memiliki dua roda, sedangkan sumbu belakang memiliki empat roda. Konfigurasi ini, dengan sumbu tengah yang lebih dekat ke sumbu depan dibandingkan tronton, memberikan kemampuan manuver yang lebih baik.

Truk ini memiliki ukuran yaitu panjang : 7 meter, lebar : 2,4 meter, dan juga tinggi mencapai 2,1 meter. Truk ini memiliki kubikasi box yaitu 34 meter kubik. Kemudian tonase yang mencapai 16 ton. 

Spesifikasi Truk Trintin

Dimensi:

  • Panjang: 7,5 – 10 meter
  • Lebar: 2,4 – 2,5 meter
  • Tinggi: 2,7 – 3 meter

Kapasitas:

  • Muatan: 16 – 20 ton
  • Volume: 34 – 40 meter kubik

Mesin:

  • Jenis mesin: Diesel
  • Tenaga: 200 – 300 HP
  • Torsi: 600 – 900 Nm

Transmisi:

  • Manual 6 percepatan
  • Semi otomatis

Sumbu Roda:

  • Konfigurasi: 1-1-2
  • Jumlah roda: 6

Fitur:

  • Rem angin
  • Power steering
  • ABS (Anti-lock Braking System)
  • Suspensi udara
  • Kabin AC

Baca Juga : 7 Jenis Truk Kargo Yang Sering Digunakan di Indonesia

Keunggulan Trintin

Truk trintin, yang sering disebut juga sebagai truk dengan konfigurasi sumbu 6×4, memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya populer di berbagai industri, terutama dalam pengangkutan barang berat dan konstruksi. Berikut adalah beberapa keunggulan dari truk trintin:

1. Kapasitas Angkut yang Besar

Truk trintin memiliki kapasitas angkut yang besar dibandingkan dengan truk standar. Konfigurasi sumbu 6×4 memungkinkan truk ini untuk membawa beban yang lebih berat, sehingga efisien dalam mengangkut barang dalam jumlah besar atau material konstruksi yang berat.

2. Stabilitas yang Baik

Dengan tiga sumbu roda, truk trintin menawarkan stabilitas yang lebih baik saat membawa beban berat. Distribusi beban yang merata pada ketiga sumbu membantu menjaga keseimbangan truk, mengurangi risiko terguling atau kehilangan kendali, terutama saat melewati medan yang tidak rata atau berbelok tajam.

3. Kekuatan Tarik yang Tinggi

Truk trintin biasanya dilengkapi dengan mesin yang kuat dan sistem transmisi yang mampu menangani beban berat. Ini membuatnya sangat efektif untuk digunakan dalam pekerjaan yang memerlukan kekuatan tarik yang tinggi, seperti pengangkutan material konstruksi, alat berat, atau barang-barang industri.

4. Kemampuan Off-Road

Konfigurasi roda 6×4 memberikan truk trintin kemampuan off-road yang baik. Truk ini mampu melewati medan yang sulit, seperti jalan berlumpur, berbatu, atau berpasir, dengan lebih mudah dibandingkan truk dengan konfigurasi roda yang lebih sedikit. Hal ini membuatnya ideal untuk digunakan di lokasi konstruksi atau area tambang.

5. Daya Tahan dan Ketahanan

Truk trintin dirancang untuk pekerjaan berat dan sering kali dibangun dengan material yang kuat dan tahan lama. Komponen-komponen seperti sasis, suspensi, dan roda diperkuat untuk menahan beban dan tekanan yang tinggi, sehingga truk ini memiliki umur pakai yang panjang dan memerlukan perawatan yang relatif rendah.

6. Fleksibilitas Penggunaan

Truk trintin dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pengangkutan barang dalam kota hingga proyek konstruksi di pedesaan atau area terpencil. Fleksibilitas ini membuat truk trintin menjadi pilihan yang ekonomis dan praktis bagi perusahaan yang membutuhkan kendaraan serbaguna.

Dengan berbagai keunggulan ini, truk trintin menjadi pilihan yang tepat bagi banyak industri yang memerlukan kendaraan dengan kapasitas angkut besar, stabilitas tinggi, dan kemampuan untuk beroperasi di medan yang sulit.

Baca Juga : 8 Tips Memilih Ban Truk untuk Muatan Berat, Anti Bingung!

Sewa Truk Trintin Tarif Hemat bersama Troben 

Demikianlah informasi tentang apa itu truk trintin, spesifikasi, dan juga keunggulan dari truk trintin. Bagi Anda yang berencana untuk sewa truk trintin untuk pengangkutan barang besar, Troben hadir dengan jasa sewa truk berbagai armada salah satunya truk Trintin. 

Dengan menyewa truk trintin di Troben, Anda bisa melakukan pengangkutan barang dalam jumlah banyak untuk sekali perjalanan sehingga lebih efisien. Jasa sewa truk di Troben juga memberikan banyak keuntungan seperti layanan penjemputan barang, asuransi pengiriman, layanan TKBM, tarif sewa murah.

Troben hadir dalam bentuk aplikasi untuk memudahkan pelanggan yang ingin sewa truk dalam satu genggaman. Anda cukup install aplikasi sewa truk Troben di smartphone dan rasakan kemudahan penyewaan truk sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel