Home » Seputar Logistik » Stevedoring: Pengertian, Tugas, Proses, dan Manfaatnya

Stevedoring: Pengertian, Tugas, Proses, dan Manfaatnya

Stevedoring

Pengiriman logistik memiliki banyak tahapan dalam setiap proses pemindahan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Salah satu istilah yang menggambarkan proses ini disebut dengan stevedoring.

Dalam dunia logistik, istilah ini sudah tidak asing didengar terutama dalam aktivitas pengangkutan barang di kapal. Seperti apa tugas dan proses dari stevedoring itu? Simak penjelasan lebih lengkapnya pada artikel berikut ini!

Pengertian Stevedoring

Stevedoring adalah aktivitas memuat dan menurunkan barang dari kapal ke pelabuhan ataupun sebaliknya. Proses pekerjaan ini dilakukan oleh sekelompok tenaga kerja yang disebut stevedore.

Pengertian dari stevedore adalah tenaga kerja yang mengawasi bongkar muat barang di pelabuhan. Seorang stevedore memiliki keahlian khusus untuk menangani barang-barang yang dibawa kapal.

Sekilas pekerjaan ini sering dikaitkan dengan cargodoring, namun kedua istilah ini memiliki perbedaan terutama pada tempat mereka bertugas.  Cargodaring berfokus pada pengurusan barang ke tujuan akhir, sementara stevedore bertugas mengurus kargo di pelabuhan.

Tugas Stevedore

Stevedore memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan. Adapun tugas-tugas dari seorang stevedore adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Perencanaan Stevedoring

Ini merupakan tugas utama dari aktivitas seorang stevedore yaitu melakukan perencanaan untuk proses bongkar muat barang. Selain itu, stevedore juga harus mengkoordinir proses dari awal sampai akhir.

2. Memaksimalkan Penggunaan Ruang

Seorang stevedore harus bisa mengatur penggunaan ruang di kapal laut agar lebih maksimal. Cara ini dilakukan dengan mempertimbangkan berat dan jenis barang agar tidak melebihi limit kapasitas penyimpanan.

3. Mengoperasikan Peralatan Bongkar Muat

Petugas stevedore juga bertugas mengoperasikan peralatan bongkar muat barang seperti crane, forklift, conveyor, dan lain-lain. Itu berarti, tidak sembarang orang bisa menjadi stevedore karena mereka harus melewati masa training sebelum ditugaskan.

4. Mengerjakan Proses Bongkar Muat Sesuai Prosedur

Tanggung jawab seorang stevedore harus memastikan keamanan barang hingga berhasil keluar dari pelabuhan. Tentu agar proses pekerjaan ini berjalan dengan lancar, maka stevedore harus mentaati prosedur yang sudah ditetapkan.

5. Memastikan Jadwal

Stevedore juga harus dapat memastikan seluruh proses bongkar muat barang dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Selain agar proses bongkar muat menjadi lebih efisien, ini juga meminimalisir terjadinya keterlambatan dalam pengiriman barang.

6. Menjaga Peralatan Bongkar Muat

Selain harus bisa mengoperasikan alat berat untuk bongkar muat, stevedore juga harus bisa menjaga peralatan agar bisa berfungsi dengan maksimal. Tugas ini mencakup tanggung jawab dalam melakukan perawatan agar bisa tahan lama dalam jangka panjang.

 

Baca Juga: Linehaul: Pengertian, Tujuan, dan Keuntungan

Proses Stevedoring

Dalam pekerjaan stevedoring, ada beberapa proses yang harus dilakukan agar berjalan dengan lancar. Berikut tahapan proses dalam pelaksanaan bongkar muat barang:

1. Mempersiapkan Peralatan dan Dokumen

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh petugas stevedore adalah mempersiapkan peralatan untuk melakukan bongkar muat barang dari kapal ke pelabuhan atau sebaliknya. Tahap ini juga meliputi pemeriksaan dokumen yang lengkap dan terperinci.

2. Melakukan Pengangkatan Barang

Setelah perlengkapan alat dan dokumen sudah lengkap, stevedore dapat melakukan pengangkatan barang-barang dari atau ke atas kapal. Proses ini membutuhkan penggunaan alat berat agar pemindahan barang berjalan lebih efisien.

3. Membersihkan Area Kerja

Setelah aktivitas bongkar muat selesai dilakukan, stevedore dapat membersihkan area kerja sampai bersih. Hal ini untuk memastikan kapal dapat berlayar atau menuju ke pelabuhan selanjutnya.

 

Baca Juga: Container Yard: Pengertian, Manfaat, dan Jenis

Manfaat Stevedoring

Dengan adanya proses ini, tentu ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Apa saja itu?

1. Sistem Operasional yang Efisien

Penanganan kargo berkontribusi terhadap peningkatan efisiensi operasional pelabuhan. Jika dilakukan secara tepat, ini memungkinkan muatan dimuat dan dibongkar dengan cepat dan efisien.

 2. Pertumbuhan Ekonomi

Dengan mengandalkan stevedore yang terlatih, pengoperasian bongkar muat di pelabuhan dapat membantu meningkatkan produktivitas. Proses yang efisien dan tepat waktu ini memungkinkan kapal dengan cepat kembali ke tujuan berikutnya.  Hal ini berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

 3. Keamanan Lebih Terjamin

Saat menangani barang, keselamatan dalam proses bongkar muat sangatlah penting. Di sini lah pentingnya peran stevedore untuk memastikan bahwa muatan disimpan dengan aman, dan mematuhi prosedur yang berlaku.

Manfaat ini, tentu dapat menjamin keselamatan dan keamanan barang dalam proses pengiriman. Hal ini juga secara tidak langsung dapat mencegah risiko cedera pada pekerja.

4. Biaya Lebih Hemat

Aktivitas stevedoring dapat mengoptimalkan penggunaan ruang kargo di kapal dan efisiensi operasional sehingga membantu mengurangi biaya logistik. Proses bongkar muat yang cepat dan efisien  mengurangi waktu tunggu kapal. Manfaat ini juga mengurangi biaya yang terkait dengan waktu yang dihabiskan di pelabuhan.

5. Perluasan Infrastruktur Pelabuhan

Kegiatan transshipment di pelabuhan dapat mengembangkan infrastruktur yang diperlukan untuk menangani kargo yang besar dan kompleks. Dalam beberapa kasus, penggunaan teknologi dan sistem informasi dalam pemrosesan pelabuhan dapat  meningkatkan kapasitas dan kinerja pelabuhan.

Melalui proses stevedoring, tentu ini memungkinkan dapat memperluas infrastruktur yang ada di pelabuhan. Baik dari peningkatan kualitas layanan bahkan hingga penerapan sistem teknologi yang canggih untuk pekerjaan bongkar muat barang lebih efisien.

Itu dia penjelasan mengenai apa itu stevedoring mulai dari pengertian, tugas, hingga proses yang dilakukan oleh petugas stevedore. Aktivitas ini tentu memiliki banyak manfaat baik dari efektivitas pengiriman barang yang lebih efisien atau biaya yang lebih terjangkau.

Jika Anda membutuhkan layanan pengiriman barang menggunakan moda transportasi kapal laut, Troben bisa menjadi pilihan tepat! Menghadirkan berbagai layanan yang lengkap untuk pengiriman jarak jauh ke seluruh Indonesia.

Dilengkapi dengan sistem canggih sehingga memudahkan Anda untuk melakukan pelacakan pengiriman secara real-time. Gunakan aplikasi kirim barang dengan download Troben di Play Store dan App Store sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel