Home » Bisnis » 8 Syarat Beli Motor Cash Terkini, Anti Ribet!

8 Syarat Beli Motor Cash Terkini, Anti Ribet!

syarat beli motor cash

Motor menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan untuk membantu mobilitas kehidupan sehari-hari. Membeli motor cash menjadi pilihan bagi sebagian orang agar terbebas dari beban cicilan. Namun tahukah Anda apa saja syarat beli motor cash?  Pembayaran secara tunai atau “cash” menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang ingin membeli sepeda motor.

Dengan memahami syarat-syarat yang dibutuhkan untuk pembelian motor secara cash, calon pembeli dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan transaksi jual beli.  Kali ini kami akan membahas artikel tentang syarat beli kendaraan beroda dua secara cash sekaligus juga tips yang bisa Anda lakukan saat berencana ingin membeli kendaraan beroda dua secara cash. Untuk itu, yuk simak terus pembahasan berikut ini.

Baca Juga: Contoh Surat Jual Beli Motor Roda Dua [Panduan Lengkap 2024]

Inilah Syarat Beli Motor Cash

Syarat Beli Motor Cash

Syarat Beli Motor Cash

Bagi Anda yang ingin beli motor secara tunai atau cash, berikut ini adalah syarat syarat beli motor cash yang perlu Anda siapkan : 

1. Penyusunan Anggaran

Syarat pertama beli kendaraan dengan cara tunai atau cash. Sebelum melakukan beli motor cash, maka penting untuk menyusun budget atau anggaran yang dibutuhkan. Tentukan terlebih dahulu berapa budget yang perlu disiapkan untuk mendapatkan motor baru secara cash. Supaya bisa membeli motor secara cash, Anda bisa menabung sampai dana untuk beli motor terpenuhi. 

2. Tentukan Merek Serta Jenis Motor 

Syarat kedua beli kendaraan dengan cara tunai atau cash, Bila biaya yang dibutuhkan untuk membeli motor secara cash sudah terkumpul. kalian bisa langsung menentukan merek hingga jenis kendaraan beroda dua yang diinginkan. Saat ini ada banyak merek seperti Honda, Suzuki, Yamaha dll.  Jenis kendaraan beroda dua juga beragam mulai dari matic, gigi, juga kopling. Anda bisa memilih jenis kendaraan beroda dua tersebut sesuai dengan kebutuhan. Dengan menentukan jenis hingga merek maka akan membantu proses pembelian cash jadi lebih cepat serta mudah.

Baca Juga: 6 Cara Penulisan Kwitansi Jual Beli Motor 

3. Tentukan Dealer Terpercaya

Syarat beli kendaraan cash ketiga adalah pemilihan dealer atau penjual. Pilihlah dealer atau penjual terpercaya. Anda bisa mencari tahu secara online dengan membaca ulasan pelanggan sebelumnya, selain itu periksa juga reputasinya dan pastikan bahwa dealer atau penjual kendaraan beroda dua tersebut memiliki lisensi resmi. Dealer terpercaya adalah kunci kepuasan pelanggan saat mendapatkan kendaraan beroda dua impian langsung secara cash atau tunai.

Baca Juga: Syarat Tarif Kirim Motor Melalui Indah Cargo

4. Siapkan Dokumen Identitas

syarat ke empat, Bila uang cash sudah disiapkan dan juga merek beserta jenis kendaraan beroda dua sudah ditentukan. Selanjutnya Anda bisa menyiapkan beberapa syarat dokumen untuk transaksi pembelian secara cash. Beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti KTP. NPWP, dokumen kepemilikan rumah atau KK sebagai bukti alamat. 

5. Periksa Kembali Kondisi Motor

Syarat berikutnya, Sebelum melakukan pembayaran, Anda perlu memeriksa kembali kondisi fisik untuk memastikan bahwa kendaraan beroda dua dalam kondisi yang baik. Periksa seluruh body, bagian mesin kendaraan beroda dua, hingga kelengkapan dokumen. Supaya lebih yakin, Anda juga bisa melakukan test drive sebelum dibeli secara tunai atau cash.  Selanjutnya, kalian juga perlu memeriksa kelengkapan aksesoris seperti helm dan juga STNK sementara yang bisa digunakan sambil menunggu STNK resmi selesai dibuat.

Baca Juga: Contoh Surat Jual Beli Mobil Baru & Bekas, Panduan Praktis

6. Siapkan Pembayaran Tunai

Syarat ke enam, bila sudah yakin dengan kendaraan beroda dua pilihan yang akan di beli, selanjutnya lakukan pembelian dengan pembayaran cash. Bisa langsung negosiasi harga sebelum melakukan pembayaran untuk mendapatkan harga terbaik. Bila kesepakatan harga sudah didapatkan, Anda bisa melakukan pembayaran dan meminta kwitansi jual beli motor sebagai bukti pembayaran yang sah.

7. Usia Minimal Pembeli

Perlu Anda ketahui bahwa syarat minimal pembelian motor cash di dealer adalah seseorang yang sudah berusia 17 tahun. Sehingga, KTP menjadi kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi saat membeli kendaraan secara cash. Baca Juga: Inilah Cara Kirim Motor Melalui JNE Persyaratannya

8. Pengurusan Surat – Surat Kepemilikan

Syarat beli kendaraan cash yang terakhir adalah pengurusan surat-surat kepemilikan. Jika pembelian kendaraan secara cash berhasil, selanjutnya dealer akan mengurus surat-surat kepemilikan kendaraan beroda dua seperti STNK dan BPKB atas nama Anda. Pastikan kelengkapan data dan juga tanda tangan pada dokumen. Jangan lupa untuk mendaftarkan kendaraan untuk pengesahan plat nomor.

Baca Juga: Apa Itu Surat Perjanjian Jual Beli Mobil? Simak Di Sini!

Demikianlah informasi tentang syarat beli motor cash. Dengan mengetahui syarat syarat diatas, proses beli kendaraan secara cash jadi lebih mudah dan Anda bisa langsung menggunakan kendaraan beroda dua untuk kegiatan sehari-hari. Bila Anda membeli di dealer yang lokasinya jauh dari rumah maka Anda harus melakukan pengiriman ke luar kota. Percayakan pengiriman kendaraan beroda dua atau roda empat dengan aman bersama jasa pengiriman motor dari TrawLbens kami memiliki berbagai layanan salah satunya TrawLpack khusus untuk membantu pengiriman motor dengan aman, praktis, dan terpercaya. Mulai pengiriman motor Anda bersama kami dengan cara download aplikasi kirim barang di Play Store maupun App Store sekarang! Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer atau cash!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel