Home » Seputar Logistik » 8 Tata Cara Pindah Rumah Anti Repot!

8 Tata Cara Pindah Rumah Anti Repot!

cara pindah rumah

Kami akan membahas tips cara pindah rumah anti report! Pindah rumah merupakan salah satu fase kehidupan keluarga yang asik, namun terkadang bisa membuat stres. Salah satunya adalah karena bingung harus memulai dari mana untuk pindahan. Oleh karena itu, faktor kerjasama antar keluarga penting untuk keberhasilan pindah rumah. Berikut merupakan 5 tips dan tata cara pindah rumah tanpa beban dan repot. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Inilah 8 Tata Cara Pindah Rumah yang Anti Repot

pilih hari baik

1. Pilih Hari Baik Untuk Pindah Rumah

Cara pindah rumah yang pertama adalah memilih hari baik untuk pindah rumah. Ada metode yang dapat Anda gunakan untuk menentukan hari baik, yaitu berdasarkan Primbon Jawa dan Islam.

Pindah rumah menurut Primbon Jawa sendiri perlu dihitung berdasarkan neptu Anda dan neptu hari pindahan. Neptu merupakan nilai tertentu dari hari yang telah diatur dalam Primbon Jawa. Sedangkan untuk pindah rumah menurut Islam, dapat ditentukan berdasarkan arah mata angin. Akan tetapi, semuanya kembali lagi kepada kepercayaan masing-masing, ya!

Baca Juga: 8 Tips Memilih Jasa Pindahan Rumah Terbaik dan Hemat

2. Mencicil Barang Pindahan

Untuk Anda yang memiliki barang yang sangat banyak, Anda dapat mengatasinya dengan cara mencicil barang pindahan dari jauh-jauh hari. Persiapan pindah rumah memang kadang membuat repot, namun dengan barang yang sudah dicicil akan membuat Anda lebih lega nantinya. 

Anda dapat memulai dengan mengemas barang-barang yang sekiranya besar seperti dipan, lemari atau furniture yang lain. Jika rumah Anda memiliki lantai 2 atau 3, pastikan Anda mengemas barang mulai dari lantai yang paling atas. Hal ini akan memudahkan Anda dan keluarga ketika waktu pindahan sudah dekat. 

3. Membersihkan Barang

Cara pindah rumah berikutnya adalah membersihkan barang – barang. Sebelum melakukan packing, Anda terlebih dahulu perlu membersihkan barang-barang Anda sebelum dikemas. Agar tidak memberatkan, Anda dapat memulai membersihkan dari barang-barang yang kecil seperti alat makan piring, sendok dan garpu. Tidak lupa untuk meminta bantuan keluarga agar beban Anda semakin ringan dan pekerjaan terselesaikan dengan cepat. Luangkan sekitar satu hari untuk melakukan ini. 

4. Packing Barang Berdasarkan Jenisnya

Tips persiapan pindah rumah yang selanjutnya adalah dengan cara packing barang berdasarkan jenisnya. Hal ini tentunya dapat membantu Anda ketika membongkar barang di rumah baru nantinya. Sebagai contoh Anda dapat packing peralatan makan dalam satu kardus, dan jangan lupa untuk memberi label tulisan ‘alat makan’ pada kardus untuk memudahkan Anda. 

Baca Juga: 13 Tips Pindah Rumah yang Aman dan Praktis

5. Buat Packing Checklist

Cara pindah rumah berikutnya adalah membuat packing list. Setelah melakukan persiapan packing, Anda juga perlu untuk membuat packing ceklist pindah rumah. Misalnya Anda dapat membuat ceklist ruang apa saja yang perlu di packing. Jika sudah selesai, ceklist dan Anda dapat lanjut untuk packing ruang rumah yang selanjutnya. Sangat memudahkan, bukan?

6. Kirim Barang

Saat ini, sudah banyak tersedia layanan pengiriman barang dalam jumlah yang besar. Jika Anda mau pindah ke luar negeri atau ke luar pulau, Anda dapat mengirim barang terlebih dahulu. Pastikan Anda telah menghitung budget dan memilih jasa layanan logistik yang terpercaya. Salah satunya adalah troben yang melayani pengiriman barang seluruh Indonesia hanya dengan satu klik di ponsel Anda. 

7. Buka Barang yang Diperlukan

Setelah barang Anda sudah sampai, Anda dapat membuka barang-barang yang sekiranya diperlukan terlebih dahulu. Contohnya adalah pakaian, tempat tidur, peralatan dapur dan alat kebersihan rumah. Setelah itu, Anda dapat mengeluarkan barang-barang lainnya dan pastikan Anda menempatkannya dengan rapi di rumah yang baru. 

8. Syukuran Pindah Rumah

Setelah Anda selesai melakukan pindahan rumah dan semua perabotan Anda telah diletakkan dengan rapi, tidak ada salahnya untuk melaksanakan syukuran pindah rumah bersama keluarga, teman dekat, dan tetangga. Merayakan bersama orang-orang terkasih merupakan salah satu bentuk syukur atas rumah baru. 

Itulah 8 tips cara pindah rumah dari kami yang dapat Anda terapkan ketika Anda pindah rumah. Perlu diingat bahwa kerjasama antara keluarga diperlukan agar pindah rumah terasa ringan. Hubungi kami lebih lanjut untuk jasa layanan pindah rumah yang terpercaya. Silakan bagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya banyak orang yang bisa mendapatkan manfaatnya!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel