Home » Seputar Logistik » 13 Tips Pindah Rumah yang Aman dan Praktis

13 Tips Pindah Rumah yang Aman dan Praktis

Tips Pindah Rumah Baru

Mengetahui tips pindah rumah dengan baik dan benar. Pindahan rumah dapat menjadi urusan merepotkan bila dilakukan secara mandiri. Meskipun merasakan kegembiraan akan lingkungan baru yang menyenangkan, namun sulit membayangkan betapa rumitnya proses pindahan, terutama ketika harus memindahkan seluruh isi rumah dari tempat lama ke tempat baru. Anda harus memindahkan seluruh isi rumah mulai dari perabotan dapur, perangkat elektronik, hingga peralatan memasak, semua harus dipindahkan.

Agar proses pindahan rumah berjalan dengan lancar, persiapannya harus dilakukan dengan cermat dan jauh-jauh hari sebelum tanggal pindahan datang. Membantu pindahan rumah semakin mudah dan efisien, maka Anda dapat menggunakan jasa pindahan rumah

Jika sedang merencanakan pindah rumah, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu agar proses pindahan berlangsung lebih cepat juga efisien.

13 Tips Pindah Rumah Prakits

Ada berbagai tips ketika akan pindah rumah, diantaranya: 

1. Buang Barang Tidak Diperlukan

tips pindah rumah

Tips pindah rumah pertama adalah perlu memisahkan barang yang akan dipindahkan jangan lupa memilih barang yang akan ditinggalkan. Jangan buang waktu untuk sibuk mengepak barang tidak diperlukan. Karena barang perabotan berjumlah sangat banyak mulai dari berukuran besar hingga perlengkapan berukuran kecil. 

Maka prioritaskan waktu mengemas barang untuk dipindahkan ke rumah baru. Barang yang sekiranya tidak diperlukan lagi dapat di buang, menjual, atau bahkan menyumbangkannya.

2. Gunakan Box Berkualitas

tips pindah rumah

Tips pindah rumah kedua saat mengemas barang biasakan bungkus pada wadah box berkualitas. Seringkali kita lupa hanya menggunakan box bekas sekedar menjadi wadah atau bahkan tidak menggunakan wadah sama sekali. 

Padahal box berkualitas sangat penting menjadi wadah dari berbagai barang. Degan box berkualitas dapat mengurangi resiko kerusakan pada barang selama pengiriman.

3. Lengkapi Label pada Tiap Box

tips pindah rumah 

Tips pindah rumah selanjutnya yaitu dengan bagi perabotan dan memudahkan saat merapikannya kembali saat perabotan sampai. Maka dapat menambahkan label pada tiap-tiap box. Dengan mengklasifikasikan box beserta tidak lupa labelkan sesuai dengan letak perabotan.

4. Berikan Perlindungan Extra pada Barang

tips pindah rumah

Tips pindah rumah ke empat pastikan barang mudah rusak, pecah seperti alat elektronik, vas keramik, hingga peralatan makan dengan bahan beling. Maka perlu memberikan perlindungan tambahan dengan menggunakan bubble wrap. Selain itu, kita juga dapat melindungi perabotan mudah pecah seperti gelas dan piring dengan menggunakan kertas sebagai bantalan. Lalu kita dapat pula memasukkan barang-barang tersebut ke dalam box dengan ukuran sesuai.

Baca juga: Macam-Macam Ekspedisi Untuk Pengiriman Barang 

5. Sisakan Waktu Khusus untuk Packing Pakaian

tips pindah rumah

Tips pindah rumah ke lima saat pindah rumah perhatikan juga proses pengepakan baju, karena aktivitas ini dapat memakan banyak waktu. Anda perlu hati-hati dalam mengepak baju dan melakukannya secara efisien. Pastikan agar pakaian tidak menghabiskan terlalu banyak ruang di kendaraan. Sebagai alternatif melipat, lebih baik menggulung setiap pakaian secara individu agar dapat menghemat ruang. Selain itu, pertimbangkan untuk meninggalkan baju-baju yang kemungkinan besar tidak akan digunakan lagi.

6. Jangan Packing Perabotan dalam Box Berlebihan

tips pindah rumah

Tips pindah rumah ke enam yaitu sering kali banyak orang melakukan kesalahan saat pindah rumah dengan mengepak perabotan mereka terlalu rapat. Sebaiknya, lebih baik menggunakan beberapa kotak sekaligus daripada menumpuk perabotan berisiko rusak di dalam satu kotak. Pilihlah kotak berukuran besar pastikan berat perabotan di dalamnya tidak melebihi 5 kg. Bila Anda memaksakan untuk memasukkan perabotan dalam jumlah banyak ke satu kotak, maka malah dapat membahayakan perabotan karena terjadi kemungkinan rusak. 

7. Gunakan Beberapa Tempat Selain Box

tips pindah rumah

Tips pindah rumah ke tujuh yaitu menggunakan kotak, Anda bisa memanfaatkan peralatan lain untuk menjadi wadah saat pindahan. Bisa menggunakan wadah seperti seperti keranjang, koper, tas sejenisnya untuk membawa barang-barang saat pindahan. Akan tetapi, pastikan semua wadah telah tertutup rapat disegel sebelum proses pindahan dimulai agar risiko kehilangan dapat dikurangi.

8. Beri Label dan Foto Setiap Furniture

tips pindah rumah 

Tips selanjutnya bisa dilakukan ketika pindahan rumah adalah memberikan label pada tiap furniture. Anda bisa memfoto tiap bagian furniture, setelah itu melepas baut yang menempel.

Lalu bisa juga memberi label pada bagian furniture kemudian memasukkannya ke dalam box. Dengan begitu, bisa menghemat ruang saat pindahan. Jika furniture sampai di rumah baru juga tak akan bingung untuk merakitnya kembali.

9. Packing Peralatan Dapur Secara

tips pindah rumah

tips pindah ke delapan yaitu peralatan dapur seperti alat makan, peralatan memasak, alat panggang membutuhkan packing secara terpisah. Anda bisa memasukkan peralatan dapur ke dalam box yang sesuai ukuran dan terpisah dengan peralatan lainnya. 

10. Bungkus Peralatan Mandi Secara Terpisah

tips pindah rumah

Tips pindah rumah ke sembilan jika peralatan mandi seperti sabun atau sampo masih ada, maka bisa juga dibungkus secara terpisah saat pindah rumah. Anda bisa membungkusnya menggunakan plastik. Pastikan wadah tertutup rapat, agar tidak tumpah selama perjalanan. 

11. Gunakan Selotip dan Label Fragile

tips pindah rumah

Tips pindah rumah selanjutnya, jika semua peralatan sudah dimasukkan ke dalam box sesuai jenisnya. Untuk menutupnya bisa menggunakan selotip. Gunakan selotip untuk merekatkannya supaya tidak terlepas selama pengiriman. Untuk peralatan mudah rusak atau pecah seperti alat elektronik, Bisa menambahkan label fragile agar pihak jasa pengiriman berhati-hati ketika memindahkan peralatan tersebut.

12. Atur Jadwal Pindahan

tips pindah rumah

Tips pindah rumah selanjutnya Inilah tips pindah rumah terakhir. Jika semua barang sudah selesai di packing, waktu ditunggu-tunggu pun tiba yaitu hari dimana memindahkan segala isi rumah lama ke rumah baru. Untuk pindahan rumah ini, perlu mengatur jadwal pindahan dengan tepat. 

Bila Anda seorang pekerja, bisa  pula mengambil cuti khusus untuk pindahan. Kemudian kami sarankan untuk pindahan jangan di jam-jam sibuk seperti di pagi atau sore hari. Hal ini memungkinkan agar tidak terjebak kemacetan selama perjalanan.

13. Rencanakan Donasi Perabotan

tips pindah rumah

Tips pindah rumah terakhir, untuk mengurangi isi rumah sudah tidak diperlukan dan meringankan perabotan dipindahkan. Maka bisa mendonasikan sebagian perabotan yang sudah tidak digunakan. Bisa juga memberikan perabotan kepada tetangga. 

Baca juga: 10 Tips Memilih Jasa Ekspedisi Aman dan Terpercaya!

Demikianlah informasi tentang tips pindah rumah. Jangan lupa untuk mengikuti tips-tips di atas supaya proses pindahan rumah jadi lebih mudah dan efektif. 

Bila ingin pindahan rumah, membutuhkan jasa pengiriman barang murah, silahkan gunakan layanan Tropack dari Troben. Troben siap membantu mengirimkan barang Anda dengan mudah, praktis, dan pastinya hemat ongkir. 

Bagi Anda ingin memulai pemesan untuk membantu pengiriman barang saat pindahan rumah, lakukan pemesanannya dengan mudah melalui Aplikasi Pengiriman Barang. Unduh aplikasi Troben dan pilih layanan Tropack sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel