Home » Manajemen » 5 Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil Untuk Pebisnis

5 Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil Untuk Pebisnis

Inilah Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil

Cara mengatur keuangan usaha kecil memang rumit. Bagi yang memiliki usaha kecil, perlu untuk mengatur keuangan usaha secara tepat apa lagi jika usaha masih terbilang kecil. Sangat penting mengatur keuangan pada usaha kecil selain dapat mengetahui pengeluaran dan pemasukan, Anda bisa menggunakan hasil keuntungan sebagai tabungan di masa depan nanti. Pastikan usaha kecil yang sedang digeluti tidak mencampur antara uang usaha dengan uang pribadi. Sebab, hal ini dapat mengacaukan perhitungan keuntungan usaha. Yuk, simak ulasan berikut mengenai cara mengatur keuangan usaha. 

Manfaat Mengatur Keuangan Usaha kecimanfaat mengatur keuangan

Cara Mengatur keuangan usaha kecil, dapat dipelajari agarmenjadikan Anda lebih hemat. Kita bisa mengetahui pengeluaran apa yang sebenarnya tidak perlu, sehingga kita nantinya berhati-hati saat membeli sesuatu. Berhemat, dapat juga mengalokasikan uang menjadi investasi juga cadangan kas. 

Selain menjadi lebih hemat, manfaat yang selanjutnya yaitu sebagai sarana informasi keuntungan dari usaha kita. Bayangkan jika tidak melakukan pengaturan keuangan usaha, sudah pasti tidak bisa mengetahui berapa keuntungan dari usaha setiap bulannya. Profit dari usaha ini nantinya dapat diputarkan sebagai modal usaha selanjutnya. 

Baca Juga: 8 Cara Menganalisis Cari-Ciri Peluang Usaha 

Tips Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil Agar Berkembang

mengatur keuangan usaha kecil

Inilah beberapa tips dari kami mengenai cara mengatur uang hasil jualan agar usaha terus berkembang, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: 9 Pilihan Bisnis Franchise Modal Kecil dan Murah

1. Pisahkan Uang Pribadi & Usaha

Mungkin banyak dari kita  masih menggunakan rekening pribadi untuk mengelola uang pribadi atau usaha. Hindari hal ini karena nantinya dapat mengacaukan perhitungan profit dari usaha kita. Cara mengatasinya, kita bisa membuka rekening bank bisnis sebagai pemasukan pengeluaran usaha kita. 

Baca Juga: Peluang Usaha Perabotan Rumah Tangga dan Tips Mengelolanya

 2. Buat Perencanaan Keuangan

Membuat anggaran yang tepat dapat bermanfaat sebagai pencapaian pendapatan luar biasa. Perencanaan keuangan usaha yang sedang digeluti sangat penting untuk memperkirakan seberapa banyak profit yang akan dihasilkan oleh bisnis kita saat ini. Mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu. Idealnya harus membuat anggaran operasional terlebih dahulu agar tau berapa banyak budget keluar. Setelah itu, fokus pada anggaran arus kas untuk melacak uang masuk atau keluar sehingga semua perencanaan dapat berjalan dengan baik. 

Baca Juga: Bisnis Modal Kecil Dengan Untung Besar Untuk Pemula!

3. Jangan Takut Dengan Pinjaman

Cara mengatur modal keuntungan yang selanjutnya adalah jangan takut dengan pinjaman. Mungkin banyak pemilik usaha takut dengan perangkap hutang begitu mereka mulai meminjam uang. Namun, dengan pinjaman usaha, kita bisa mengatasi pengeluaran tidak terduga. Kelebihan dari pinjaman usaha kecil salah satunya adalah bunga cicilan rendah. Pinjaman tersebut dapat digunakan sebagai kebutuhan usaha seperti membeli persediaan, membayar gaji dan tagihan listrik.

Baca Juga: Analisis Peluang Usaha Anda Agar Bisnis Berhasil

4. Perhatikan Arus Kas

Dalam usaha kecil menengah, kita perlu memperhatikan arus kas keuangan usaha Anda. Hal ini bertujuan menghindari adanya kebocoran uang kas. Untuk dapat memantau kas, Anda perlu teliti dalam menghitungnya penting bagi kita untuk memiliki ilmu dasar akuntansi agar mengerti kas keuangan usaha. Manfaatkan berbagai aplikasi arus kas sebagai alat memantau pengeluaran atau pemasukan usaha kita. 

Baca Juga: Peluang Usaha di Desa Memiliki Potensial Menguntungkan!

5. Menyiapkan Dana Darurat

Selain menyisihkan keuntungan uang dari usaha untuk modal selanjutnya dan tabungan, perlu juga  menyiapkan dana darurat. Memang kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan, namun Anda harus menyiapkan hal-hal terburuk jika usaha tidak berjalan lagi sesuai rencana. Siapkan dana darurat ini sedini mungkin, dan gunakan hanya jika mengalami kerugian di kemudian hari. 

Nah itulah ulasan kali ini mengenai cara mengatur keuangan usaha kecil wajib dilakukan pengusaha. Ikuti tips di atas agar usaha kita bisa berkembang menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat ya!

Penutup

Setelah mengetahui cara mengatur usaha kecil, sebagai pebisnis Anda pasti membutuhkan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang – barang Anda kepada pelanggan. Nah, kabar baiknya, jika ingin mengirim barang dapat menggunakan aplikasi cargo. Trawlbens merupakan jasa pengiriman barang, motor, dan cargo berbasis aplikasi, kami menyediakan kualitas layanan terbaik dan tarif pengiriman murah. Kami berharap informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa ikuti terus update terbaru mengenai berita terikini di blog kami.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel