Home » Seputar Logistik » 6 Cara Packing Paket Makanan yang Aman

6 Cara Packing Paket Makanan yang Aman

Cara Packing Paket Makanan

Untuk Anda pemilik bisnis makanan online, salah satu tantangan untuk mengirim makanan supaya tetap aman ketika sampai ke tangan pelanggan adalah bagaimana cara packing yang benar. Cara packing paket makanan perlu diperhatikan, agar ketika makanan sampai tetap aman sehingga tidak merusak kualitas dari makanan.

Cara packing paket makanan tentu berbeda dengan packing barang. Apalagi jika makanan tersebut mudah hancur. Bila Anda belum mengetahui bagaimana cara mengemas makanan yang benar dan tepat ketika dikirim ke luar kota, maka Anda tak perlu khawatir. Karena dalam artikel berikut ini, kami akan memberikan informasinya.

Dengan mengetahui cara packing paket makanan secara tepat, ketika Anda ingin kirim makanan untuk pelanggan maupun untuk sanak saudara tentu bisa lebih tenang. Karena makanan akan sampai dengan aman.

Baca juga: 7 Cara Mengirim Furniture ke Luar Kota dengan Aman

6 Cara Packing Paket Makanan untuk Dikirim ke Luar Kota

Cara packing paket makanan di bawah ini perlu diketahui oleh banyak orang termasuk Anda yang memiliki bisnis makanan. Apalagi bila Anda akan mengirimkan paket makanan ke luar kota untuk pelanggan, cara kirim paket perlu diperhatikan. Berikut ini adalah cara packing paket makanan secara tepat dan benar, diantaranya : 

  • Gunakan Bubble Wrap

Cara packing paket makanan pertama untuk mengirimkan paket ke luar kota adalah dengan mengemasnya menggunakan bubble wrap. Apalagi jika makanan yang dikirim mudah hancur seperti keripik. Anda tak bisa hanya mengandalkan bungkus makanan yang mengemas saja, karena keripik merupakan makanan yang tidak cukup kuat terhadap tekanan. Apalagi jika pengiriman ke luar kota berlangsung selama berhari-hari. 

Untuk melindungi makanan tetap aman, Anda bisa menggunakan bahan packing aman yaitu dengan bubble wrap. Bubble wrap terdiri dari bahan gelembung, sehingga bisa menahan makanan dari guncangan selama pengiriman dan tentunya akan lebih aman. Jika sudah dilindungi dengan menggunakan bubble wrap, jangan lupa untuk merekatkannya menggunakan selotip.

  • Packing Menggunakan Kardus atau Kayu

Cara packing paket makanan kedua, setelah kiriman makanan selesai di packing menggunakan bubble wrap, Anda bisa memberikan perlindungan tambahan dengan mengemasnya menggunakan kardus atau packing kayu. 

Memang bubble wrap dan kardus sudah cukup kuat untuk menjaga makanan tetap aman dan tidak hancur. Namun, bila Anda mengirim makanan dalam jumlah banyak ke luar kota bahkan luar pulau yang membutuhkan waktu pengiriman cukup lama, maka packing menggunakan kayu menjadi pilihan terbaik. 

  • Tambahkan dengan Stiker Fragile

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan stiker fragile pada makanan untuk memberikan informasi kepada jasa pengiriman bahwa kiriman makanan tersebut mudah hancur. Dengan begitu, proses pengirimannya bisa dilakukan dengan hati-hati. Stiker tersebut akan sangat berguna agar barang tidak boleh dibanting maupun dilempar supaya tidak rusak. 

  • Gunakan Plastik Multilayer

Cara ppacking paket makanan keempat adalah dengan mengemasnya menggunakan plastik multilayer. Plastik ini termasuk jenis plastik khusus yang lebih kuat dan tebal dari jenis plastik pada umumnya. 

Plastik multilayer ini terbuat dari dua jenis bahan plastik dengan tambahan laminasi. Sehingga makanan yang dikemas menggunakan plastik ini menjadi lebih aman. 

  • Gunakan Toples

Kemudian, cara packing paket makanan yang juga bisa dilakukan adalah dengan menggunakan toples. Toples memiliki lapisan lebih tebal, sehingga bisa membuat makanan yang ada didalamnya jadi lebih aman. Selain itu, toples juga memiliki fungsi lain, bila makanan di dalam toples sudah habis, maka bisa digunakan untuk kebutuhan lain. 

  • Kirim Paket Makanan Menggunakan Jasa Pengiriman Terpercaya

Selain memperhatikan packing yang aman saat Anda akan mengirim paket makanan. Hal yang kalah penting untuk diperhatikan adalah dengan mencari jasa pengiriman paket terpercaya untuk mengirim paket tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda sedang mencari jasa pengiriman barang terpercaya, diantaranya : 

  • Jaminan Keamanan Makanan

Tips pertama carilah jasa pengiriman yang akan memberikan jaminan keamanan makanan. Jaminan keamanan makanan ini sangat penting untuk menjaga kualitas makanan selama proses pengiriman. Jaminan keamanan makanan ini bisa berupa layanan packing yang diberikan dan juga standar penanganan yang diberikan saat Anda mengirimkan makanan. 

  • Layanan Asuransi Pengiriman

Kemudian, ketika Anda mengirim paket makanan melalui jasa pengiriman, carilah jasa pengiriman dengan layanan asuransi. Layanan asuransi ini untuk memberikan rasa tenang pada Anda saat mengirim makanan. Jadi, jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti paket makanan hilang maupun rusak, akan hal tersebut akan dicover oleh pihak asuransi. 

  • Makanan Bisa Ditracking

Cara packing paket makanan terakhir, hal yang perlu diperhatikan ketika memilih jasa pengiriman adalah pilihlah ekspedisi pengiriman yang memberikan layanan tracking. Dengan sistem pelacakan ini, Anda bisa mengetahui lokasi barang terkini ketika paket makanan sedang dikirim.

Baca juga: Cara Packing TV Untuk Dikirim ke Alamat Tujuan

Demikianlah informasi tentang cara packing paket makanan. Dengan mengetahui cara packing yang kami sebutkan diatas. Anda bisa mengirimkan paket makanan ke luar kota atau bahkan luar pulau dengan aman tanpa takut merusak kualitas. 

Bila Anda sedang mencari jasa ekspedisi murah untuk membantu pengiriman paket makanan, percayakan saja pada Troben. Melalui layanan Tropack, kami siap membantu pengiriman barang termasuk kirim makanan. Anda bisa melakukan pengiriman dengan minimum berat hanya 10 kg. Mulai pengiriman makanan Anda sekarang dengan cara pesan layanan Tropack melalui aplikasi Pengiriman Barang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel