Home » Seputar Logistik » Apa Itu Fulfillment Beserta Manfaat Dan Alur Kerjanya

Apa Itu Fulfillment Beserta Manfaat Dan Alur Kerjanya

Pengertian dan Apa Itu Fulfillment

Apa itu fulfillment Istilah tersebut merupakan hal baru tidak banyak orang yang mengetahuinya. Salah satu alasan mengapa model bisnis tersebut muncul dikarenakan maraknya kegiatan jual beli online di Indonesia. Banyaknya transaksi yang terjadi melalui e-commerce ataupun platform jual beli online, membuat banyak perusahaan dan jasa fulfillment berkolaborasi guna memenuhi kebutuhan untuk pengelolaan pesanan online.

Lantas, apa itu fulfillment apakah model bisnis tersebut penting? Secara sederhana, fulfillment merupakan salah satu proses pemenuhan pesanan pelanggan. Dalam prakteknya, fulfillment bergerak pada bagian pengelolaan pengiriman barang kepada pelanggan setelah terjadinya transaksi.

Fulfillment menjadi bagian penting dalam proses jual beli, bagi seorang pebisnis online model bisnis tersebut menjadi salah satu pilihan yang dapat memberikan kemudahan dalam proses transaksi atau pesanan masuk.

Untuk mengetahuinya secara lebih jelas detail terkait apa itu fulfillment, apa saja manfaatnya, dan bagaimana cara kerjanya, simak penjelasan berikut!

Apa itu Fulfillment & Manfaat Fulfillment

Apa itu Fulfillment & Manfaat Fulfillment

Apa itu Fulfillment & Manfaat Fulfillment

Seperti penjelasan sebelumya mengenai apa itu fulfillment, fulfillment merupakan jasa yang bergerak pada pemenuhan pesanan serta pengelolaan barang pada gudang penyimpanan. Seluruh proses tidak hanya berhenti sampai tahap penyimpanan barang, melainkan juga sampai pengiriman produk ke alamat tujuan pelanggan.

Model bisnis ini sangatlah menguntungkan bagi pebisnis online karena dapat menghemat biaya penyimpanan, pengiriman, hingga pengelolaan gudang tanpa harus menambah tenaga kerja hingga membangung gudang baru.

Selain dari sisi pebisnis, fulfillment bermanfaat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan resistensi pelanggan. Sehingga pelanggan puas dan tetap setia memesan produk online. Hal ini dapat terjadi dikarenakan model bisnis fulfillment sangat berfokus pada pemenuhan pesanan pelanggan, dengan mengedepankan pengiriman cepat dan akurat.

Baca Juga: Reefer Container: Cara Kerja, Manfaat & Kisaran Harga Terbaru

Alur Kerja Fulfillment

Fulfillment pada awalnya dirancang khusus untuk mengelola pesanan barang ukuran kecil namun dengan skala besar. Ciri pesanan tersebut, biasanya  didapat dari berbagai transaksi jual beli online.

Sehingga dalam prosesnya, fulfillment membutuhkan gudang khusus sistem perencanaan rantai distribusi yang baik guna berjalannya distribusi yang cepat dan tepat. Untuk memastikan sistem tersebut berjalan, berikut beberapa proses alur kerja fulfillment.

Baca Juga: 3 Jasa Logistik Termurah & Terbaik Di Indonesia

1. Inbound

Alur pertama adalah inbound, di mana dalam alur kerja pertama berfokus pada penjemput lalu mengirimkannya ke gudang. Tidak sesederhana itu, proses inbound ini juga mencakup beberapa hal yang dilakukan seperti pendataan, pengecekan, penerimaan, dan pembuatan laporan produk.

Baca Juga: 3 Jenis & Manfaat Fasilitas Logistik Terbaik

2. Storage

Storage

Storage

Kedua adalah storage atau penyimpanan produk pelanggan sebelum dikirimkan ke alamat pengiriman. Pengelolaan gudang ini merupakan salah satu langkah dalam menjaga kualitas barang. Dalam proses storage ini juga dilakukan penyesuaian muatan gudang agar daya tampung gudang tetap maksimal.

Baca Juga: Ketahui Sistem Logistik Dalam Pengiriman Anda

3. Outbond

Proses terakhir adalah outbond atau proses mendistribusikan dari gudang ke pelanggan. Sebelum melakukan distribusi dilakukan pengecekan & packing produk, sebelum pada akhirnya didistribusikan.

Baca Juga: Container 40 Feet: Ukuran, Jenis Fungsinya Untuk Pengiriman

Penutup

Itulah penjabaran terkait apa itu fulfillment & apakah jasa ini penting untuk keperluan pemesanan pelanggan?

Fulfillment merupakan salah satu kegiatan menguntungkan untuk seorang pebisnis online. Kegiatan transaksi seperti membeli benda kecil dengan skala besar merupakan salah satu ciri transaksi yang dilakukan dalam kegiatan jual beli online.

Sehingga diperlukan jasa yang mampu menjemput, mengelola serta mengirimkan barang tersebut ke alamat pemesanan. dengan harga yang terjangkau. Kebutuhan ini dapat terpenuhi menggunakan jasa fulfillment. melalui jasa tersebut, keperluan pemenuhan pesanan dapat terpenuhi bahkan mampu menghemat biaya operasional serta sumber daya.

Dengan memahami esensi apa itu fulfillment konsumen dapat merasakan manfaat signifikan pengalaman berbelanja mereka. Jasa fulfillment tidak hanya menyimpan barang, tetapi juga merancang proses yang memastikan pesanan tiba tepat waktu, dalam kondisi optimal dengan pengemasan yang memuaskan. Dengan demikian, konsumen bisa memiliki kepercayaan penuh terhadap perusahaan penyedia layanan, merasa yakin bahwa setiap transaksi mereka diurus dengan cermat. Proses ini tidak hanya menghilangkan kekhawatiran terkait pengelolaan barang, tetapi juga memberikan rasa nyaman juga kepuasan, membentuk fondasi kuat bagi hubungan jangka panjang antara perusahaan pelanggan.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel