Home » Seputar Logistik » Container 40 Feet: Ukuran, Jenis Fungsinya Untuk Pengiriman

Container 40 Feet: Ukuran, Jenis Fungsinya Untuk Pengiriman

Container 40 Feet

Mungkin selama ini, kita hanya melihat berbagai jenis container dengan ukuran 40 feet dan container ukuran 20 feet di pelabuhan, bahkan di tepi jalan tanpa mengetahui fungsi yang sebenarnya. Jadi, apa sebenarnya fungsi container 40 feet itu? Lalu, berapa ukuran serta harga container-container tersebut?

Perlu kita ketahui bersama, bahwa peti kemas yang sering digunakan, baik container dengan ukuran 20 feet maupun peti kemas ukuran 40 feet merupakan wadah penyimpanan berbentuk seperti peti kemas yang dapat mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu, terkadang kita juga menemukan sebuah container 40 kaki yang dijadikan booth jualan di tepi jalan.

Dari pernyataan tersebut kita dapat mengambil benang merah bahwa peti kemas 40 feet tidak hanya sekadar digunakan untuk mengangkut barang, tetapi juga memiliki fungsi lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Peti kemas 40 kaki merupakan salah satu peti kemas yang sering digunakan, dibandingkan peti kemas ukuran 20 feet.

Hal ini disebabkan karena dimensi containers shipping ukuran 40 kaki lebih memadai dalam mengangkut kapasitas yang besar. Mari telusuri lebih dalam mengenai ukuran, fungsi, serta harga peti kemas dengan ukuran 40 kaki yang menjadi pilihan utama dalam dunia logistik. Pastikan membaca artikel ini sampai habis agar Anda mendapatkan pengetahuan mengenai beberapa aspek dari peti kemas.

Ternyata Segini Ukuran Container 40 Feet 

container 40 feet

ukuran container 40 feet

Baca Juga: Reefer Container: Cara Kerja, Manfaat dan Kisaran Harga Terbaru

Selama ini, mungkin kita bertanya-tanya serta menerka-nerka mengenai ukuran peti kemas, atau dikenal dengan container-container yang kita lihat.

Terdiri dari berbagai jenis Dry Container, High Cube, Reefer Container, dan jenis lainnya, masing-masing jenis tersebut tersedia dalam dimensi peti kemas berukuran 40 kaki.

Berikut adalah detail berdasarkan standarisasi beragam jenis pet kemas.

Dry Container Ukuran 40 Feet

Pada umumnya, ukuran standar yang digunakan untuk Shipping Containers berukuran 40 Feet di industri logistik sebagai berikut.

Panjang : 40 kaki atau sekitar 12,192 meter
Lebar : 8 kaki atau sekitar 2,438 meter
Tinggi : 8,5 kaki atau sekitar 2,591 meter
Berat : 3,7 hingga 4,3 ton

High Cube Ukuran 40 Feet

Sedangkan High Cube dimensi 40 kaki dapat dibedakan dengan jenis Dry Containers melalui tinggi yang lebih besar.

Oleh karena itu, jenis varian ini lebih memadai dalam memuat barang-barang dimana memerlukan kapasitas vertikal ekstra.

Panjang : 40 kaki atau sekitar 12,192 meter
Lebar : 8 kaki atau sekitar 2,438 meter
Tinggi : 9,5 kaki atau sekitar 2,896 meter
Berat: : 4,0 hingga 4,7 ton

Reefer Ukuran 40 Feet

Memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi yang serupa dengan kedua jenis di atas, Reefer berukuran 40 Feet memiliki berat kotor dimana cenderung lebih berat.

Hal ini dikarenakan penambahan peralatan pendingin dan fitur canggih yang diperlukan untuk menjaga suhu di dalam peti kemas.

Panjang : 40 kaki atau sekitar 12,192 meter
Lebar : 8 kaki atau sekitar 2,438 meter
Tinggi : 9,5 kaki atau sekitar 2,896 meter
Berat: : 4,5 hingga 5,5 ton

Apa Fungsi Container Ukuran 40 Feet?

fungsi container 40 feet

fungsi container 40 feet

Baca Juga: Ukuran Container 20 Feet: Lengkap dengan Dimensi Berat dan Tinggi

Sebagian besar dari kita, tentunya telah mengetahui fungsi utama peti kemas, terutama peti kemas skala 40 kaki, untuk keperluan mengangkut atau menyimpan barang.

Oleh sebab itu, container adalah salah satu alat penting dalam menunjang kegiatan logistik, terutama dalam pengiriman barang melalui via kapal laut.

Memiliki standar ukuran yang sangat memadai, memungkinkan peti kemas dapat menampung jenis barang dengan volume yang besar, sehingga memudahkan pihak logistik dalam mengirimkan barang dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

Namun, perlu kita ketahui bersama bahwa selain mengangkut dan menyimpan barang, fungsi peti kemas tersebut dapat dimodifikasi menjadi beragam kegunaan yang unik serta multifungsi untuk mendukung berbagai kegiatan. Beberapa di antaranya termasuk:

Booth Jualan

Containers 40 kaki dapat disulap menjadi booth atau kios jualan di berbagai lokasi, seperti di tepi jalan atau acara-acara tertentu.

Dengan memaksimalkan peti kemas 40 feet, pelaku usaha dapat dengan mudah menata desain interior yang kreatif dalam space yang luas, sehingga ruang menjadi lebih luas dan dapat menciptakan sebuah ruang yang estetik

Kantor Minimalis

Beberapa orang memanfaatkan peti kemas sebagai kantor kecil yang memiliki modifikasi interior yang sesuai dengan desain yang diinginkan.

Pemanfaatan peti kemas sebagai ruang kerja, dapat memberikan solusi yang praktis dan serbaguna bagi pekerjaan yang memerlukan ruangan yang minimalis namun tetap estetik.

Infrastruktur Hunian

Dalam beberapa kondisi, peti kemas disulap menjadi rumah atau infrastruktur hunian lainnya oleh pelaku usaha yang menjalankan bisnis sewa penginapan.

Inspirasi tersebut telah melahirkan beberapa bisnis penyewaan hunian bernuansa peti kemas, seperti Qubika Boutique Hotel, Jeep Station Indonesia Resort, D’Cabin Mekarsari, Literooms Containers, dan bisnis sewa hunian lainnya.

Kisaran Harga Container Ukuran 40 Feet

Kisaran Harga Container 40 Feet

Kisaran Harga Container 40 Feet

Baca Juga: Ukuran Container 45 Feet: Spesifikasi Terbaru dan Terlengkap

Pada umumnya, harga peti kemas dengan berukuran sekitar 12,192 meter atau setara 40 kaki yang dijual di Indonesia sangat bervariatif.

Hal ini bergantung pada merek, spesifikasi, serta kondisi, baik bekas maupun baru.

Untuk mendapatkan informasi harga yang akurat dengan penjelasan detail mengenai kondisi serta spesifikasi, Anda dapat mengunjungi atau menghubungi penyedia layanan peti kemas di Indonesia.

Namun, dari informasi yang telah kami cerna dari berbagai jenis penyedia layanan peti kemas di Indonesia, harga jual dari peti kemas 40 kaki, seperti Dry Containers dijual kisaran 25 juta hingga 30 juta per unit.

Sedangkan High Cube berukuran sama dijual sekitar 50 juta hingga 55 juta per unit.

Lalu, Containers Office biasanya dijual kisaran 70 juta hingga 100 juta per unit, tergantung pada fasilitas tambahan yang disertakan dalam modifikasi interior.

Jasa Pengiriman dengan Ukuran 40 Feet Container Terbaik Hanya di Troben!

Jasa Pengiriman dengan 40 Feet Container Terbaik Hanya di TrawlBens!Jasa Pengiriman dengan 40 Feet Container Terbaik Hanya di TrawlBens!

Jasa Pengiriman dengan 40 Feet Container Terbaik Hanya di Troben!

Baca Juga: 7 Jenis Kapal Kargo Sering Digunakan dalam Jasa Pengiriman

Dengan mengetahui perkiraan peti kemas berukuran 40 kaki tersedia dalam berbagai jenis, Anda dapat merencanakan serta menyiapkan anggaran untuk membeli peti kemas sesuai dengan kebutuhan Anda

Demikianlah artikel mengenai ukuran, fungsi, dan harga container ukuran 40 kaki.

Dengan pengetahuan yang kami berikan ini, Anda dapat memahami peran penting peti kemas dalam dunia logistik, fleksibilitas fungsinya untuk berbagai kegunaan, serta perkiraan biaya yang harus diketahui sebelum membeli container sesuai kebutuhan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk merencanakan penggunaan containers dengan ukuran 40 kaki sesuai kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang berencana memesan segala jenis containers dalam ukuran 20 feet, 40 feet maupun ukuran 45 feet di toko yang telah Anda tuju, Anda dapat mengandalkan layanan jasa cargo murah untuk kirim container 40 feet ataupun container 20 feet dengan tarif murah.

Dengan memanfaatkan layanan Troben, Anda tidak perlu khawatir mengeluarkan uang banyak hanya demi mengirimkan container 40 feet yang Anda pesan dari layanan penyedia layanan container di Indonesia ke lokasi yang Anda tuju.

Segera download aplikasi kirim barang Troben di Play Store atau App Store sekarang atau hubungi customer service kami via WA 0813.99.000.000 untuk pengiriman container 40 feet termurah di Indonesia!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel