Home » Peluang » Bisnis Franchise: Keuntungan dan Jenis-jenisnya

Bisnis Franchise: Keuntungan dan Jenis-jenisnya

bisnis franchise

Bisnis franchise atau waralaba merupakan salah satu pilihan menarik bagi para pengusaha yang ingin memulai bisnis dengan risiko yang relatif lebih rendah. Dalam bisnis ini, pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada pihak lain (franchisee) untuk menggunakan merek, produk, dan sistem bisnis mereka dengan imbalan biaya franchise dan royalti.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, membuka bisnis franchise adalah langkah yang tepat, karena semua hal terkait bisnis mulai dari produk, harga jual, konsep bisnis hingga bagaimana cara mengelolanya akan diajarkan oleh pemilik brand.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan menjelaskan secara lengkap pengertian bisnis franchise, keuntungan, dan juga jenis-jenis bisnis franchise.

Baca Juga: Franchise Teh Poci : Harga, Cara Daftar, dan Keuntungannya

Apa Itu Bisnis Franchise? 

Bisnis franchise atau waralaba adalah model bisnis di mana pemilik usaha memberikan izin kepada pihak lain, yang disebut sebagai “franchisee”, untuk menggunakan merek dagang, sistem operasional, dan dukungan yang dimilikinya.

Seseorang yang bergabung franchise diharuskan membayar biaya awal, royalti, dan biaya iklan kepada pemilik usaha sebagai imbalan atas hak penggunaan merek dagang dan dukungan yang diberikan. Dalam bisnis franchise, pemilik usaha memberikan izin kepada franchisee untuk menjual produk atau jasa yang sama dengan merek dagang yang dimiliki oleh pemilik usaha.

Franchisee diharapkan untuk menjalankan bisnis sesuai dengan standar dan prosedur yang telah ditetapkan oleh pemilik usaha untuk menjaga kualitas merek dagang tersebut.

Dalam hal ini, pemilik usaha bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan, dukungan teknis, bahan baku, serta strategi pemasaran dan iklan kepada seseorang yang sudah membuka franchise.

Bisnis franchise bisa menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang ingin memulai bisnis tanpa harus menciptakan merek dagang atau sistem operasional sendiri dari awal. Selain itu, bisnis franchise juga dapat mengurangi resiko usaha karena merek dagang dan sistem operasional yang telah teruji dan terbukti berhasil sudah ada sebelumnya.

Baca Juga: Franchise Rocket Chicken: Syarat, Keuntungan dan Cara Mendaftarnya

Keuntungan Bisnis Franchise 

Sama seperti bisnis pada umumnya, bisnis franchise menawarkan banyak keuntungan bagi semua pihak yang terlibat, baik sebagai pemilik maupun pembeli hak bisnis franchise itu sendiri. Berikut ini merupakan keuntungan dari bisnis franchise, antara lain : 

1. Perkembangan Bisnis yang Relatif Cepat

Di Indonesia, bisnis waralaba menjadi salah satu investasi yang menjanjikan bagi mereka yang ingin memulai karir sebagai pengusaha. Dengan memilih bisnis waralaba sebagai langkah awal, Anda tidak perlu khawatir mengenai strategi bisnis karena perencanaan, sistem operasional, dan strategi telah ditetapkan oleh pemilik bisnis atau franchisor. Dengan demikian, Anda hanya perlu mengikuti sistem operasional dan prosedur yang telah ditentukan saat memasuki kerja sama bisnis waralaba tersebut.

Oleh karena itu, kemungkinan besar bisnis Anda akan berkembang dengan cepat. Keuntungan lainnya adalah Anda tidak perlu mengurus persiapan produk untuk meningkatkan valuasi bisnis waralaba Anda karena kebutuhan tersebut akan dipenuhi oleh pemilik bisnis waralaba. Biasanya, Anda hanya diminta untuk menyediakan tempat untuk menjalankan bisnis waralaba sesuai kesepakatan.

Baca Juga: Franchise Mixue: Keuntungan, Harga, dan Cara Mendaftarnya

2. Minim Branding

Keuntungan lainnya sebagai franchisee yang menjalankan bisnis waralaba adalah kurangnya kebutuhan branding atau promosi. Bisnis waralaba biasanya sudah memiliki branding yang kuat di masyarakat sehingga mudah dikenal dan sering menjadi pilihan favorit konsumen. Dengan minimnya kebutuhan promosi berkat kesadaran merek yang kuat, Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis waralaba dan mengembangkannya dengan cepat.

3. Memiliki Rekan Bisnis Profesional

Ketika Anda membeli hak pengelolaan bisnis franchise dari franchisor, pemilik bisnis waralaba tersebut secara otomatis menjadi rekan bisnis Anda. Memiliki rekan bisnis yang berpengalaman dan profesional adalah keuntungan besar saat menjalankan bisnis franchise.

Dengan franchisor sebagai rekan kerja, fasilitas dan sistem operasional dalam pengembangan bisnis Anda biasanya telah tersedia. Maka, Anda hanya perlu fokus pada operasional bisnis waralaba untuk meraih keuntungan dan pertumbuhan bisnis yang stabil. Selama menjalankan bisnis waralaba, Anda juga dapat memperhatikan berbagai aspek bisnis untuk pengembangan diri Anda sebagai pengusaha di masa mendatang.

4. Sebagai Tempat Pembelajaran Bisnis

Anda dapat menggunakan bisnis waralaba sebagai tempat untuk belajar bisnis guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan sebagai pengusaha. Dengan menjalankan bisnis waralaba sebagai langkah awal, Anda dapat memperoleh berbagai pengetahuan tentang promosi, pemasaran, pengelolaan operasional, manajemen keuangan, dan banyak lagi. 

Pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman menjalankan bisnis waralaba dapat Anda terapkan dan modifikasi untuk pengembangan bisnis Anda sendiri di masa depan.

Jenis-jenis Bisnis Franchise 

Setelah mengetahui pengertian dan juga keuntungan dari bisnis franchise, berikut ini adalah jenis-jenis bisnis franchise berdasarkan produk yang ditawarkan, antara lain : 

1. Waralaba Jasa 

Jenis waralaba yang pertama adalah waralaba jasa. Jenis franchise ini akan menjual layanan jasa tertentu. Contohnya adalah salon, tempat les atau pelatihan khusus, dan lain-lain.

2. Waralaba Produk

Bisnis waralaba ini akan menawarkan atau menjual produk atau barang tertentu. Contoh yang umumnya ditemui adalah minuman thai tea, kedai kopi, ayam goreng, kedai kebab, dan sebagainya.

3. Waralaba Campuran

Jenis waralaba yang terakhir adalah jenis bisnis waralaba yang menggabungkan waralaba produk dan jasa dalam penawarannya. Contohnya adalah salon yang juga menjual serta memiliki peralatan kosmetik sendiri.

Penutup 

Setelah mengetahui pengertian, keuntungan dan jenis-jenis franchise, tentu Anda sudah bisa menentukan jenis franchise seperti apa yang ingin dijalankan. Bila Anda butuh jasa pengiriman barang terpercaya untuk membantu pengiriman peralatan saat membuka franchise dengan tarif murah dan aman, Troben hadir dengan jasa pengiriman barang Tropack. Kunjungi halaman website kami untuk informasi lebih lanjut. Atau Download Aplikasi cargo Troben Sekarang Juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel