Home » Seputar Logistik » Cara Kerja Ekspedisi dalam Dunia Pengiriman Barang

Cara Kerja Ekspedisi dalam Dunia Pengiriman Barang

cara kerja ekspedisi

Selama beberapa tahun terakhir, mungkin Anda sering mendengar istilah layanan ekspedisi. Namun, apakah Anda benar-benar memahami arti dan cara kerja ekspedisi tersebut? 

Cara kerja layanan ekspedisi merujuk pada layanan yang berfokus pada pengiriman, mulai dari surat, produk berukuran kecil, hingga barang berukuran besar. 

Seiring dengan pertumbuhan pasar online yang pesat di Indonesia, permintaan akan layanan pengiriman barang antar kota maupun antar provinsi juga meningkat. 

Oleh karena itu, kini banyak bermunculan layanan ekspedisi. Tapi apakah penasaran bagaimana cara kerja ekspedisi? Simak informasi mengenai cara kerja ekspedisi pada uraian di bawah ini!

Pengertian Jasa Ekspedisi 

Layanan ekspedisi adalah suatu bentuk layanan yang fokus pada ekspedisi dari satu lokasi ke lokasi lain. 

Bidang layanan ini melibatkan proses pengangkutan melalui berbagai jalur, seperti jalur darat, laut, dan udara. 

Tujuan utama dari layanan ekspedisi adalah menyediakan solusi ekspedisi yang efektif dan efisien bagi konsumen. 

Pada dasarnya, jasa logistik bertanggung jawab atas kelancaran proses ekspedisi mulai dari titik awal hingga destinasi akhir. 

Proses ini melibatkan berbagai tahap, termasuk pengumpulan, pengepakan aman, pemrosesan dokumen logistik, pemilihan jalur logistik optimal, serta pengaturan dan pengelolaan logistik yang tepat. Kerja di bidang ini tentunya memerlukan pengetahuan yang berhubungna dengan dunia logistik, karena kerja dibidang ini tentu memiliki alur yang terarah. Seperti pengirim wajib membungkus paket dengan baik dan aman, selebihnya silahkan simak cara kerja ekspedisi dibawah ini!

Layanan logistik memiliki peran penting dalam mendukung aktivitas perdagangan dan distribusi. 

Dengan menawarkan solusi yang handal, jasa logistik membantu pelaku bisnis & konsumen dalam menjaga kelancaran rantai pasok dan memastikan paket sampai ke tujuan dengan tepat waktu.

Baca juga: 7 Cara Mengirim Paket Melalui Ekspedisi

Cara Kerja Ekspedisi 

Setelah memahami apa itu layanan ekspedisi, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara kerja nya, terutama jika Anda sering menggunakan jasa logistik untuk mengirimkan paket atau menerima pesanan dari marketplace. 

Perusahaan logistik umumnya menjalankan beberapa langkah sebelum melakukan pengiriman. Secara ringkas, cara kerja tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut: 

1. Memeriksa barang masuk yang akan dikirim 

Pada tahap awal cara kerja ekspedisi, dilakukan penyaringan terhadap semua kiriman yang akan dikirim. 

Pemeriksaan awal ini umumnya dilaksanakan oleh petugas di kantor cabang layanan. 

Petugas tentunya menanyakan jenis paket yang akan dikirim & memastikan tidak ada barang berbahaya. 

Setiap jasa logistik akan menolak pengiriman paket dimana melanggar hukum, sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Tentu saja, semua jasa logistik tidak ingin terlibat dalam pengiriman ilegal dari konsumen. 

2. Proses pengemasan barang 

Alur kedua pada cara kerja kedua adalah proses pengemasan barang. Walaupun konsumen telah mengemas paket sebelum menyerahkan kepada jasa pengiriman, umumnya jasa tersebut akan menambahkan kemasan tambahan untuk membedakan barang yang dikirim. 

Oleh karena itu, penting bagi konsumen untuk memberikan informasi jujur saat ditanya mengenai paket yang akan dikirimkan. 

Perlakuan terhadap paket dimana berisi pakaian pastinya akan berbeda dengan perlakuan terhadap barang pecah belah atau makanan. 

Setiap paket akan dipisahkan & dikemas dengan label sesuai dengan kontennya.

Baca juga: Cara Packing Aman Tanpa Bubble Wrap

3. Mengurus administrasi 

Alur dari cara kerja ketiga adalah proses administrasi. Sebelum dikirim, masih ada proses dimana harus diselesaikan, seperti mengurus administrasi pada pihak-pihak terkait, seperti bea cukai. 

Hal ini menjadi lebih penting, terutama jika Anda mengirimkan cargo seperti furniture dari toko atau sepeda motor. 

Tentu saja, akan ada pemeriksaan administrasi tambahan memerlukan informasi dan data diri penerima dengan lebih rinci. 

Semua hal ini akan diurus oleh pihak pengiriman sebelum semua paket dikirimkan. 

4. Pemilihan jalur pengiriman 

Pada cara kerja keempat ini, perlu dipahami jalur apa yang harus digunakan. Terdapat banyak pilihan jalur, seperti jalur darat, laut, atau udara. Pemilihan jalur ini tergantung pada jarak, waktu pengiriman diinginkan, dan jenis barang yang dikirim. 

Misalnya, barang memerlukan pengiriman cepat mungkin akan dipilih untuk dikirim melalui udara. 

Langkah terakhir melibatkan pemeriksaan kelayakan transportasi yang akan digunakan. 

Pengecekan kendaraan mencakup kondisi fisik, kondisi mesin, dan evaluasi terhadap pengemudi yang akan mengantarkan paket. 

Seperti halnya konsumen menunggu kedatangan paketnya dengan selamat, pihak pengiriman juga berkeinginan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya. 

Ini dilakukan dengan memastikan kelayakan kendaraan pengiriman dan saat kurir kerja pun akan melakukan pengiriman.

Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang cara kerja ekspedisi terpercaya, Anda kini dapat merasakan keyakinan dalam penggunaan ekspedisi untuk pengiriman barang Anda. 

Keandalan dan efisiensi menjadi kunci, dan layanan ekspedisi terpercaya siap mendukung perjalanan paket Anda dengan aman dan efektif. 

Percayakan langkah-langkah pengiriman Anda pada jasa ekspedisi terpercaya untuk pengalaman yang lebih baik dan dapat diandalkan. Sekian artikel cara kerja ekspedisi barang semoga dapat bermanfaat.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel