Home » Bisnis » Cara Menjadi Dropshipper Sukses, Yuk Ikutin!

Cara Menjadi Dropshipper Sukses, Yuk Ikutin!

cara menjadi dropshipper

Bisnis dropship adalah salah satu cara termudah untuk menghasilkan uang secara online. Dengan model bisnis ini, Anda menjual produk dari supplier sebagai produk dari toko online Anda sendiri. Peran Anda adalah menjadi jembatan antara supplier dan pembeli tanpa harus menyimpan barang yang dijual terlebih dahulu, sehingga Anda bisa lebih fokus dalam pengembangan brand dan promosi bisnis. Tentu saja ada cara menjadi dropshipper yang sukses, apalagi jika Anda masih pemula. Sistem dropship ini menarik karena bisa dijadikan pekerjaan sampingan. Selain itu, Anda tidak memerlukan modal awal untuk membeli barang dan tidak perlu mendirikan gudang. Sebagai dropshipper, Anda hanya perlu mengiklankan dan menjual barang dari supplier tanpa harus membeli atau menyimpan barangnya terlebih dahulu. Langsung aja simak artikel ini yang pastinya Anda butuhkan jika ingin menjadi seorang dropshipper, cekidot!

Pengertian Dropship dan Dropshipper

Pengertian Dropship dan Dropshipper

Pengertian Dropship dan Dropshipper

Dropship merupakan salah satu model pemasaran produk yang saat ini sedang populer karena perkembangan e-commerce dan media sosial. Dropship merupakan suatu sistem penjualan dimana penjual atau biasa disebut dropshipper hanya perlu mengiklankan dan menjual barang dari pihak lain tanpa harus membeli atau menyimpan barang tersebut. Pekerja yang memasarkan produk dropship disebut dengan dropshipper yang tugasnya menghubungkan produsen barang dengan konsumen. Dropshipper merupakan pihak ketiga dalam sistem perdagangan ini. Apakah sudah paham konsep dropship dan dropshipper? Jika sudah yuk kita lanjutkan pembahasan tentang cara menjadi dropshipper sukses.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Produk UMKM

Cara Menjadi Dropshipper

Cara Menjadi Dropshipper

Cara Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper melibatkan beberapa langkah yang dapat membantu Anda memulai bisnis tanpa harus menyimpan stok barang sendiri. Berikut adalah 10 cara menjadi dropshipper:

Melakukan Riset Supplier atau Pemasok Barang

Cara menjadi dropshipper pertama yang paling penting adalah melakukan riset terhadap supplier atau pemasok barang yang nantinya akan dijual. Mengapa Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu? Hal ini dikarenakan calon dropshipper tidak memiliki produk untuk dijual atau dipasarkan, sehingga langkah awal ini merupakan langkah penting untuk mengetahui jenis produk dan kualitas produk yang dijual.

Baca Juga:  Apa Itu Repeat Order dan Cara Meningkatkannya?

Menentukan Produk serta Niche

Cara menjadi dropshipper kedua setelah menentukan supplier yang memenuhi kriteria yang dijelaskan, dropshipper dapat memilih produk yang ingin dijual. Sebenarnya pada langkah awal seorang dropshipper sudah pasti mempunyai gambaran mengenai produk yang ingin dijualnya. Jadi supplier yang tersisa menurut kriterianya adalah supplier yang juga memproduksi barang yang ingin dijual oleh dropshipper. Selain menentukan jenis produk, dropshipper juga harus menentukan lokasinya. Sebaiknya pilih supplier yang memiliki niche yang jelas, seperti pakaian biasa, sepatu, produk kecantikan, peralatan makan, dan lain sebagainya. Fokuslah menjual satu varian produk, sehingga toko tersebut memiliki ciri khas yang mudah dikenali pembeli.

Baca Juga: Franchise Teh Solo: Keuntungan dan Tips Memulai Bisnis

Mendaftarkan Diri sebagai Dropshipper

Cara menjadi dropshipper ketiga hal merupakan langkah utama menjadi dropshipper dengan cara mendaftar menjadi dropshipper pada supplier pertama yang sudah Anda pilih. Setelah registrasi biasanya pihak supplier akan memberikan penjelasan mengenai sistem pemesanan produk, update katalog produk, proses pengiriman dan hal teknis lainnya.  Selain itu, beberapa supplier mungkin akan menyertakan dropshipper baru dengan sesama dropshipper untuk memudahkan ketika supplier ingin memberikan informasi tentang produk baru lainnya dan lain sebagainya. Lalu, jika supplier meminta biaya pendaftaran, pastikan biaya pendaftaran yang diminta sesuai dengan layanan yang akan Anda dapatkan saat menjadi dropshipper supplier tersebut.

Baca Juga: Bisnis Franchise Ralali: Keuntungan, Syarat dan Modalnya

Membangun Brand untuk Toko Online

Cara menjadi dropshipper keempat setelah Anda resmi menjadi dropshipper, mulailah membangun toko online untuk lebih menjangkau konsumen. Membangun toko online kini sudah tidak menjadi masalah karena banyak website e-commerce yang menyediakan berbagai kemudahan bagi para pemilik usaha yang ingin membuka toko onlinenya di e-commerce.

Baca Juga: 5 Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula

Menyiapkan Elemen Visual sebagai Media Promosi

Cara menjadi dropshipper kelima Elemen visual adalah ujung tombak modal penjualan online. Gambar yang menarik dan berkualitas akan menarik banyak pelanggan. Usahakan untuk menyertakan foto produk yang jelas dan detail agar memudahkan calon konsumen melihat atau mendeskripsikan produk asli dalam foto tersebut. Selain foto yang bagus, jangan lupa untuk menambahkan beberapa elemen yang dapat menjadi ciri khas brand toko online dropshipper Anda.

Baca Juga: 7 Peluang Bisnis Kargo di Indonesia dengan Profit Besar!

Melakukan Pengaturan pada Toko Online

Cara menjadi dropshipper keenam Ada beberapa e-commerce yang bisa dijadikan tempat membangun bisnis dropshipper online. Pilih satu atau beberapa situs e-commerce untuk membuat toko online dan lakukan pengaturan atau setting sesuai kebijakan e-commerce untuk membuat toko online. Tambahkan informasi penting mengenai toko online dropshipper seperti kontak, alamat, jam buka toko dan deskripsi produk yang dijual. Selain setup pada e-commerce, setup juga pada media sosial dengan menempatkan konten penting dalam draft atau highlight jika media sosial menyediakan fitur highlight.

Baca Juga: 6 Cara Membuka Usaha Cargo yang Tepat, Pasti Untung!

Melakukan Analisis Pasar

Cara menjadi dropshipper ketujuh Sama seperti Anda melakukan riset untuk supplier, lakukan juga riset untuk target pasar Anda dan kompetitor yang menjual produk serupa ke toko dropshipper. Cobalah untuk mengetahui karakter konsumen dan temukan juga pola komunikasi serta gaya pendekatan yang cocok untuk konsumen. Data ini bisa menjadi referensi bagi para dropshipper dalam memasarkan produknya. Ketika menganalisis pesaing bisnis, dropshipper dapat mengetahui informasi mengenai strategi pemasaran yang digunakan pesaing. Kemudian mencari kelebihan dan kelemahan strategi pemasaran tersebut. Dropshipper dapat memodifikasi strategi pemasaran pesaingnya dan menerapkannya pada penjualan produk yang dijualnya.

Baca Juga: Live Selling, Strategi Penjualan yang Menguntungkan!

Optimalkan Pemasaran pada Sosial Media Toko Online

Cara menjadi dropshipper kedelepan Foto menjadi salah satu faktor penting yang dapat menarik konsumen untuk akhirnya memutuskan membeli produk yang dijual oleh dropshipper. Namun, tentu saja foto bukanlah satu-satunya faktor yang mendorong Anda untuk menjual produk dropship. Oleh karena itu, para dropshipper perlu lebih giat dalam memasarkan produk. Seperti mengoptimalkan media sosial sebagai media pemasaran online selain e-commerce. Bagaimana cara mengoptimalkan pemasaran media sosial? Manfaatkan semua fitur yang ditawarkan media sosial. Misalnya WhatsApp. Instagram dan Facebook menyediakan fitur Stories. Berinteraksi aktif dengan pengikut di media sosial melalui fitur Stories, menggunakan survei atau melakukan tanya jawab melalui fitur Q&A. Melalui interaksi aktif, tenaga penjualan memperoleh informasi mengenai karakteristik konsumen, proposisi kritis, dan hal-hal penting lainnya yang dapat meningkatkan penjualan. Selain itu, fungsi-fungsi yang disediakan media sosial dapat diakses secara gratis. Oleh karena itu, dropshipper tidak perlu menambah modal untuk mengoptimalkan konten penjualannya di jejaring sosial. Baca Juga:

Membuat Website

Cara menjadi dropshipper kesembilan Membuat website untuk menunjang pemasaran produk dapat membantu mengoptimalkan penjualan. Website juga bisa dijadikan salah satu faktor untuk membuat konsumen percaya bahwa toko online yang dibuat oleh dropshipper berkualitas bukanlah toko penipu. Untuk menunjukkan bahwa toko dropshipper Anda adalah toko yang berkualitas, pastikan Anda membuat website berkualitas dan terlihat profesional.  Pastikan sistem pada website mudah diakses melalui ponsel atau komputer pribadi. Semakin sederhana dan terlihat profesional, konsumen akan semakin yakin bahwa dropshipper online adalah toko yang menjual barang berkualitas. Jika dropshipper tidak memiliki pengalaman dalam membuat atau mengelola website, gunakanlah WordPress yang lebih mudah untuk membuat toko online.  Namun, jika Anda masih kesulitan membuat website toko online, dropshipper bisa membuat landing page terlebih dahulu. Halaman arahan jauh lebih mudah dibuat dan dapat dioptimalkan untuk mendukung pemasaran dropshipper.

Baca Juga: Bisnis Import, Inilah Langkah-Langkah dan Keuntungannya!

Aplikasikanlah Strategi Promosi

Cara menjadi dropshipper terakhir yaitu adalah strategi pemasaran yang dapat meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek dan produk yang dijual di toko online dropshipping. Namun, para dropshipper membutuhkan strategi pemasaran tambahan untuk mendongkrak penjualan toko online. Promosi merupakan suatu strategi yang sangat masuk akal dan umum digunakan untuk mendorong peningkatan penjualan produk.  Ada beberapa contoh yang bisa diterapkan sebagai strategi promosi untuk mendongkrak penjualan dropshipper. Contohnya seperti bundling atau paket yang dibuat khusus dengan harga lebih murah dibandingkan saat konsumen membeli produk individual. Dropshipper juga bisa menerapkan rebate atau diskon jika konsumen sudah membeli produk dalam jumlah tertentu.  Selain itu, dropshipper juga bisa memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu. Seperti untuk pertemuan indah atau peringatan Hari Kemerdekaan dan lain-lain. Dropshipper juga dapat menjual produk edisi terbatas yang tidak akan dijual lagi setelah stok edisi terbatas habis.

Baca Juga: 5 Cara Menarik Pelanggan dalam Bisnis Online Agar Lekas Cuan

Penutup

Bisnis dropship adalah bisnis yang sedang digemari oleh banyak orang. Gimana tidak, bisnis dropship memberikan Anda kesempatan untuk memulai bisnis tanpa mengeluarkan banyak modal. Modal yang dibutuhkan sangat kecil dibandingkan usaha lainnya. Tapi tetap menghasilkan uang. Hebatnya lagi, Anda tidak perlu membeli inventaris untuk dijual, Anda tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan inventaris, dan Anda tidak perlu khawatir tentang pengepakan dan pengiriman pesanan ke konsumen.  Selain bisnis dropship, salah satu jenis bisnis yang juga menggiurkan adalah bisnis jasa pengiriman barang. Terlebih lagi saat ini iklim bisnis online di Indonesia semakin bertumbuh, sehingga permintaan akan pengiriman barang semakin meningkat. Untuk berkecimpung di bisnis ini, Anda tidak harus memiliki modal besar, karena bisa bergabung sebagai mitra saja. Salah satu perusahaan yang membuka kesempatan sebagai mitra jasa pengiriman barang terpercaya adalah Troben.  Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang hal ini, silakan berkunjung ke website troben.id. Baca Juga:

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel