Home » Seputar Logistik » 3 Contoh Packing Barang untuk Pengiriman Barang Aman

3 Contoh Packing Barang untuk Pengiriman Barang Aman

Contoh Packing Barang Aman

Dalam dinamika pengiriman barang, langkah awal agar memastikan pengiriman barang berhasil tanpa kerusakan adalah melalui proses packing cermat. Packing barang tepat tak hanya terletak pada nilai estetika, tetapi juga keamanan barang yang dapat terjaga merupakan prioritas utama. Salah satu contoh packing barang yang tepat dapat dilihat berdasarkan jenis barang yang akan dikirim.

Seperti contoh misalnya barang pecah belah. Jenis barang ini memerlukan packing yang ekstra hati-hati, jika salah, barang berpotensi pecah atau rusak. Demi mengetahui lebih dalam terkait contoh packing barang yang tepat demi memastikan keamanan barang sampai tujuan, Anda dapat membaca artikel di bawah ini. Artikel ini bisa menjadi solusi lengkap bagi Anda yang membutuhkan informasi seputar packing barang dan contoh packing barang.

Baca juga: Cara Packing TV Untuk Dikirim ke Alamat Tujuan

Pengertian Packing Barang 

Packing barang merupakan serangkaian proses pengemasan barang yang akan dikirim atau didistribusikan ke tempat lain. Packing barang bertujuan demi melindungi barang dari kerusakan akibat benturan, guncangan, perubahan suhu, atau hal-hal lain yang dapat menyebabkan kerusakan.

Keberhasilan suatu packing barang ditentukan oleh beberapa aspek, sebagai contoh seperti penggunaan material packing tepat, pengujian packaging, serta pembuatan desain packing yang mencakup ketahanan, keselamatan, serta nilai estetika packing.

Selain itu, packing juga harus mempertimbangkan keberlanjutan lingkungan dengan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan dan meminimalkan produksi sampah. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga mengurangi biaya yang terkait dengan pembuangan dan daur ulang.

Baca juga: Ini 7 Cara Packing Lemari Plastik Dijamin Aman!

3 Contoh Packing Barang Aman selama Pengiriman

Berikut terdapat 3 contoh packing barang berdasarkan 3 jenis barang, di antaranya:

1. Packing Barang Pecah Belah

Contoh packing barang pertama yaitu packing barang pecah belah. Salah satu barang pecah belah yang dapat dikirim menggunakan jasa pengiriman barang ialah piring kaca. Dalam mengetahui cara packing benar dan tepat terkait kategorisasi barang ini, mari simak contoh langkahnya berikut.

  • Gunakan Material Pelindung

Gunakan bahan pelindung seperti gelembung udara (bubble wrap) atau kertas berlapis untuk melapisi setiap piring. Pastikan setiap piring dikelilingi dengan lapisan pelindung cukup tebal.

  • Gunakan Kotak Khusus

Pilih kotak kardus khusus dengan lapisan dalam berbusa. Pastikan ukuran kotak cukup besar agar menampung piring-piring dan memberikan ruang ekstra di sekitarnya untuk lapisan pelindung tambahan.

  • Gunakan Lakban untuk Merapatkan Kotak

Pastikan kotak tertutup rapat dan perekat kuat. Tambahkan lapisan pita kertas khusus atau pita perekat bertahan lama demi memastikan kotak tetap aman selama pengiriman.

2. Packing Pakaian

Contoh packing barang selanjutnya adalah pakaian, seperti gaun. Khusus packing pakaian, terutama saat dikirim melalui layanan pengiriman, perlu memperhatikan agar pakaian tetap rapi, bersih, dan terlindungi. Berikut adalah contoh packing-nya.

  • Siapkan Kantong Plastik Transparan

Pertama, siapkan gaun dan masukkan gaun ke dalam kantong plastik transparan supaya melindungi dari debu dan kelembaban.

  • Hanger dan Kantong Kain

Selanjutnya, gantung gaun pada hanger dan tempatkan dalam kantong kain khusus untuk gaun. Kantong ini akan memberikan perlindungan tambahan terhadap goresan dan debu.

  • Kotak Kardus dengan Gaya “Wardrobe” 

Pilih kotak kardus khusus dengan desain “wardrobe”, hal ini memungkinkan gaun tetap tergantung selama pengiriman. Pastikan kotak cukup besar, sehingga gaun tidak rusak selama pengiriman.

3. Packing Barang Elektronik

Contoh packing barang terakhir adalah barang elektronik seperti laptop. Berikut adalah contoh cara packing laptop benar dan tepat.

  • Bubble Wrap

Lapisi laptop dengan bubble wrap anti-static supaya melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh listrik statis.

  • Kotak Khusus dengan Pelindung Internal

Pilih kotak khusus untuk laptop yang dilengkapi dengan pelindung internal berbahan busa khusus. Pastikan laptop pas dengan sempurna di dalam kotak.

  • Perekat Pengaman

Gunakan perekat pengaman atau stiker pengaman seperti fragile untuk menutup kotak dengan erat. Pastikan tidak ada celah atau ruang kosong di dalam kotak yang dapat membuat laptop bergerak selama pengiriman.

Baca juga: 6 Cara Packing Paket Makanan yang Aman

Bagaimana? Mudah, bukan? Itulah 3 contoh packing barang yang dapat Anda terapkan di kehidupan sehari-hari, terutama bagi Anda yang gemar mengirimkan 3 jenis barang tersebut.

Jamin keamanan barang kiriman Anda! Temukan solusi packing terbaik bagi setiap jenis barang bersama Troben. Pilih jasa pengiriman barang terpercaya sebagai contoh Troben untuk memastikan keamanan barang Anda dan menjadikan pengalaman pengiriman tanpa khawatir! Download aplikasi pengiriman Troben sekarang!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel