Home » Seputar Logistik » 7 Jenis Layanan Logistik yang Lazim di Indonesia

7 Jenis Layanan Logistik yang Lazim di Indonesia

jenis layanan logistik di indonesia

Perusahaan logistik merupakan salah satu jasa yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, perusahaan logistik ini sangat memudahkan layanan untuk kirim dan antar barang ke seluruh Indonesia. Bisnis logistik sekarang ini juga sangat berkembang pesat dan memunculkan brand-brand logistik baru.

Dalam praktiknya layanan logistik memiliki banyak jenis layanan logistik kepada customer yang ingin menggunakan layanan mereka. Jenis layanan yang ditawarkan pun bermacam-macam dan memiliki variatif harga yang berbeda-beda. Jenis jenis layanan logistik yang ditawarkan agar dapat mempermudah customer dalam mengirimkan barang.

Apakah sebelumnya Anda sudah mengetahui apa saja jenis layanan logistik? Kita lihat pembahasan dibawah ini mengenai jenis jenis layanan logistik.

7 Jenis Layanan Logistik Yang Lazim Digunakan di Indonesia

Jika Anda akan menggunakan layanan logistik untuk mengantarkan atau mengirimkan suatu barang, layanan pengiriman logistik tersebut pasti akan menawarkan berbagai jenis layanan logistik untuk mempermudah proses pengiriman barang. Dibawah ini merupakan jenis layanan logistik yang sering digunakan di Indonesia.

1. Layanan Pengiriman Cargo

Jenis layanan ini menawarkan Anda pengiriman dalam skala yang besar yang dilayani dengan armada kendaraan yang memiliki ukuran yang besar.

Untuk armada yang digunakan dalam proses pengiriman barang seperti truk, kapal hingga pesawat khusus untuk mengangkut barang cargo. Karena barang yang dikirimkan besar, Armadanya pun menggunakan armada yang besar juga.

2. Fasilitas Gudang

Jenis layanan gudang ini sangat berguna untuk customer yang ingin mengirimkan barang. Sebelum dikirimkan, barang yang Anda titipkan kepada layanan pengiriman, akan disimpan terlebih dahulu di gudang yang mereka sediakan dan sifatnya sementara.

Lokasi gudang juga memiliki tempat yang strategis agar distribusi barang yang akan dikirimkan lebih mudah.

3. Kurir

Fasilitas kurir merupakan fasilitas umum yang dimiliki kebanyakan layanan logistik. Kurir sendiri adalah orang yang akan mengirimkan barang dalam volume yang kecil, biasanya mereka datang kerumah Anda untuk mengirimkan barang Anda.

Pelayanan menggunakan kurir termasuk layanan yang cepat. Dalam sehari paket Anda akan sampai ke alamat tujuan.

4. Layanan Bongkar Muat

Apabila Anda menggunakan armada kapal untuk pengiriman via kapal laut, biasanya akan ada proses bongkar muat atau yang biasa disebut dalam bahasa inggris stevedoring.

Layanan bongkar muat merupakan layanan yang akan menyusun barang-barang Anda sebelum dikirimkan dengan kapal laut.

Tidak hanya barang Anda saja, melainkan dengan barang-barang orang lain yang nantinya akan dimasukan kedalam kapal.

5. Layanan IT (Sistem Informatif)

Hadirnya layanan ini akan sangat membantu Anda untuk mengetahui informasi mengenai barang yang Anda kirimkan. Layanan ini meliputi, proses tracking barang yang bisa Anda cek melalui smartphone atau web dari layanan logistik, sebagai laporan penting mengenai barang Anda, dapat memonitoring mengenai manajemen gudang yang dipakai.

6. Freight Forwarding

Dengan layanan ini anda dapat mengirimkan barang dalam skala dalam dan luar negeri. Layanan ini juga efisien karena menggunakan Forwarder untuk mengantarkan barang, klien yang menggunakan layanan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengurus segala prosedur pengiriman barang. Pengiriman barang meliputi udara, darat dan Laut

7. Menggunakan Pihak Ketiga

Adanya layanan pihak ketiga (third party logistics) dapat memudahkan perusahaan yang ingin mengirimkan barang.

Mereka akan bertanggung jawab atas segala prosedur pengiriman yang mereka titipkan kepada pihak ketiga meliputi, pengepakan barang, pengiriman, manajemen, pergudangan dan semua jenis layanan yang berhubungan dengan prosedur pengiriman barang.

Penutup

Bermunculannya perusahaan layanan logistik dengan berbagai brand berbeda, sangatlah membantu kita untuk mengirimkan barang dengan berbagai opsi layanan yang dapat kita pilih. Selain itu terdapat banyak jenis layanan logistik yang mereka tawarkan untuk Anda dengan segala keuntungan dan kemudahan yang bisa Anda dapatkan.

Gunakanlah layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, sesuaikan layanan dengan budget yang Anda miliki dan gunakan layanan logistik terpercaya untuk menjamin keamanan barang yang Anda kirimkan. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi mengenai barang secara detail.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel