Home » Seputar Logistik » Operator Warehouse: Penjelasan, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

Operator Warehouse: Penjelasan, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

Operator Warehouse

Seorang operator warehouse memiliki peranan penting dalam mengemban tugas dan tanggung jawab terhadap pekerjaan yang mereka kerjakan khususnya di dunia pergudangan.

Oleh karena itu sukses atau tidaknya sebuah project memiliki ketergantungan dengan teknisi acara tersebut, berlaku juga terhadap ahli gudang.

Pengiriman barang lancar dengan prosedur sesuai sangat memiliki keterlibatan kuat dengan operator warehouse.

Bagaimana sistem operasional warehouse bisa berjalan dengan baik karena peranan ahli pergudangan baik, sebaliknya pun begitu apabila operasional gudang berantakan, seorang operator warehouse tersebut perlu dipertanyakan.

Kebutuhan dari barang logistik dan ekspedisi sangatlah meningkat pada waktu tertentu, salah satu contohnya saat akhir tahun.

Pada waktu seperti itu, operator warehouse sangat memegang peran vital dalam penanganan barang masuk dan keluar. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai ahli pergudangan.

Penjelasan Profesi Operator Warehouse

Apakah sebelumnya Anda sudah mengetahui tugas dari operator warehouse? Operator warehouse bertugas sebagai seorang individu yang mengurusi segala kebutuhan berhubungan dengan warehouse. 

Setiap kegiatan yang berhubungan dengan gudang meliputi operasional warehouse, mengecek stok barang gudang, hingga melakukan komunikasi dengan bagian administrasi hingga bagian foreman.

Operator warehouse bisa juga disebut dalam bahasa Indonesia sebagai operator gudang. 

Apabila Anda tertarik dengan profesi ini, Anda perlu memiliki sifat amanah yang teguh dengan pendirian, mental kuat dan sifat kerja keras tinggi.

Bisanya seorang operator memiliki target harus diraih yang sudah ditetapkan oleh atasan maupun supervisor, karena itu diperlukan komitmen tinggi.

Baca Jua: Mengenal Profesi Admin Warehouse, Lengkap dengan Tugasnya

Jobdesk Operator Warehouse

Setelah Anda sudah memahami apa yang dikerjakan oleh profesi operator warehouse, setelah itu Anda perlu memahami, tugas atau jobdesk apa saja harus dikerjakan oleh seorang ahli gudang.

Agar Anda mengetahui lebih lengkap mengenai jobdesk harus dikerjakan operator warehouse, kami akan membahasnya pada paragraf dibawah ini.

1. Melakukan Briefing

Tugas pertama perlu dilakukan oleh seorang operator warehouse adalah bertanggung jawab untuk melakukan briefing dengan tim pengelola teknisi dan para pegawai warehouse.

Seorang operator warehouse akan bertanggung jawab terhadap pemberian tugas setiap individu dan memberikan pengarahan kepada semua tim operasional gudang.

Keberadaan dari seorang ahli gudang sangatlah penting untuk memastikan segala SOP sudah dilakukan dengan benar, sesuai dengan standar sudah ditetapkan oleh perusahaan terkait.

Semua aktivitas dan kegiatan dilakukan di gudang akan diperhatikan oleh operator warehouse untuk memastikan semuanya sudah benar.

Baca Juga: Vendor Pengiriman Barang: Pengertian, Tugas, dan Jenis

2. Penerima/Receiving

Selain bertugas untuk melakukan briefing kepada semua tim operasional warehouse, tugas yang harus dilakukan oleh seorang operator warehouse adalah sebagai penerima masuknya barang ke dalam gudang.

Seorang operator warehouse akan mengkonfirmasi barang-barang yang akan masuk ke dalam gudang untuk dikonfirmasi terlebih dahulu.

Barang-barang ini berasal dari para pelanggan yang akan mengirimkan barang mereka kepada alamat tujuan Anda maupun mereka ingin melakukan pengembalian barang.

Anda perlu memiliki sifat teliti jika menjadi seorang operator pergudangan, karena tidak boleh terlewatkan satupun barang yang masuk ke dalam gudang karena akan dicatat untuk data.

Baca Juga: Jangan Kudet! Yuk Kenali Istilah Dalam Pengiriman Barang

3. Stacker

Tugas ketiga yang perlu dilakukan oleh seorang operator gudang adalah, menyusun barang-barang berada di gudang, serta perlu mengingat setiap barang berada di dalam gudang penyimpanan.

Anda perlu memiliki daya ingat kuat sebagai seorang stacker.

Apabila Anda tidak terbiasa untuk mengingat, untuk menghindari hal tersebut Anda bisa melakukan pencatatan dari setiap barang yang masuk dan berada di dalam gudang.

Pada umumnya tuga stacker adalah mengatur setiap merchandise yang ada di perusahaan retail.

Sebab itu, penyusunan barang di gudang harus dilakukan secara efisien.

4. Picker

Seorang ahli warehouse juga bertugas dan bertanggung jawab sebagai seorang picker, Apa itu picker?

Picker adalah seorang yang memiliki tugas untuk mengambil setiap barang yang nantinya akan dikirimkan dan mempersiapkan barang-barang tersebut untuk nantinya diproses oleh tim operasional gudang. 

Barang-barang yang sebelumnya sudah di pesan, nantinya akan diambil terlebih dahulu dan akan siap untuk dikirimkan.

Biasanya seorang picker dan stacker akan bekerja sama dalam menangani barang, ini dilakukan agar mempercepat proses operasional barang yang nantinya akan dikirimkan.

Baca Juga: Cara Kerja Ekspedisi dalam Dunia Pengiriman Barang

5. Dispatcher 

Setelah proses pengambilan barang sudah dilakukan oleh seorang picker, langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah memberikan barang sudah diambil kepada seorang dispatcher.

Dispatcher bisa juga bertugas sebagai seorang transporter nantinya akan mengantarkan barang yang sudah diterima.

Penyebutan lain dari dispatcher bisa juga disebut kurir, istilah kurir sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat.

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, tugas dari seorang dispatcher adalah mengirimkan barang kepada para customer, ke alamat dituju.

Baca Juga: 3 Contoh Packing Barang untuk Pengiriman Barang Aman

Tanggung Jawab Operator Warehouse 

Operator Warehouse

Operator Warehouse

Apabila Anda sudah mengetahui apa saja tugas dari seorang operator, seperti sudah dijelaskan sebelumnya, seorang operator warehouse akan bertanggung jawab dengan kegiatan dan aktivitas operasional gudang. Berikut ini adalah list daftar tanggung jawab yang perlu dipegang oleh seorang operator pergudangan.

  1. Seorang operator warehouse akan bertanggung jawab terhadap setiap keamanan barang berada di dalam gudang. Ahli gudang akan melakukan pengamanan pada setiap barang dan memastikan tidak adanya barang hilang dan memastikan semua barang aman.
  2. Selain bertugas untuk memastikan keamanan setiap barang, operator gudang juga bertugas untuk mengetahui berapa jumlah barang berada di dalam gudang. Penghitungan terhadap jumlah barang yang tersedia di dalam gudang harus benar dan tidak terjadi kesalahan penghitungan untuk memastikan jumlah barang.
  3. Setelah itu seorang teknisi gudang juga bertugas untuk memastikan data sudah tercatat di dalam komputer sesuai dengan fakta realitas yang ada. Pencatatan data dituliskan di komputer dan jumlah barang harus sesuai dan sama.
  4. Tanggung jawab harus diemban seorang operator adalah memperhatikan setiap proses pengiriman barang sudah dilakukan dengan prosedur yang baik dan berjalan dengan baik. Operator warehouse perlu memastikan semua proses sudah dilakukan dengan benar dengan waktu tepat.
  5. Salah satu tugas berat harus dikerjakan seorang ahli warehouse adalah memastikan bahwa target yang sebelumnya sudah diberikan oleh atasan maupun perusahaan, sudah tercapai sesuai dengan keinginan perusahaan.
  6. Tugas terakhir perlu dilakukan oleh seorang teknisi warehouse adalah bertanggung jawab terhadap setiap keamanan penjagaan barang dan bertanggung jawab dalam pemeliharaan setiap barang yang ada di gudang serta meliputi kondisi kebersihan sekitar.

Setelah Anda mengetahui tugas serta tanggung jawab yang dilakukan oleh warehouse operator, Anda perlu menghormati profesi ini karena menjadi seorang operator tidaklah mudah, dibutuhkan keahlian khusus untuk menjadi ahli pergudangan.

Seorang teknisi gudang perlu memiliki kendali diri yang baik untuk mengatur segala kebutuhan gudang serta mengontrol emosi, energi dan kebutuhan gudang, karena ketiga hal tersebut dapat berkesinambungan satu sama lain. 

Jika emosi dan energi Anda keluarkan sudah habis maka Anda pekerjaan yang Anda lakukan bisa tidak maksimal dan sangat beresiko untuk terjadinya kesalahan penangan data terhadap barang di gudang.

Apabila tertarik dengan profesi operator gudang ini, Anda perlu menyiapkan mental yang kuat.

Untuk mendapatkan informasi mengenai jasa ekspedisi Troben yang menyediakan jasa pengiriman barang, silakan kunjungi website ataupun Download Aplikasi Pengiriman Barang Troben sekarang juga!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel