Home » Seputar Logistik » Pelabuhan Ciwandan: Sejarah, Fungsi, dan 3 Dampaknya

Pelabuhan Ciwandan: Sejarah, Fungsi, dan 3 Dampaknya

pelabuhan ciwandan

Pelabuhan Ciwandan merupakan sebuah pelabuhan umum yang terletak di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Provinsi Banten. Pelabuhan tersebut terletak di ujung utara dari Jalan Raya Lintas Sumatera, menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera via Selat Sunda. Dengan infrastruktur yang modern sekaligus fungsional, Pelabuhan ini menjadi bukti perkembangan pesat dalam sektor transportasi maupun perdagangan di wilayah tersebut.

Dibuka pada tahun 2008 sebagai bagian dari pengembangan Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan dibuat untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur yang semakin meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sejak berdiri, Pelabuhan tersebut telah mengalami berbagai pengembangan serta perluasan fasilitas, menjadikannya salah satu pelabuhan termodern di wilayah tersebut. Infrastruktur yang canggih, fasilitas bongkar muat barang, beserta konektivitas yang baik menjadi keunggulan dari pelabuhan tersebut.

Baca juga: Pelabuhan Bakauheni: Gerbang Strategis Pulau Sumatera

Sejarah Pelabuhan Ciwandan

pelabuhan ciwandan

pelabuhan ciwandan

Pelabuhan Ciwandan sudah ada sejak zaman Kerajaan Banten. Pada masa itu, pelabuhan tersebut menjadi pintu gerbang utama bagi Kerajaan Banten untuk melakukan perdagangan dengan berbagai negara di dunia.

Pada masa penjajahan Belanda, Pelabuhan ini terus dikembangkan. Pelabuhan ini menjadi salah satu pelabuhan penting bagi Belanda untuk mengangkut hasil bumi dari Pulau Jawa ke Eropa.

Setelah Indonesia merdeka, Pelabuhan tersebut terus dikembangkan. Pelabuhan ini menjadi salah satu pelabuhan penting bagi Indonesia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan perdagangan.

Baca juga: 5 Cara Ekspor Ikan ke Luar Negeri Dengan Harga Terbaik

Fungsi Pelabuhan Ciwandan

pelabuhan ciwandan

pelabuhan ciwandan

Pelabuhan Ciwandan memiliki berbagai fungsi untuk mendukung kegiatan ekonomi serta transportasi di Indonesia khususnya di Provinsi Banten. Pelabuhan ini memiliki berbagai fungsi, diantaranya : 

1. Fungsi Transportasi 

Pelabuhan ini melayani penyeberangan kapal feri dan LCM yang menghubungkan Ciwandan di Banten dengan Merak di Lampung. Penyeberangan ini merupakan jalur transportasi utama bagi masyarakat yang ingin berpindah dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera atau sebaliknya. 

2. Fungsi Ekonomi

Pelabuhan itu menjadi penghubung bagi berbagai aktivitas ekonomi antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Pelabuhan ini menjadi titik transit bagi berbagai komoditas barang dan jasa yang diperdagangkan antara dua pulau tersebut.

3. Fungsi Sosial

Pelabuhan tersebut menjadi penghubung bagi berbagai aktivitas sosial antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Pelabuhan ini menjadi titik pertemuan bagi berbagai komunitas dan budaya yang ada di kedua pulau tersebut.

Baca juga: 5 Cara Ekspor Daun Pisang: Negara Tujuan dan Harga Terbaik

Dampak Keberadaan Pelabuhan Ciwandan

pelabuhan ciwandan

pelabuhan ciwandan

Keberadaan Pelabuhan Ciwandan memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat di sekitarnya, diantaranya: 

1. Meningkatkan perekonomian

Pelabuhan ini menjadi salah satu motor penggerak perekonomian di Banten. Pelabuhan ini menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat di sekitarnya, baik dari sektor transportasi, perdagangan, maupun pariwisata.

2. Meningkatkan aksesibilitas

Pelabuhan tersebut mempermudah akses masyarakat di Banten untuk berpindah ke Pulau Sumatera atau sebaliknya. Hal ini dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dan mempermudah kegiatan ekonomi.

3. Meningkatkan pariwisata

Pelabuhan satu ini menjadi salah satu destinasi wisata di Banten. Pelabuhan ini menawarkan pemandangan Selat Sunda yang indah dan berbagai fasilitas, seperti restoran, hotel, dan pusat perbelanjaan.

Baca juga: 3 Cara Ekspor Arang Briket: Negara Tujuan dan Harga Terbaik 

Fasilitas Pelabuhan Ciwandan

pelabuhan ciwandan

pelabuhan ciwandan

Pelabuhan Ciwandan memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain:

1. Dermaga

Pelabuhan itu memiliki 12 dermaga, dengan 8 dermaga untuk kapal feri dan 4 dermaga untuk LCM. Kapal-kapal feri yang melayani penyeberangan di Pelabuhan tersebut memiliki kapasitas yang beragam, mulai dari 2.000 GT hingga 10.000 GT. 

2. Pangkalan Armada

Pelabuhan ini memiliki pangkalan armada untuk kapal-kapal milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Pangkalan armada ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti bengkel, gudang, dan rumah dinas.

3. Terminal Penumpang

Pelabuhan tersebut memiliki terminal penumpang untuk melayani penumpang penyeberangan. Terminal penumpang ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruang tunggu, toilet, dan kafetaria. 

4. Terminal Barang

Pelabuhan ini memiliki terminal barang untuk melayani bongkar muat barang. Terminal barang ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti lapangan penumpukan, gudang, dan crane.

Baca juga: 5 Cara Ekspor Barang ke Luar Negeri 

Demikianlah informasi mengenai Pelabuhan Ciwandan. Hadirnya pelabuhan ini membantu menggerakkan kegiatan ekonomi hingga aktivitas sosial. Pelabuhan tersebut juga menjadi jalur pengiriman barang via laut. Bila Anda mencari jasa pengiriman barang via laut, TrawLbens melayani pengiriman dengan mudah, aman, dan terpercaya. Mulai pemesanan sekarang untuk kirim barang dengan mudah melalui aplikasi kirim barang TrawLbens. 

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel