Home » Seputar Logistik » Pelabuhan Bakauheni: Gerbang Strategis Pulau Sumatera

Pelabuhan Bakauheni: Gerbang Strategis Pulau Sumatera

pelabuhan bakauheni

Pelabuhan Bakauheni merupakan salah satu pelabuhan utama di Indonesia yang berlokasi di ujung selatan Pulau Sumatera. Pelabuhan ini terletak di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Pelabuhan ini juga terletak di ujung selatan dari Jalan Raya Lintas Sumatera. 

Pelabuhan Bakauheni dikenal sebagai gerbang strategis yang menghubungkan Sumatera dengan Pulau Jawa, Pelabuhan ini memiliki peran penting dalam mendukung arus transportasi maupun ekonomi antar-pulau. 

Artikel ini akan menjelaskan sejumlah aspek terkait Pelabuhan Bakauheni, mulai dari sejarah, fungsi, hingga dampaknya terhadap perkembangan wilayah sekitar.

Baca juga: 7 Jenis Kapal Kargo Sering Digunakan dalam Jasa Pengiriman

Sejarah Pelabuhan Bakauheni

sejarah pelabuhan bakauheni

sejarah pelabuhan bakauheni

Pelabuhan Bakauheni memiliki sejarah panjang sebagai pusat kegiatan pelayaran serta perdagangan. Dibangun pada tahun 1985, pelabuhan ini telah mengalami sejumlah pembaharuan dan pengembangan untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang semakin meningkat. Awalnya, Pelabuhan ini berperan sebagai pelabuhan feri untuk menghubungkan Sumatera dengan Pulau Jawa. Seiring waktu, fasilitas dan infrastruktur pelabuhan terus ditingkatkan untuk menanggapi pertumbuhan ekonomi atau jumlah penumpang yang terus bertambah.

Pelabuhan tersebut merupakan pelabuhan penyeberangan tersibuk di Indonesia, dengan rata-rata 200.000 penumpang dan 150.000 kendaraan menyeberang setiap harinya. Pelabuhan ini melayani penyeberangan kapal feri dan LCM (Landing Craft Mechanized) yang menghubungkan Bakauheni di Lampung dengan Merak di Banten.

Pelabuhan tersebut memiliki 12 dermaga, dengan 8 dermaga untuk kapal feri dan 4 dermaga untuk LCM. Kapal-kapal feri yang melayani penyeberangan di Pelabuhan kali ini memiliki kapasitas yang beragam, mulai dari 2.000 GT hingga 10.000 GT. Pelabuhan ini menjadi penghubung bagi berbagai aktivitas ekonomi, sosial, serta budaya antara kedua pulau tersebut.

Baca juga: 7 Cara Mengirim Barang Melalui Ekspedisi 

Fungsi Pelabuhan Bakauheni

fungsi pelabuhan bakauheni

fungsi pelabuhan bakauheni

Pelabuhan Bakauheni merupakan pelabuhan penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Pelabuhan tersebut memiliki beragam fungsi yang mendukung kelancaran arus barang dan penumpang antar pulau. Fungsi utamanya meliputi:

1. Transportasi Penumpang

Pelabuhan Bakauheni menjadi gerbang utama bagi penumpang yang ingin melakukan perjalanan antar-pulau, khususnya antara Sumatera dan Jawa. Armada kapal feri yang beroperasi di pelabuhan ini menyediakan layanan transportasi yang vital bagi masyarakat ketika ingin melakukan penyebrangan. 

2. Angkutan Barang

Pelabuhan ini juga memiliki peran penting dalam mengakomodasi angkutan barang. Kegiatan ekspor dan impor antar-pulau dapat dilakukan dengan lancar melalui Pelabuhan utama Bakauheni, memfasilitasi perdagangan dan distribusi logistik secara efisien.

3. Pariwisata

Selain sebagai pusat transportasi, Pelabuhan utama Bakauheni juga memiliki potensi pariwisata. Keindahan pesisir, fasilitas rekreasi, dan kegiatan perekonomian lokal di sekitar pelabuhan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan. Di dekat Pelabuhan tersebut terdapat berbagai tempat wisata yang bisa menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Tempat wisata tersebut seperti Menara Siger, Pantai Bagus Kalianda, dan juga Pulau Sebesi.

Baca juga: 3 Jasa Logistik Termurah dan Terbaik Di Indonesia

Dampak Adanya Pelabuhan Bakauheni Terhadap Perkembangan Wilayah

pelabuhan bakauheni

pelabuhan bakauheni

Pelabuhan Bakauheni tidak hanya memiliki dampak signifikan pada sektor transportasi, tetapi juga berpengaruh terhadap perkembangan wilayah sekitarnya. Beberapa dampak positif meliputi:

1. Pertumbuhan Ekonomi

Kehadiran Pelabuhan Bakauheni menciptakan lapangan pekerjaan sehingga pertumbuhan ekonomi lokal semakin meningkat. Bisnis-bisnis terkait transportasi, perdagangan, dan pariwisata berkembang di sekitar itu.

2. Infrastruktur Pendukung

Dalam mendukung aktivitas pelabuhan, infrastruktur seperti jalan raya, terminal bus, dan fasilitas pendukung lainnya mengalami peningkatan. Hal ini memberikan dampak positif terhadap konektivitas dan aksesibilitas wilayah sekitar.

3. Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Dengan pertumbuhan ekonomi dan kesempatan pekerjaan yang dihasilkan oleh Pelabuhan Bakauheni, masyarakat sekitar dapat merasakan peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup.

Pelabuhan utama Bakauheni tidak hanya berfungsi sebagai pintu gerbang vital antar-pulau, tetapi juga memiliki peran strategis dalam pengembangan ekonomi dan infrastruktur di wilayah sekitarnya. Sebagai salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia, Pelabuhan ini terus menjadi pusat perhatian dalam mendukung konektivitas dan pertumbuhan wilayah Pulau Sumatera.

Baca juga: Pengertian Kapal Roro Beserta Jenis dan Fungsinya

Demikian informasi menarik yang membahas tentang Pelabuhan Bakauheni. Untuk pengiriman barang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera biasanya dilakukan via laut menuju Pelabuhan utama Bakauheni untuk selanjutnya dikirim ke alamat tujuan masing-masing. Bagi Anda yang berencana melakukan pengiriman barang dari Jakarta menuju Pulau Sumatera, percayakan pengirimannya melalui jasa pengiriman barang murah via laut bersama Troben. Pengiriman barang via laut menggunakan armada seperti Kapal Cargo dan Kapal RoRo. Mulai pengiriman barang dengan mudah bersama kami dengan cara download aplikasi kirim barang Troben di Play Store maupun App Store.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel