Home » Seputar Logistik » 5 Syarat Kirim Motor ke Luar Pulau

5 Syarat Kirim Motor ke Luar Pulau

5 Syarat Kirim Motor ke Luar Pulau

Apa saja syarat kirim motor ke luar pulau? Ketersediaan layanan pengiriman motor luar pulau memang menjadi kebutuhan yang tinggi bagi para pelaku usaha di sektor otomotif.

Sebagai pendukung bisnis, pemilik perusahaan motor profesional tentu perlu bekerjasama dengan jasa ekspedisi yang menawarkan pengiriman motor cepat dan aman, hingga mencapai tujuan dengan baik. 

Selain untuk kebutuhan bisnis, pengiriman motor ke luar pulau juga sering dilakukan oleh para mahasiswa baru. Mereka harus menempuh pendidikan di lokasi yang jauh dari kampung halaman, sehingga memerlukan kendaraan untuk aktivitas sehari-hari. 

Untuk mengirimkan motor ke luar pulau maka Anda dapat menyiapkan syarat kirim motor ke luar pulau. Apa saja syarat kirim motor tersebut? Simak pada poin berikut!

Baca Juga: 5 Cara Mengirim Paket Ke Luar Kota yang Perlu Dipersiapkan

Syarat Kirim Motor ke Luar Pulau

Inilah beberapa persiapan wajib mengenai syarat kirim motor ke luar pulau:

  1. Syarat kirim kendaraan ke luar pulau pertama, siapkan STNK asli dan masih aktif 
  2. Fotokopi KTP 
  3. Syarat kirim kendaraan ke luar pulau ketiga, pastikan motor dalam keadaan terkunci
  4. Surat jalan dari kepolisian dan fotokopi BPKB untuk pengiriman ke daerah tertentu 
  5. Syarat kirim kendaraan ke luar pulau terkahir, kosongkan tanki bahan bakar minyak dan melepas kabel aki untuk mencegah terjadinya kebakaran ketika proses pengiriman motor.

1. Sediakan KTP

Ini adalah syarat pertama dimana harus dipenuhi saat mengirim kendaraan ke luar pulau, yaitu menyiapkan STNK asli & masih aktif. Pada syarat pertama ini, STNK asli diperlukan sebagai bukti kepemilikan dan legalitas motor. Syarat ini sangat penting guna melengkapi data pengirim.

2. Fotokopi KTP

Syarat selanjutnya diperlukan fotokopi KTP sebagai salah satu persyaratan pengiriman kendaraan ke luar pulau. Fotokopi KTP digunakan untuk identifikasi pemilik motor. Syarat kedua ini diperlukan untuk melengkapi administrasi.

3. Surat Jalan dari Kepolisian dan Fotokopi BPKB

Syarat ketiga ini dibutuhkan surat jalan dari kepolisian dan fotokopi BPKB untuk pengiriman kendaraan ke daerah tertentu. Surat ini mungkin diperlukan untuk administrasi dan keamanan saat motor melintasi daerah-daerah tertentu. Jika syarat ini tidak terpenuhi maka besar kemungkinan Anda tidak diijinkan mengirim motor ke luar pulau.

4. Tanki Bahan Bakar Minyak

Syarat terakhir ketika ingin mengirim motor ke luar pulau yaitu perhatikan tanki bahan bakar minyak. Sebelum mengirimkan motor ke luar pulau, tanki bahan bakar minyak harus dikosongkan dan kabel aki dilepas. Syarat terakhir ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran selama proses pengiriman kendaraan.

Untuk mengirimkan kendaraan antar kota, Anda dapat memanfaatkan layanan ekspedisi kendaraan melalui jalur darat, seperti kereta api, truk, trailer, dan mobil box dengan dimensi besar. 

Namun, jika ingin mengirimkan kendaraan luar pulau, disarankan untuk menggunakan jasa pengiriman barang melalui jalur laut atau udara.

Baca Juga: 5 Cara Kirim Paket Koper dengan Aman Sampai Tujuan

Tips Aman Kirim Motor Antar Pulau

Pengiriman motor luar pulau memerlukan estimasi waktu cukup lama, dimana dapat meningkatkan risiko goresan pada bodi kendaraan selama proses pengiriman. 

Agar kendaraan dapat sampai ke tempat tujuan dengan aman, berikut adalah beberapa tips pengiriman motor luar pulau dimana perlu diikuti: 

1. Lakukan Packing Motor dengan Benar

Agar bodi motor terhindar dari goresan selama proses pengiriman, pastikan Anda melakukan pengepakan kendaraan dengan teliti, khususnya pada bagian-bagian yang penting.
Anda juga dapat memilih layanan ekspedisi menawarkan jasa pengepakan motor luar pulau agar keamanan kendaraan Anda lebih terjamin.

2. Service Motor

Terkadang, beberapa hambatan muncul selama proses pengiriman tidak dapat dihindari, baik itu berupa masalah teknis maupun perubahan cuaca dimana tidak terduga. 

Kondisi ini dapat menyebabkan pengiriman kendaraan tidak selalu tepat waktu. Pastikan kendaraan Anda berada dalam kondisi baik dan prima. 

3. Pastikan Sambungan Listrik Motor Telah Terputus

Selain melakukan servis, Anda juga perlu memastikan bahwa motor tidak terhubung ke aliran listrik. 

Tip ini dapat mencegah penyalahgunaan kendaraan oleh perusahaan pengiriman kendaraan yang tidak bertanggung jawab.

4. Pilih Jasa Ekspedisi Terpercaya

Tips terakhir adalah memilih jasa ekspedisi yang dapat dipercaya. Saat ini, ada banyak perusahaan ekspedisi yang mengklaim berbagai keunggulan. 

Agar tidak keliru dalam memilih, Anda dapat melihat daftar perusahaan ekspedisi yang sudah memiliki pengalaman dalam mengirimkan kendaraan ke luar pulau.

Baca Juga: 6 Cara Membungkus Paket dengan Kardus, Anti Ribet!

Kriteria Ekspedisi Profesional Terpercaya

Untuk membantu Anda dalam memilih jasa ekspedisi yang sesuai, berikut adalah beberapa kriteria jasa ekspedisi profesional yang dapat Anda pertimbangkan: 

1. Memiliki legalitas

Untuk mengirim barang berharga seperti motor, mobil, dan perhiasan, pastikan Anda memilih perusahaan ekspedisi dimana telah memiliki badan hukum dan izin usaha. 

Hal ini bertujuan agar pengiriman barang berharga dapat dilakukan dengan keamanan yang terjamin.

2. Memiliki Cabang di Seluruh Indonesia

Jasa ekspedisi yang telah berpengalaman umumnya memiliki cabang di setiap daerah di Indonesia. 

Hal ini bertujuan untuk mempermudah pelanggan di berbagai wilayah melakukan pengiriman barang.

3. Memiliki Situs Resmi

Jasa pengiriman barang yang dapat dipercaya umumnya memiliki situs resmi dimana sudah menyediakan berbagai informasi mengenai profil perusahaan, tarif, fasilitas, dan berbagai promo menarik. 

Anda juga dapat menemukan testimoni dari pelanggan yang telah menggunakan layanan ekspedisi tersebut.

4. Menawarkan Asuransi

Ketika hendak mengirim barang, perusahaan ekspedisi yang profesional umumnya menawarkan layanan asuransi sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan yang tidak diinginkan selama proses pengiriman. 

Meskipun menambahkan biaya sedikit, ini akan memberikan jaminan keamanan untuk barang yang Anda kirim.

5. Menawarkan Harga Kompetitif

Hindari tergoda oleh perusahaan ekspedisi yang menawarkan harga terlalu rendah, karena mungkin tidak sebanding dengan fasilitas yang disediakan. Pilihlah perusahaan ekspedisi yang menawarkan harga kompetitif sekaligus menyediakan fasilitas sesuai standar operasional pengiriman barang luar pulau.

Kirim Motor ke Luar Pulau Lebih Murah di Troben

Apabila Anda sedang mencari perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman motor profesional untuk pengiriman kendaraan atau kebutuhan logistik lainnya, Anda dapat memanfaatkan layanan dari perusahaan ekspedisi Troben telah terbukti kepercayaannya oleh banyak pelanggan. Download aplikasi kirim barang dari Troben sekarang!

Baca Juga: 6 Cara Kirim Paket COD Agar Aman Sampai Tujuan

Nah itulah tadi penjelasan mengenai syarat – syarat kirim motor ke luar pulau dan harus dipersiapkan. Semoga artikel ini dapat menjadikan rujukan bagi Anda ketika mau melakukan kirim motor ke luar pulau.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel