Home » Seputar Logistik » 5 Cara Mengirim Motor ke Luar Pulau yang Aman

5 Cara Mengirim Motor ke Luar Pulau yang Aman

Cara Mengirim Motor ke Luar Pulau Aman

Saat pindahan rumah, ada banyak barang yang perlu yang dipindahkan termasuk pengiriman motor. Motor menjadi salah satu kendaraan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu mobilitas. Jika Anda ingin mengirimkan motor ke luar pulau, maka perlu mengetahui cara mengirim motor ke luar pulau.

Mengirimkan motor ke luar pulau memerlukan persiapan mulai dari persiapan dokumen, persiapan kondisi motor, hingga memilih jasa pengiriman motor yang akan membantu pengirimannya. Dalam artikel berikut ini, kami akan memberikan informasi tentang berbagai cara mengirim motor ke luar pulau, dan juga tips memilih jasa pengiriman motor terpercaya. Untuk itu, baca terus informasi dibawah ini!

Baca juga: 7 Cara Mengirim Furniture ke Luar Kota dengan Aman

Cara Mengirim Motor ke Luar Pulau

cara mengirim motor ke luar pulau

cara mengirim motor ke luar pulau

Bagi Anda yang akan mengirimkan motor ke luar pulau, ada beberapa cara mengirim motor ke luar pulau, diantaranya : 

  • Persiapkan Kelengkapan Surat

Saat Anda ingin mengirimkan motor ke luar pulau, cara mengirim motor ke luar pulau adalah Anda perlu menyiapkan kelengkapan surat. Kelengkapan surat ini dibutuhkan supaya pengiriman motor berjalan dengan lancar dan aman. Kelengkapan surat juga menjadi identitas dari motor, sehingga sangat dibutuhkan. Anda perlu mempersiapkan kelengkapan surat seperti STNK asli, fotocopy KTP, fotocopy BPKB dan surat jalan dari kepolisian. 

  • Periksa Kondisi Mesin dan Body Motor

Setelah itu, sebelum motor dikirim ke luar pulau. Cara mengirim motor ke luar pulau kedua, Anda perlu memeriksa kondisi motor mulai dari mesin hingga body motor. Bahkan Anda bisa melakukan service motor terlebih dahulu untuk memastikan motor dalam keadaan prima selama pengiriman hingga sampai ke alamat tujuan. 

Selanjutnya, Anda juga perlu mengosongkan tangki bahan bakar pada motor. Karena jika masih terdapat bensin malah bisa membahayakan saat pengiriman berlangsung. Anda juga bisa cek seluruh bagian motor, bagian mana saja yang sudah ada baret atau lecet atau malah body motor masih mulus.

  • Packing Motor dengan Benar dan Aman

Pengiriman motor membutuhkan waktu yang lama berhari-hari bahkan lebih. Motor yang dikirim tentu akan mengalami guncangan baik di dalam truk maupun kapal saat penyebrangan. 

Untuk melindungi motor tetap aman selama pengiriman, maka cara mengirim motor ke luar pulau ketiga, Anda harus melakukan pengemasan motor menggunakan berbagai material packing. Berbagai jenis packing bisa digunakan untuk melindungi body motor seperti bubble wrap, kardus, karung, hingga kayu. Pastikan packing dilakukan dengan rapi dan seluruh body motor tertutupi dengan aman untuk melindungi motor dari baret maupun lecet. 

  • Gunakan Asuransi Pengiriman

Cara mengirim motor ke luar pulau selanjutnya, ketika Anda mengirimkan motor ke luar pulau. Lengkapi dengan asuransi pengiriman yang terpercaya. Kita tak pernah tahu hal buruk apa yang akan terjadi selama pengiriman. Sehingga, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti motor hilang atau bahkan rusak selama pengiriman, maka Anda perlu menggunakan asuransi pengiriman. 

Asuransi pengiriman ini akan memberikan rasa tenang selama pengiriman. Jadi, jika terjadi kerusakan atau bahkan motor hilang saat pengiriman, maka pihak asuransi akan bertanggung jawab akan hal tersebut. 

  • Gunakan Jasa Pengiriman Motor Terpercaya

Mengirimkan motor ke luar pulau memang bisa dilakukan sendiri, namun hal tersebut akan sangat repot dan melelahkan. Anda akan kehilangan banyak waktu bahkan tenaga. Sehingga Anda bisa mencari bantuan jasa pengiriman motor untuk mengirimkan motor ke luar pulau.

Cara mengirim motor ke luar pulau terakhir, gunakan jasa pengiriman motor terpercaya yang memberikan keamanan dan juga keuntungan pada Anda saat mengirimkan motor.

Baca juga: Ingin Kirim Barang Murah? Ini Dia Caranya!

Tips Memilih Jasa Pengiriman Motor 

Untuk Anda yang sedang mencari jasa pengiriman motor terpercaya, berikut ini merupakan tips memilih jasa pengiriman motor yang bisa Anda lakukan  : 

  • Memiliki Legalitas

Tips pertama, carilah jasa kirim motor yang memiliki legalitas. Pastikan perusahaan ekspedisi yang Anda pilih untuk mengirimkan motor sudah berbadan hukum dan memiliki izin usaha. Hal ini bertujuan agar pengiriman motor terjamin keamanannya. 

  • Memiliki Situs Resmi

Jasa pengiriman motor profesional biasanya memiliki situs website yang resmi. Situs website tersebut menjadi sumber informasi yang menampilkan profil perusahaan, fasilitas yang ditawarkan hingga tarif pengiriman motor. 

Untuk itu, Anda perlu memilih perusahaan pengiriman motor yang memiliki situs resmi. Dari website perusahaan tersebut Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang siapa saja pelanggan yang sudah menggunakan layanan pengiriman motor. 

  • Memiliki Jaringan Pengiriman yang Luas

Tips lainnya yang perlu Anda lakukan saat mencari jasa pengiriman motor ialah carilah perusahaan yang memiliki jaringan pengiriman yang luas ke seluruh Indonesia. Dengan begitu, Anda akan mudah untuk mengirimkan motor ke manapun tujuan yang diinginkan. 

  • Menawarkan Asuransi Pengiriman

Kemudian, Anda juga perlu memilih jasa pengiriman motor yang menawarkan asuransi pengiriman. Biasanya biaya pengiriman motor di luar dari biaya pengiriman, namun hal tersebut tak menjadi masalah asalkan motor yang dikirim tetap aman selama pengiriman berlangsung. 

  • Menawarkan Tarif Pengiriman yang Kompetitif

Saat ini tak sulit bagi Anda mencari jasa pengiriman motor. Ada banyak jasa pengiriman motor yang menawarkan tarif murah, namun Anda perlu berhati-hati, karena bukan tarif pengiriman saja yang perlu diperhatikan tetapi juga layanan yang ditawarkan. Carilah jasa kirim motor yang menawarkan tarif kompetitif dengan fasilitas sesuai standar pengiriman motor antar pulau. 

  • Menawarkan Layanan Packing Motor

Ketika mengirimkan motor Anda memang bisa untuk mengemas motor sendiri. Namun tentunya ada standar packing yang harus dipenuhi saat mengirim motor ke luar pulau. Sehingga, bila Anda sedang mencari jasa pengiriman motor, carilah yang menawarkan layanan packing motor.

Baca juga: 7 Cara Mengirim Barang Melalui Ekspedisi 

Demikianlah informasi tentang cara mengirim motor ke luar pulau dan juga tips yang bisa Anda lakukan saat mencari jasa pengiriman motor. Bila Anda sedang mencari jasa pengiriman motor  murah dan aman untuk mengirimkan motor ke luar pulau. Percayakan saja pengiriman motor kesayangan Anda pada Troben.

Troben memiliki berbagai layanan unggulan termasuk akan membantu Anda untuk mengirimkan motor. Pengiriman motor bersama Troben jadi makin mudah berkat berbagai keunggulan yang ditawarkan seperti layanan door to door, layanan asuransi, layanan packing hingga kemudahan proses pemesanan. Untuk Anda yang ingin mengirim motor ke luar pulau bisa dimulai hanya dari aplikasi Pengiriman Barang dan Mobil di Troben.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel