Home » Seputar Logistik » Ukuran Container 20 Feet: Lengkap dengan Dimensi Berat dan Tinggi

Ukuran Container 20 Feet: Lengkap dengan Dimensi Berat dan Tinggi

Ukuran Container 20 Feet

Pernahkah Anda mendengar istilah seperti ukuran container 20 feet, 40 feet, atau 45 feet High Cube? Namun, apakah Anda mengetahui dimensi, berat, dan tinggi spesifik dari berbagai jenis container tersebut?

Mengenali dimensi ukuran container 20 feet menjadi syarat utama untuk kirim barang agar perhitungan kapasitas muatan lebih akurat.

Terkhusus untuk ukuran 20 feet juga sering digunakan untuk pengiriman. Penting untuk memahami spesifikasi ukuran dan dimensi container 20 feet ketika Anda mengirimkan kargo.

Container ukuran 20 feet sangat populer karena kemudahan manuver dan bobot ringannya. Beberapa orang bahkan menggunakan ukuran 20 feet untuk membuat kabin kecil yang dapat digunakan sebagai bagian dari struktur bangunan lebih besar.

Namun, kira-kira berapa ukuran 20 feet? Apa saja kelebihan dari 20 kaki ini? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Menghitung Kubikasi dan Berat Volume Barang Furniture

Ukuran Container 20 Feet

ukuran container 20 feet

ukuran container 20 feet (Sumber: jatiekpres.co.id)

Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya, pembuatan container atau peti kemas harus mematuhi persyaratan teknis yang ditetapkan oleh Organisasi Standarisasi (ISO). Meskipun demikian, ukuran dalam satuan kaki mungkin kurang akrab karena jarang digunakan di Indonesia.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai spesifikasi ukuran 20 feet baik secara eksternal maupun internal, disajikan dengan menggunakan standar meter. Berikut adalah tabel dengan penjelasan lengkap mengenai ukuran 20 feet:

Aspek Ukuran Container 20 Feet
Panjang 20 kaki (6.09 meter)
Lebar 8 kaki (2.44 meter)
Tinggi 8.5 kaki (2.59 meter)
Volume Internal 1,170 kaki kubik (33.1 meter kubik)
Pintu Lebar 7.6 kaki (2.29 meter)
Pintu Tinggi 7.5 kaki (2.28 meter)
Kapasitas Muatan Bruto Sekitar 24,000 kg (53,000 pound)
Tipe Pintu Pintu geser atau pintu buka ke samping
Kelebihan Berat Kosong Sekitar 2,300 kg (5,070 pound)
Area Palka 33.2 meter persegi (305 kaki persegi)

Container 20 feet merupakan salah satu tipe container standar yang sering digunakan dalam transportasi kargo laut dan darat.

Karena kurannya kompak membuatnya ideal untuk jasa ekspedisi cargo dalam jumlah sedang dan cocok untuk berbagai jenis barang.

Keunggulan Penggunaan Ukuran Container 20 Feet

kelebihan menggunakan container ukuran 20 feet

kelebihan menggunakan container ukuran 20 feet (Sumber: containerone.net)

Terdapat berbagai jenis layanan yang dapat dipilih dalam pengiriman paket, seperti yang biasanya ditawarkan oleh berbagai jasa ekspedisi lainnya, dan salah satunya adalah metode pengiriman dengan menggunakan ukuran 20 feet.

Biasanya, metode ini digunakan oleh individu atau bisnis yang memerlukan pengiriman barang dalam jumlah atau volume besar agar dapat dilakukan secara efisien dan sederhana. Lalu, bagaimanakah karakteristik pengiriman dengan metode ini?

Baca Juga: Reefer Container: Cara Kerja dan Kisaran Harga Terbaru

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika menggunakan ukuran 20 feet untuk pengiriman kargo. Beberapa di antaranya adalah:

Biaya Pengiriman Lebih Ekonomis

Pengiriman kargo container dengan metode FCL (Full Container Load) dapat menggunakan ukuran 20 feet atau 40 feet. Mengirim barang secara FCL memiliki sejumlah keuntungan, seperti biaya pengiriman lebih terjangkau dan barang tidak dicampur dengan kiriman lain.

Cocok untuk Berbagai Kebutuhan

Dengan ukuran sekitar 6 meter dan lebar 2 meter, ukuran 20 feet dapat digunakan untuk berbagai keperluan dengan jenis cargo beragam. Mulai dari bahan industri, plat baja, makanan segar hingga bahan kimia, semuanya dapat diakomodasi dengan container ukuran 20 feet ini.

Kemudahan Pemindahan

Ukuran standar container 20 feet membuatnya lebih mudah untuk dipindahkan oleh petugas, baik saat berada di kapal, pelabuhan, maupun truk pengiriman.

Baca juga: Harga Container dan Jenisnya dengan Ukuran yang Beragam

Prosedur Pengiriman Barang Menggunakan Ukuran Container 20 Feet

Prosedur Pengiriman Barang dengan Container Ukuran 20 Feet

Ukuran container 20 feet untuk pengiriman barang

Berikus prosedur pengiriman kargo dengan ukuran 20 feet agar Anda tidak salah dalam melakukan pengiriman:

Identifikasi Alamat Asal dan Tujuan Pengiriman

Jasa ekspedisi saat ini menawarkan layanan penyewaan kontainer ukuran 20 feet di seluruh Indonesia. Penting untuk menentukan alamat asal dan tujuan pengiriman agar biaya pengiriman dapat dihitung dengan akurat, memungkinkan perhitungan total biaya pengiriman kargo.

Periksa Biaya Pengiriman Kontainer

Harga menjadi faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Menggunakan jasa ekspedisi kontainer lebih ekonomis dan praktis daripada memiliki truk kontainer sendiri, karena ini mengurangi beban biaya tambahan.

Hitung Volume Barang Kiriman

Sebelum menggunakan ukuran 20 feet, buatlah daftar barang kiriman dan hitung volume kubiknya. Terkadang konsumen tidak menyadari kubikasi barang kiriman, oleh karena itu, disarankan untuk melakukan survei oleh tim agar tidak terjadi kesalahan dalam kapasitas container.

Penempatan Barang (Stuffing)

Tentukan lokasi penempatan barang sebelum pengiriman untuk memperlancar proses. Hal ini akan membuat proses menjadi lebih cepat dan efisien.

Pilih Jenis Barang yang Akan Dikirim

Sebelum memulai pengiriman, penting untuk mengetahui jenis-jenis kargo yang termasuk dalam daftar pengiriman, seperti General Cargo atau barang untuk pindahan rumah.

General Cargo

Kargo umum dalam pengiriman, seperti alat rumah tangga, pakaian, tekstil, peralatan kantor, alat olahraga, dan kebutuhan sehari-hari. Meskipun tidak memerlukan perlakuan khusus, harus tetap memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Pindahan dengan Container

Barang pindahan rumah, seperti tempat tidur, lemari, peralatan dapur, mesin cuci, meja makan, peralatan elektronik, kulkas, dan peralatan mandi. Container dengan ukuran feet yang besar memudahkan pindahan yang memiliki bobot dan jumlah yang besar.

Kirim Mobil melalui Container

Beberapa orang ingin mengirimkan mobil untuk kepentingan pribadi atau tugas pekerjaan. Container dengan feet yang besar adalah pilihan yang aman untuk mengirimkan mobil karena dimensinya yang luas, meningkatkan keamanan selama pengiriman.

Layanan Pengiriman Menggunakan Ukuran Container 20 Feet

Layanan Pengiriman Menggunakan Ukuran Container 20 Feet

Jasa ekspedisi umumnya menyediakan metode pengiriman menggunakan kontainer ukuran 20 feet, yang dapat dilakukan melalui jalur darat atau trucking.

Mereka juga menyediakan truk khusus untuk kirim dengan kontainer, bertujuan untuk memberikan pengiriman yang lebih aman dan lancar. Beberapa layanan umum yang ditawarkan oleh berbagai jasa ekspedisi:

Door To Door

Dalam ekspedisi cargo, layanan door to door merupakan konsep di mana barang yang akan dikirim diambil langsung dari lokasi pelanggan dan diantarkan hingga tiba di tangan penerima di tujuan.

Layanan ini sangat cocok bagi pelanggan yang menginginkan kenyamanan dan kecepatan dalam proses pengiriman.

Port To Port

Layanan port to port mirip dengan door to door, tetapi perbedaan mendasarnya adalah layanan ini tidak mencakup pengambilan barang dari lokasi pelanggan.

Pelanggan harus membawa barang ke kantor ekspedisi sendiri dan mengurus semua dokumen seperti DO, THC, BL secara mandiri.

Setelah barang sampai di tujuan, barang disimpan di gudang pelabuhan atau bandara cargo, dan penerima bertanggung jawab untuk mengambilnya dengan menggunakan transportasi pribadi.

Kelebihan dari layanan port to port melibatkan minimnya ongkos kirim dan kemampuan untuk lebih cermat dalam memantau barang saat diantarkan ke kantor ekspedisi.

Door To Port

Layanan door to port melibatkan kirim kargo dari alamat pengirim ke pelabuhan atau bandara.

Proses ini mencakup pengambilan barang oleh petugas ekspedisi menggunakan kendaraan tertentu ke lokasi pengirim sebelum dikirimkan.

Kelebihan dari layanan door to port adalah pelanggan tidak perlu mengantar barang ke lokasi pelabuhan dan dapat mengirim kargo dengan biaya yang terjangkau.

Port To Door

Layanan port to door adalah kebalikan dari door to port. Dalam hal ini, pengirim mengantarkan barang ke pelabuhan atau bandara, dan jasa ekspedisi mengurus pengiriman dari pelabuhan atau bandara ke gudang atau lokasi yang diinginkan penerima barang.

Layanan ini memberikan kemudahan pada penerima barang dan membantu mengurangi kesulitan bagi pengirim.

Sewa Truk Container Ukuran 20 Feet di Troben Aja!

Troben menghadirkan solusi transportasi terdepan dengan menyediakan layanan sewa truk container ukuran 20 feet.

Keunggulan ini memberikan keleluasaan bagi bisnis atau individu yang membutuhkan ruang pengiriman ekstra.

Dengan fitur canggih dalam aplikasi kami, Anda dapat dengan mudah memilih truk container yang tepat, memantau status pengiriman secara real-time, dan menikmati layanan yang efisien dan terpercaya.

Sewa truk container di Troben adalah pilihan terbaik untuk memastikan pengiriman Anda berjalan lancar dan tepat waktu.

Baca juga: Ukuran Container 45 Feet: Spesifikasi Terbaru dan Terlengkap

Demikianlah penjelasan secara lengkap tentang ukuran container 20 feet dan keuntungan yang dapat diperoleh pelanggan ketika menggunakan layanan kontainer ukuran 20 feet dalam proses kirim kargo.

Penggunaan kontainer ukuran 20 feet ini memang menjadi favorit dan juga andalan bagi banyak pengirim maupun jasa ekspedisi lainnya. Karena selain menawarkan harga yang relatif murah, kontainer satu ini juga cocok bagi Anda yang ingin kirim barang dengan bobot tidak terlalu berat.

Sehingga cocok bagi pebisnis pemula yang belum perlu mengirimkan kargo dengan jumlah sangat besar. Namun, berbeda dengan kontainer di atasnya. Biasanya digunakan bagi mereka yang ingin kirim barang dengan jumlah sangat banyak dan berat.

Nah, bagi Anda yang memerlukan jasa pengiriman dalam jumlah banyak dan besar, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman barang dari Troben. Download aplikasi ekspedisi cargo Troben atau hubungi CS kami sekarang untuk memesan layanan!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel