Home » Seputar Logistik » Rincian Harga Batu Kali 1 Truk dan Jenis-Jenisnya

Rincian Harga Batu Kali 1 Truk dan Jenis-Jenisnya

harga batu kali 1 truk

Ketika membangun sebuah rumah, dibutuhkan material untuk membuat pondasi kuat, kokoh, dan tahan lama salah satunya batu kali. Bagi Anda yang ingin membeli batu kali dalam jumlah banyak, penting mengetahui harga batu kali 1 truk. Bebatuan kali terbentuk dari tiga cara mulai dari pelapukan batuan lain, pengendapan dan juga aktivitas biogenik.

Dalam proses pembangunan, biasanya batuan kali dipasang bersama dengan mortar yaitu campuran antara pasir, semen, dan juga air. Untuk Anda yang ingin membangun rumah, batuan tersebut sangat mudah ditemukan di toko material.

Lalu apa saja jenis bebatuan kali dan keuntungan menggunakan bahan mentah ini dalam proses pembangunan rumah? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel jenis, keunggulan dan harga batu kali 1 truk di bawah ini.

Baca Juga: Harga Batu Split 1 Truk Terbaru 

Jenis-Jenis Batu Kali untuk Bahan Bangunan

jenis jenis batu kali 1 truk

jenis jenis batu kali 1 truk (Sumber foto: jasapengaspalan.co.id)

Terdapat dua jenis bahan material ini yang umum digunakan sebagai material pondasi rumah. Berikut ini adalah penjelasan jenis material tersebut. Pahami perbedaannya, supaya Anda bisa menentukan jenis bebatuan kali mana yang cocok untuk pondasi rumah.

1. Batu Kali Bulat

Jenis yang pertama batuan kali bulat. Bahan pondasi ini memiliki bentuk bulat dan permukaan halus. Jenis material ini mudah ditemukan di sungai. Sayangnya karena memiliki tekstur yang halus, bahan mentah ini sulit untuk menempel dengan kuat pada mortar.

2. Batu Kali Belah

Selanjutnya ada jenis kerakal kali belah. Bahan mentah jenis ini memiliki ukuran lebih besar, sehingga saat akan digunakan perlu dihancurkan mencapai ukuran 30-40 cm. Material ini mudah ditemukan di pegunungan atau sungai.

Berbeda dengan batuan jenis bulat yang memiliki permukaan halus, batuan kali belah memiliki permukaan kasar, jadi mortar bisa menempel dengan kuat.

Baca Juga: Daftar Harga Pasir 1 Truk & Jenis Pasir Bangunan 

Kisaran Harga Batu Kali 1 Truk Terbaru

harga batu kali 1 truk

harga batu kali 1 truk terbaru

Setelah mengetahui jenis-jenis batuan ini, bagi Anda yang berencana untuk membeli bebatuan ini untuk material pondasi rumah. Berikut ini adalah kisaran harga bebatuan kali 1 truk, diantaranya :

  1. Harga Batuan kali belah : Rp185.000 – Rp350.000 per m3.
  2. Harga Batuan kali 1 Pick Up : Rp700.000 – Rp1.000.000
  3. Harga Batuan kali 1 truk engkel 3,3 m3 : Rp1.100.000 – Rp1.500.000
  4. Harga Batuan kali 1 truk colt diesel : Rp1.500.000 – Rp1.800.000
  5. Harga Batuan kali 1 truk  tronton 25 m3 :  Rp230.000 – Rp300.000 per m3

Perlu diketahui bahwa informasi diatas hanya harga kisaran. Karena harga material ini sejumlah 1 truk akan berbeda-beda tergantung daerah, kualitas, dan juga kondisi pasar. Jika Anda membelinya dengan jumlah besar untuk proyek pembangunan, tentu nilai yang didapatkan bisa lebih murah.

Baca Juga: Berikut Rincian Harga Tanah Urugan 1 Truk 

Keunggulan Batu Kali untuk Pondasi Rumah

harga batu kali 1 truk engkel

keunggulan batu kali untuk pondasi bangunan

Sebagai pondasi untuk pembuatan rumah, bebatuan kali mempunyai berbagai keunggulan, diantaranya:

1. Risiko Terjadinya Kebocoran Kecil

Dengan penggunaan bebatuan ini yang dipasang dengan benar, risiko terjadinya kebocoran pada bangunan dapat diminimalisir. Ini berarti bangunan Anda akan lebih terlindungi dari masalah seperti pertumbuhan jamur, risiko banjir, dan kebocoran gas alam.

2. Proses Pemasangan Mudah

Pembuatan pondasi menggunakan batuan relatif lebih mudah dibandingkan dengan jenis pondasi lainnya. Anda hanya perlu menggunakan campuran semen dan pasir sebagai tambahan bahan. Tidak diperlukan peralatan berat atau peralatan khusus, sehingga dapat menghemat biaya dan waktu.

3. Memperkuat Struktur Bangunan

Pondasi batuan kali dikenal karena kekuatannya yang tahan lama. Penggunaannya dapat memperkuat struktur bangunan Anda, menjadikannya lebih kokoh dan awet selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Harga Truk Canter Dengan Ongkir Lebih Hemat

4. Efisiensi Waktu dalam Pemasangan

Proses pemasangan pondasi bebatuan ini biasanya lebih cepat daripada menggunakan material lain. Tentunya bagi bangunan tinggi, material ini jadi lebih efisien untuk membuat pondasi.

5. Tahan Terhadap Gempa

Batuan kali memiliki daya tahan yang tinggi terhadap guncangan, seperti gempa bumi. Dengan teknik pemasangan yang tepat, pondasi material tersebut dapat menjadi sangat tangguh terhadap getaran dan guncangan.

6. Fleksibilitas Batu Kali

Kemampuan penyesuaian batuan jenis ini dengan ukuran bangunan membuatnya sangat fleksibel. Fondasi yang menggunakan batu tersebut mampu menopang beban dengan baik, mengurangi ketidakakuratan perhitungan dalam pondasi.

7. Harga yang Terjangkau

Penggunaan jenis bebatuan ini tidak membutuhkan bahan material yang mahal. Campuran semen dan pasir relatif terjangkau. Selain terjangkaunya harga, pemasangan tidak memerlukan peralatan berat yang juga dapat menghemat biaya.

Baca Juga: Harga Hebel 1 Truk Beserta Kelebihannya

Berapa Kubik Batu Kali untuk Pondasi?

Setelah mengetahui harga batu kali 1 truk, kini saatnya Anda mengetahui berapa kubik batu jenis ini untuk pondasi sebuah bangunan. Untuk menentukan berapa kubik material yang dibutuhkan untuk pondasi.

Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor seperti ukuran pondasi yang diinginkan, jenis tanah di lokasi tersebut, dan beban bangunan yang akan didukung oleh pondasi.

Umumnya, kubikasi batu kali yang dibutuhkan dapat dihitung dengan mengalikan panjang, lebar, dan kedalaman pondasi dengan volume spesifik bahan pondasi yang digunakan.

Namun, untuk perkiraan kasar, misalnya, jika Anda memiliki pondasi dengan ukuran 1 meter x 1 meter x 1 meter (1 kubik meter), dan Anda menggunakan batu ini dengan ukuran rata-rata.

Anda mungkin memerlukan sekitar 1,5 hingga 2 kubik batuan tersebut untuk tiap kubik meter pondasi. Namun, ini bisa bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan sebelumnya.

Dalam menghitung jumlah material ini agar lebih tepat sesuai kebutuhan, Anda memerlukan timbangan truk untuk membantu menghitung sekaligus mengangkut material. Timbangan truk merupakan perangkat penting dalam bidang logistik dan transportasi.

Timbangan truk juga dapat memastikan kualitas angkutan atau material yang digunakan. Walaupun begitu, timbangan truk juga menjadi poin penting dalam pengangkutan material karena memerlukan kelengkapan sesuai regulasi yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Berapa Harga Batu Pondasi 1 Truk? Simak Di Sini Yuk!

TrawLbens Menyediakan Jasa Angkut Batu Kali Murah dan Aman

Setelah mengetahui jenis, keuntungan menggunakan material serta harga batu kali 1 truk, untuk membantu angkut batuan kali tentu membutuhkan armada pengangkutan yang kuat dan tangguh. Jasa sewa truk milik TrawLbens hadir dengan layanan TrawLtruck yang menyediakan jenis armada truk terlengkap dan harga sewa yang bersaing.

Kami siap membantu pengangkutan barang dengan mudah melalui berbagai layanan TrawLtruck seperti layanan penjemputan barang, asuransi pengiriman, TKBM, dan juga sistem pelacakan secara real time. Sewa truk kami sekarang dengan mudah hanya dari aplikasi pengiriman barang TrawLbens!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel