Home » Seputar Logistik » 5 Jenis Mobil Angkut Barang untuk Pengiriman 

5 Jenis Mobil Angkut Barang untuk Pengiriman 

mobil angkut barang

Memilih mobil angkut barang yang sesuai dan tepat merupakan salah satu langkah penting dalam memudahkan proses pengiriman barang.  Selain itu, pemilihan kendaraan secara tepat juga dapat menjamin keamanan barang sampai ke tujuan tanpa kekurangan sedikit pun. 

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk memilih kendaraan pengangkut barang yang sesuai. Hal ini seringkali mengakibatkan keadaan barang saat diterima dalam keadaan rusak, bahkan sudah tidak dapat digunakan lagi. 

Oleh karena itu, guna menghindari rasa kecewa, mari kita perhatikan beberapa tips dalam memilih kendaraan pengangkut barang dengan tepat.

Apa itu Mobil Angkut Barang?

Mobil angkut barang adalah kendaraan yang dirancang khusus untuk mengangkut barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Kendaraan ini memiliki berbagai bentuk dan ukuran, serta dilengkapi dengan berbagai fitur sesuai dengan jenis barang yang akan diangkut.

Mobil angkut barang dapat berupa truk, van, pickup truck, atau kendaraan lainnya yang memiliki ruang kargo cukup untuk membawa barang-barang dengan aman dan efisien.

Mobil angkut barang sangat penting dalam rantai pasokan dan distribusi, digunakan dalam berbagai industri seperti logistik, perdagangan, konstruksi, pertanian, dan manufaktur.

Mereka membantu memindahkan barang dari produsen atau distributor ke konsumen akhir atau titik penjualan lainnya. Dengan berbagai jenis dan kapasitas, mobil angkut barang memungkinkan transportasi barang dalam jumlah besar maupun kecil, serta memfasilitasi pengiriman barang dengan kecepatan dan efisiensi yang diperlukan dalam aktivitas bisnis modern.

Tips Memilih Mobil Angkut Barang yang Tepat

tips memilih mobil angkut barang

tips memilih mobil angkut barang

Berikut beberapa tips dalam memilih mobil angkut barang secara tepat. 

1. Efisiensi dan keamanan pengiriman 

Sebagai langkah pertama, pilihlah kendaraan pengangkut barang yang dapat menjamin keamanan barang, baik selama proses pengangkutan maupun saat diterima oleh pelanggan. 

Keamanan pengiriman juga dapat dinilai dari fitur-fitur yang dimiliki oleh layanan pengiriman tersebut. Oleh karena itu, untuk memperoleh keyakinan lebih, Anda dapat menanyakan hal ini kepada jasa ekspedisi yang Anda pilih. 

2. Kapasitas muatan yang sesuai 

Terdapat beragam opsi kendaraan pengangkut barang. Anda hanya perlu memilih kecocokan armada dengan kapasitas muatannya. Seleksi armada yang melebihi kapasitas muatan hanya akan mengakibatkan hambatan dalam proses pengiriman. Selain itu, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan barang atau memperlambat proses pengiriman.

3. Ketersediaan fitur pengamanan 

Pengiriman barang dengan risiko kerusakan tinggi, seperti barang berbahan kaca, umumnya memerlukan perlindungan khusus. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih layanan pengiriman yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan tersebut agar Anda merasa lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: Perbedaan Derek dan Towing Dalam Proses Pengangkutan Mobil!

5 Jenis Mobil Angkut Barang 

 

Kendaraan mobil angkut barang ini dirancang untuk memudahkan proses pengiriman barang dari satu lokasi ke lokasi lain, dengan memperhatikan ukuran besar dan beratnya. Ingin mengetahui variasi mobil angkut pada umumnya? Berikut adalah berbagai jenis mobil angkut barang yang sering dimanfaatkan oleh layanan pengiriman. 

1. Mobil box

mobil box

mobil box angkut barang kecil

Kendaraan logistik berjenis mobil box sering digunakan karena memiliki muatan besar oleh para pebisnis. Penggunaan mobil box dianggap lebih aman karena dapat melindungi barang dari perubahan cuaca selama proses pengiriman. 

Mobil box memiliki variasi beragam, antara lain mobil box CDD, mobil box CDE, mobil fuso box, dan mobil tronton wingbox. 

2. Truk kontainer

truk kontainer

truk kontainer angkut barang

Seperti namanya, truk kontainer adalah jenis mobil angkut yang dirancang khusus untuk membawa kontainerNamun, apa sebenarnya kontainer itu? Kontainer adalah wadah untuk mengirim barang atau peti kemas. Umumnya, kontainer tersedia dalam berbagai ukuran.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jasa Towing Mobil Terbaik Cek Sekarang!

3. Truk engkel

truk engkel

truk engkel cocok untuk angkut barang

Truk engkel pada dasarnya dilengkapi dengan bak di bagian belakang. Biasanya, kapasitas maksimal yang dapat diangkut oleh mobil engkel mencapai 2,5 ton, dengan dimensi panjang, lebar, dan tinggi sekitar 3 m x 1,6 m x 1,6 m. 

Dengan daya maksimal mencapai 100 PS pada 3400 rpm, mobil engkel mampu membawa beban lebih besar dibandingkan mobil angkut barang lainnya seperti mobil pick-up dan mobil van.

Baca Juga: Apa Itu Towing Mobil Beserta Fungsi dan Cara Kerja

4. Pick up

mobil pick up

mobil pick up angkut barang

Mobil pick-up merupakan varian kendaraan mobil angkut barang yang dilengkapi dengan bak terbuka di bagian belakangnya. Pickup Bak tersebut berfungsi sebagai tempat untuk mengangkut barang. Mobil angkut barang ini umumnya banyak digunakan untuk keperluan niaga atau komersial.

5. Mobil towing

mobil towing

mobil towing untuk angkut mobil

Mobil towing merupakan kendaraan yang dirancang untuk mengangkut satu jenis mobil di bagian belakangnya. Oleh karena itu, mobil towing biasanya digunakan untuk proses kirim mobil baik dalam jarak dekat maupun jauh. 

Akibatnya, ongkir menggunakan mobil towing cenderung lebih tinggi. Penggunaan mobil towing sangat bermanfaat ketika Anda menghadapi situasi darurat seperti banjir. Hal ini karena mobil dapat diangkut oleh bak truk atau diturunkan sejajar dengan jalan.

Baca Juga: 5 Cara Kirim Mobil Dengan Aman Beserta Persyaratannya

Mobil angkut barang memegang peran penting dalam mendukung berbagai kegiatan ekonomi. Dengan memahami tips memilih dan jenis mobil angkut barang yang tepat, Anda dapat memaksimalkan manfaat dari penggunaan mobil angkut barang untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan aktivitas kirim barang. 

Bila mencari jasa pengangkutan barang atau jasa sewa truk pastikan jasa tersebut telah terpercaya sehingga tidak membuat Anda khawatir ketika menggunakannya. Yuk gunakan Aplikasi sewa truk dari TrawLbens!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel