Home » Seputar Logistik » 5 Pengusaha Ekspedisi di Indonesia, No 3 Paling Inspiratif

5 Pengusaha Ekspedisi di Indonesia, No 3 Paling Inspiratif

Semakin besarnya bisnis online di Indonesia, maka semakin besar pula peluang bisnis ekspedisi. Perusahaan ekspedisi ini menjadi jasa yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk membantu pengiriman barang. Tak heran makin banyak pengusaha ekspedisi bermunculan. 

Di Indonesia, sudah banyak pengusaha ekspedisi yang memiliki perusahaan jasa logistik dan cargo. Apalagi dengan perkembangan teknologi, pengusaha ekspedisi ini bahkan membuat jasa ekspedisi berbasis aplikasi untuk memudahkan proses pemesanannya. 

Lalu, siapa saja pengusaha ekspedisi di Indonesia? Apa saja keunggulan dari perusahaan ekspedisi tersebut sehingga layanannya paling banyak digunakan masyarakat? Mari kita kulik perjalanan pengusaha ekspedisi tersebut. Yuk, simak pemaparan kami!

5 Daftar Pengusaha Ekspedisi di Indonesia 

Inilah 5 daftar pengusaha ekspedisi di Indonesia, kegigihan dan kerja kerasnya patut ditiru hingga bisa menjadi pengusaha sukses seperti sekarang.

1. Soeprapto Soeparno

Soeprapto Soeparno

Soeprapto Soeparno menjadi salah satu pengusaha ekspedisi paling sukses. Soeprapto Soeparno menjadi founder dari dua ekspedisi besar di Indonesia yaitu TIKI dan JNE. Ekspedisi TIKI berdiri sejak tahun 1 September 1970. 

TIKI hanya melayani pengiriman dalam negeri. Karena ingin mengembangkan bisnis di ranah internasional, maka Soeprapto Soeparno mendirikan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang dikenal dengan JNE pada 26 November 1990.

Meninggalnya Soeprapto Soeparno pada tahun 2015, sejak saat itu TIKI dan JNE dipegang oleh Mohammad Feriadi Soeprapto yang menjabat sebagai Presiden Direktur JNE sejak tahun 2015. Mohammad Feriadi Soeprapto adalah salah satu anak kandung Soeprapto Soeparno.

Baca juga: 7 Cara Mengirim Barang Melalui Ekspedisi

2. Theodore Parmadi Rachmat 

Theodore Parmadi Rachmat 

Theodore Parmadi Rachmat adalah pengusaha ekspedisi sekaligus pemilik perusahaan ekspedisi PT Tri Adi Bersama atau yang dikenal dengan Anteraja. Perusahaan ekspedisi ini sejak tahun 2019. 

PT Tri Adi Bersama merupakan anak perusahaan dari Adi Sarana Armada yang berfokus pada bidang logistik. Meskipun masih baru, Anteraja berhasil bersaing karena menjadi penyedia jasa pengiriman berbasis teknologi yang menyediakan beragam layanan pengiriman barang dan dokumen.

3. Beni Syarifuddin

beni syarifudin

Pengusaha Ekspedisi ternama selanjutnya adalah Beni Syarifuddin. Mantan Cleaning Service ini merupakan pengusaha ekspedisi sekaligus juga pemilik perusahaan ekspedisi dan cargo dari PT Klik Logistics Putera Harmas atau Klik Logistics. Klik Logistics sukses menjadi perusahaan pengiriman barang skala besar sejak tahun 2009. 

Keunggulan dari perusahaan cargo ini adalah biaya pengiriman yang sangat murah, sehingga sangat membantu UMKM untuk pengiriman barang ke seluruh Indonesia. Setelah sukses dengan Klik Logistics, Beni Syarifuddin mendirikan perusahaan logistik dan cargo bernama PT TrawLbens Teknologi Anak Indonesia pada tahun 2020. 

Troben memanfaatkan perkembangan teknologi dengan menciptakan aplikasi kirim barang untuk mempermudah proses pemesanan. Dengan berbagai layanan seperti Troben Pack, Troben Truk, dan Troben Carier. Troben berkomitmen untuk membantu pertumbuhan ekonomi negara, dengan menghadirkan jasa pengiriman dengan tarif yang murah dan proses pemesanan mudah.

4. Jet Lee

jet lee

Jet Lee merupakan salah satu pengusaha ekspedisi dari perusahaan PT Global Jet Express atau yang dikenal J&T Express.  Perusahaan ekspedisi yang berpusat di Indonesia ini merupakan perusahaan ekspedisi multinasional dan beroperasi di beberapa negara seperti Vietnam, Malaysia, Kamboja, Singapura.

Selain Jet Lee, founder lain dar J&T adalah Tony Chen yang merupakan founder dari OPPO. Berdiri sejak tahun 2015, J&T Express telah melayani pengiriman barang ke seluruh Indonesia.

Baca juga: Kenali Perbedaan Logistik Dan Ekspedisi Ini Agar Tidak Salah

5. Rusdi Kirana

rusdi kirana

Pengusaha Ekspedisi ternama di Indonesia selanjutnya adalah Rusdi Kirana. Rusdi Kirana merupakan pemilik perusahaan maskapai penerbangan Lion Air. Pemilik Lion Air ini memperluas bisnisnya ke sektor ekspedisi dengan mendirikan anak perusahaan bernama Lion Parcel. Lion Parcel bertujuan untuk melayani UMKM sebagai target pasarnya. 

Lion Parcel atau PT Lion Express milik Rusdi Kirana berdiri sejak 14 Februari 2013. Perusahaan ini menyediakan layanan first, middle, dan last mile untuk pengiriman baik dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga: Macam-Macam Ekspedisi Untuk Pengiriman Barang

Itulah beberapa nama pengusaha ekspedisi di Indonesia. Perusahaan ekspedisi memiliki peranan yang sangat penting untuk menggerakkan roda perekonomian nasional. Perusahaan ekspedisi berperan dalam menghubungkan produsen dan konsumen di seluruh pelosok negeri, sehingga barang dapat terdistribusi dengan lancar.

Pengusaha ekspedisi juga turut berperan dalam meningkatkan daya saing produk-produk lokal di pasar global. Dengan menyediakan layanan pengiriman yang cepat dan terjangkau, pengusaha ekspedisi membantu para pelaku usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel