Home » Seputar Logistik » Pengertian Cargo dan Jenisnya yang Mudah Dipahami

Pengertian Cargo dan Jenisnya yang Mudah Dipahami

Pengertian Cargo

Pengertian cargo mungkin masih banyak orang bingung apa itu cargo beserta bedanya dengan ekspedisi. Hal pertama mungkin tercetus ketika memikirkan tentang pengiriman barang dengan muatan besar.

Semakin meningkatnya pertumbuhan bisnis serta infrastruktur kota membuat jasa cargo juga berkembang dengan pesat.

Pertumbuhan ekonomi yang cepat ini tentu membutuhkan pendistribusian yang baik. Padahal kirim dengan muatan besar untuk jarak jauh bukanlah suatu hal mudah untuk dilakukan.

Agar bisa memanfaatkan layanan cargo dengan baik, maka penting bagi Anda untuk mengetahui lebih detail tentang jasa cargo.

Pengertian Cargo

Pengertian Cargo yaitu berbagai macam benda muatan besar dikirimkan lewat beberapa jalur seperti darat, laut dan udara. Cargo memiliki jarak tempuh kirim cukup jauh, biasanya meliputi antar kota, antar provinsi, serta antar negara.

Sekarang, sudah banyak jasa cargo tersedia serta menawarkan ketentuan berbeda-beda pada proses kirim muatannya.

Semua benda dalam muatan besar bisa dikirimkan dengan layanan cargo, kecuali benda-benda pos maupun bagasi penumpang.

Baca Juga: Produk Perishable: Pengertian, Jenis, Cara Aman Packingnnya

Perbedaan Cargo & Ekspedisi

Sama-sama bergerak dalam jasa kirim benda, tentu banyak yang masih penasaran dan ingin mengetahui perbedaan dari ekspedisi dan cargo.

Ekspedisi merupakan jasa kirim ditujukan untuk muatan kecil, bisa berupa benda satuan maupun muatan dengan berat di bawah 5 kg.

Sementara itu, cargo adalah jasa kirim yang ditujukan untuk benda dalam jumlah besar dan banyak. Biasanya rata-rata berat muatan cargo berada di atas 10 kg dalam satu paket.

Cargo lebih sering dipakai untuk mengirim benda besar seperti mobil, bahan industri, beserta rumah ketika pindahan.

Cargo umumnya membutuhkan waktu kirim sekitar 3 hingga 15 hari, sedangkan ekspedisi bisa lebih cepat. Hitungan tarif pengirimannya pun berbeda. Ekspedisi biasanya menggunakan tarif per kilo dan cargo berdasarkan berat minimum yang telah ditentukan.

Baca Juga3 Contoh Packing Barang Aman

Jenis Cargo

Dalam proses pengiriman barangnya, cargo menggunakan tiga jenis layanan pengiriman yang bisa dipilih oleh pelanggan sesuai kebutuhan.

– Cargo via Darat

Pengertian cargo via darat akan mengirimkan benda dengan alat tranportasi berupa mobil, truk, maupun kereta api logistik.

Pengertian jasa pengiriman cargo via darat biasanya dipilih apabila benda mendukung pengiriman melalui jalur darat dengan jarak tempuh yang masih bisa dicapai oleh jenis transportasi tersebut. Misalnya saja pengiriman benda antar kota di Pulau Jawa.

Meski begitu, ada juga yang tetap menggunakan jasa cargo via darat untuk pengiriman ke pelosok pulau yang cukup sulit dijangkau karena tarifnya lebih murah. Selain itu, cargo darat memudahkan proses tracking sehingga benda lebih aman dari kerusakan.

Baca Juga7 Cara Mengirim Benda Melalui Ekspedisi

– Cargo via Laut

Pengertian cargo via laut adalah layanan pengiriman barang juga menawarkan jalur laut. Layanan ini ditujukan untuk benda muatan besar dengan jarak tempuh cukup jauh, misalnya pengiriman mesin industri dengan tujuan kota di pulau berbeda.

Layanan cargo laut ini cukup banyak diminati karena ketersediaan ruang penyimpanan di kapal cukup luas. Selain itu, pengiriman cargo melalui jalur laut hampir tidak memiliki batasan. Secara tarif pun, cargo via laut lebih terjangkau dari pengiriman melalui dua jalur lainnya.

Namun, Anda perlu bersabar sebab cargo via laut membutuhkan waktu pengiriman cukup lama dalam satu kali perjalanan. Barang-barang tidak mendukung lewat pengiriman cargo darat maupun udara pun bisa diatasi dengan pengiriman cargo via laut.

Sebagai contohnya, cargo laut mendukung pengiriman barang-barang mengandung zat berbahaya seperti cairan kimia maupun barang mudah meledak.

Baca Juga6 Cara Packing Paket Makanan

– Cargo via Udara

Pengertian cargo via darat dalam layanan cargo udara, pesawat terbang merupakan jenis transportasi digunakan untuk mengangkut barang.

Untuk dapat menjalankan tugasnya dalam layanan cargo, pesawat terbang harus dilengkapi dengan Surat Muatan Udara atau Airwaybill.

Cargo via udara merupakan layanan pengiriman memprioritaskan kecepatan sehingga jenis cargo ini cocok bagi Anda yang ingin mengirimkan muatan dalam waktu 2 hingga 3 hari saja.

Namun, perlu diperhatikan adalah cargo udara memiliki tarif pengiriman cukup mahal.

Selain itu, jumlah muatan yang bisa dikirimkan lewat cargo udara juga terbatas. Cargo ini tidak terlalu cocok untuk pengiriman muatan besar.

Saat ini, banyak perusahaan penerbangan memasarkan jasa pengiriman barang via udara ini.

Baca JugaBegini Cara Membuat Kardus Packing Aman

Jenis Barang-Barang Cargo

Pengiriman cargo pada umumnya dilakukan untuk barang dengan jarak tempuh cukup jauh. Maka, barang dikirimkan melalaui cargo dibagi ke dalam dua jenis.

– General Cargo

Pengertian cargo General Cargo ini berisi barang kiriman reguler yang tidak membutuhkan penanganan khusus dalam proses pengirimannya.

Meski begitu, barang tersebut wajib memenuhi syarat agar mendukung pengepakan dan bisa dimasukkan ke dalam kompartemen cargo.

Baca JugaInilah 7 Tips Kirim Barang Murah. Pebisnis Wajib Tahu!

– Special Cargo

Pengertian cargo special cargo adalah jasa pengiriman menerima barang-barang dengan penanganan khusus. Penyedia layanan cargo biasanya memiliki cara penanganan tersendiri agar barang-barang tersebut tidak membahayakan maupun mengganggu proses pengiriman.

Berikut adalah beberapa contoh benda membutuhkan penanganan khusus dan bisa dikirimkan dengan layanan cargo.

Baca JugaIni 7 Cara Packing Lemari Plastik Dijamin Aman!

1. Flammable Goods

pengertian flammable goods yaitu barang mudah terbakar. Barang ini masuk pada kategori ini bisa berupa padat, gas, maupun cair.

Baca JugaInilah 7 Tips Kirim Barang Murah. Pebisnis Wajib Tahu!

2. Perishable Goods

pengertian perishable goods yaitu barang mudah hancur maupun membusuk selama dalam perjalanan. Untuk itu, pengiriman barang ini harus disertai dengan bahan pengawet sehingga barang tersebut bisa bertahan hingga sampai ke alamat tujuan. Contoh barang yang masuk ke dalam jenis ini adalah buah-buahan dan tanaman hidup.

Baca JugaIni 7 Cara Packing Lemari Plastik Dijamin Aman!

3. Fragile Goods

pengertian fragile goods yaitu barang yang mudah pecah, misalnya peralatan rumah tangga terbuat dari kaca atau hiasan berbahan keramik dan porselen.

Baca JugaCara Packing TV Untuk Dikirim ke Alamat Tujuan

4. Valuable Goods

Pengertian valuable goods yaitu barang berharga di dalamnya terdapat unsur kimia seperti perhiasan, logam mulia, serta dokumen berharga.

5. Explosive Material

Pengertian explosive material yaitu barang mudah meledak karena di dalamnya terdapat kandungan zat kimia, misalnya amunisi.

6. Irritant Material

Pengertian irriatant material yaitu bahan mengandung zat perangsang. Cargo adalah layanan pengiriman juga mampu menangangi barang seperti ini agar tetap aman dan tidak merangsang benda lainnya. Alkohol dan spritus adalah contoh bahan yang masuk dalam kategori ini.

7. Oxidizing Material

Pengertian oxdizing material yaitu benda mudah terbakar jika bereaksi dengan bahan atau benda yang lain. Contohnya adalah peroksida dan nitrat.

8. Magnetized Material

Pengertian magnetized material yaitu benda yang mengandung unsur magnet sehingga perlu penanganan khusus agar tidak menimbulkan daya tarik pada benda lain selama perjalanan seperti kompor dan loudspeaker.

9. Radioactive Material

Pengertian radioactive material yaitu benda mengandung zat radioaktif seperti bahan-bahan untuk kebutuhan nuklir.

10. Wet Freight

Pengertian wet freight adalah benda berupa cairan maupun padat yang bercampur dengan cairan lain sehingga selama perjalanan harus disimpan di dalam kontainer agar tetap awet dan aman, misalnya daging segar dan telur.

11. Live Animal

Pengertian live animal yaitu hewan hidup dikirim melalui udara seperti sapi, kuda, anjing, dan burung.

12. Human Remains

Pengertian human remains adalah jenazah manusia dikirim lewat udara baik yang masih berupa jasad utuh, maupun sudah dikremasi atau dibalsem.

Cargo adalah layanan memudahkan proses kirim muatan skala besar. Ketahui kelebihan dan kekurangan masing-masing opsi cargo agar bisa memilih layanan terbaik.

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel