Home » Seputar Logistik » 5 Perbedaan Pengiriman Reguler dan Kargo. Lebih Cepat Mana?

5 Perbedaan Pengiriman Reguler dan Kargo. Lebih Cepat Mana?

Perbedaan Pengiriman Reguler dan Kargo

Masih bingung mana lebih cepat yang mana antara pengiriman reguler dan kargo? belum tau juga perbedaan pengiriman reguler kargo?

Kebutuhan untuk mengirim barang baik dengan menggunakan pengiriman reguler atau cargo kini semakin hari semakin meningkat, hal tersebut karena adanya kemajuan teknologi, mobilitas tinggi, dan pemerataan pembangunan infrastruktur yang diterapkan pada tiap lini bisnis.

Distribusi dapat Anda pilih antara dua ekspedisi yaitu reguler maupun kargo. Sebelum mengirim, alangkah baiknya apabila Anda tahu apa saja perbedaan pengiriman reguler dan kargo. Cek di sini!

Apa itu Pengiriman Kargo

Pengiriman Kargo

Jasa pengiriman kargo adalah ekspedisi pengiriman  barang dengan penetapan berat minimal sehingga tak semua jenis benda bisa dikirim. Ekspedisi satu ini sangat sesuai apabila Anda ingin mengirim benda denga berat skala besar.

Pengiriman kargo adalah proses logistik penting dalam menghubungkan produsen dengan konsumen di seluruh dunia. Ini merupakan perjalanan melibatkan transportasi barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya, seringkali melibatkan moda transportasi seperti kapal laut, pesawat terbang, atau truk. Layanan muatan ini tidak hanya tentang memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain, melainkan juga melibatkan perencanaan, pengemasan, koordinasi cermat untuk memastikan barang sampai dengan aman dan tepat waktu.

Proses pengiriman kargo dimulai dari titik asal, di mana barang-barang dikumpulkan diberi label dengan informasi diperlukan. Setelah itu, barang-barang tersebut dimuat ke dalam kendaraan transportasi yang sesuai dengan jenis dan jarak perjalanan. Pengemasan  menjadi kunci untuk melindungi barang dari kerusakan selama perjalanan.

Selama pengiriman, pemantauan terus-menerus dilakukan untuk memastikan bahwa barang tiba sesuai jadwal dalam kondisi yang baik. Teknologi canggih seperti pelacakan satelit serta sistem manajemen inventaris membantu mempermudah proses ini. Pihak logistik juga sering kali berurusan dengan regulasi dan persyaratan pabean untuk memastikan kelancaran perjalanan melintasi batas negara.

Penting untuk memahami bahwa layanan distribusi jenis ini bukan hanya urusan bisnis, tetapi juga memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen di seluruh dunia. Dengan mengoptimalkan proses layanan, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional memberikan layanan lebih baik kepada pelanggan. Dengan demikian, layanan ini menjadi tulang punggung bagi rantai pasok global, menghubungkan berbagai pasar dan menciptakan kesempatan perdagangan yang lebih besar.

Baca Juga: Container 40 Feet: Ukuran, Jenis Fungsinya Untuk Pengiriman

Apa Itu Pengiriman Reguler

Pengiriman Reguler

Pengiriman Reguler

Ekspedisi reguler adalah suatu proses logistik melibatkan transfer barang dari satu tempat ke tempat lainnya sesuai dengan waktu ditentukan. Tujuan utama pengiriman distribusi reguler adalah untuk menjaga aliran barang yang konsisten dan efisien tanpa penundaan signifikan.

Pengangkutan barang jenis ini tak kalah populer dibandingkan layanan cargo. Perbedaan terdapat pada layanan kargo reguler yaitu layanan kargo ini mengirimkan tanpa memberlakukan aturan berat maupun jenisnya. Anda pun bebas mengirim dengan apapun itu melalui layanan reguler. Hanya saja, pastikan benda tersebut tidak menyalahi aturan hukum negara.

Dalam konteks bisnis, layanan kargo reguler memberikan keuntungan besar bagi perusahaan. Dengan mengadopsi metode ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasionalnya karena jadwal layanan distribusi diatur memungkinkan perencanaan logistik yang lebih baik. Pengangkutan jenis reguler juga membantu mengoptimalkan penggunaan sumber daya, mengurangi risiko kerugian, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Salah satu keunggulan layanan kargo reguler adalah ketepatan waktu. Dengan jadwal yang sudah ditetapkan, pihak pengirim dapat menyesuaikan prosesnya untuk memastikan barang sampai tepat pada waktunya. Ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan pelanggan, tetapi juga membangun reputasi perusahaan sebagai mitra bisnis yang dapat diandalkan.

Baca Juga: Penting Untuk Diketahui, Cara Mengatasi Paket Belum Sampai!

Perbedaan Pengiriman Reguler & Kargo

Perbedaan pengiriman ekspedisi reguler dengan ekspedisi kargo cukup banyak, penting untuk Anda ketahui mengenai perbedaan antara reguler dan kargo.

Sebab dengan mengetahui perbedaannya maka kegiatan layanan kargo dengan menggunakan distribusi akan dilakukan akan lebih efektif juga tidak salah sasaran.

Dengan begitu, Ada banyak hal yang bisa Anda cermati untuk membedakan layanan kargo reguler dan kargo. Cek pembahasan perbedaan layanan kargo reguler serta kargo lengkapnya pada ulasan di bawah ini. 

Baca Juga: Ketahui Sistem Logistik Dalam Pengiriman Barang Anda

1. Jenis Benda

Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler dari Jenis Barang

Perbedaan Kargo & Reguler dari Jenis Benda

Hal pertama menjadi perbedaan pengiriman reguler kargo yaitu dalam tidak ditetapkan berat minimal barang. Sehingga, benda dengan berat sekecil pun tetap bisa dikirim melalui layanan reguler.

Perbedaan ekspedisi dengan layanan kargo biasanya menetapkan berat barang yang dikirim. Dengan begitu, tak semua jenis benda bisa diterima untuk dikirim. Oleh karena itu perbedaan jenis tersebut perlu di pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih layanan ekspedisi.

Baca Juga: 6 Jenis Truk Tronton Terbaik Untuk Pengiriman Barang

2. Tarif

Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler berdasarkan tarif

Perbedaan Kargo & Reguler berdasarkan tarif

Perbedaan pengiriman dua ekspedisi juga bisa Anda ketahui dari tarifnya. Pada umumnya, tarif ekspedisi cargo lebih murah apabila dibandingkan dengan jenis reguler. Hal ini karena tarifnya disesuaikan dengan bobot pengangkutan.

Perbedaan juga dapat dilihat dalam ekspedisi reguler, tarifnya dibayarkan sesuai dengan barang yang dikirim. Tarif sering kali menjadi pertimbangan dalam perbedaan ekspedisi reguler.

Baca Juga: Tarif Cargo Kapal Pelni: Berikut Penjelasan beserta Jalurnya!

3. Minimal Berat

Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler berdasarkan Berat

Perbedaan Kargo & Reguler berdasarkan minimal berat

Dalam perbedaan pengiriman reguler kargo, tidak jauh berkaitan dengan poin jenis barang. Adanya ketentuan minimal berat memang menjadi perbedaan distribusi antara ekspedisi kargo atau reguler. Jasa pengangkutan kargo biasanya menetapkan minimal berat 50 kg ataupun 100 kg.

Apabila benda di kirim di bawah minimal berat ditetapkan, maka harganya akan menggunakan harga minimal berat barang.

Sedangkan untuk jenis reguler adalah layanan yang siap mengirim benda dengan bobot berapapun itu.

Jika Anda ingin mengirim dengan jumlah banyak, alangkah baiknya menggunakan jasa ekspedisi cargo. Perbedaan pengiriman reguler kargo ini dapat dinilai lebih efektif sekaligus terjangkau.

Baca Juga: 5 Cara Kirim Motor ke Luar Pulau Praktis

4. Estimasi Waktu Pengiriman

Perbedaan pengiriman reguler kargo berikutnya yaitu estimasi waktu ekspedisi. Pengiriman kargo membutuhkan waktu tidak cukup hanya sehari dua hari saja. Berbeda dengan reguler biasanya bisa sampai dalam kurun waktu lebih singkat.

Namun tetap saja estimasi ekspedisi dipengaruhi oleh benda yang dikirim berserta jarak tempuhnya. Ini menjadi poin dalam perbedaan distribusi kedua pengangkutan reguler dan cargo.

Baca Juga: 5 Cara Kirim Mobil Aman Beserta Persyaratannya

5. Armada yang Digunakan

Perbedaan Kargo dan Reguler berdasarkan armada

Perbedaan Kargo & Reguler berdasarkan armada

Perbedaan pengiriman reguler kargo terlihat jelas pada jasa ekspedisi cargo biasanya menggunakan armada berupa truk untuk distribusi via darat. Kemudian untuk pengiriman via laut seringkali menggunakan kapal.

Bisa pula menggunakan pesawat, namun harganya akan melonjak sangat tinggi. Di sisi lain, reguler biasanya menggunakan pesawat sehingga tak heran apabila benda bisa sampai di tempat tujuan secara cepat.

Terkait armada, tak sedikit pula konsumen penasaran soal lebih aman kargo atau reguler. Tenang saja karena kedua layanan tersebut terbukti aman tidak ada perbedaaan pada armada.

Anda pun tak perlu bingung lagi apakah kargo aman maupun masih mempertanyakan cargo Shopee aman atau tidak. Begitupun dengan keamanan ekspedisi reguler. Spesialis menangani pastinya profesional juga berpengalaman di bidangnya.

Baca Juga: Macam-Macam Ekspedisi Untuk Pengiriman Barang

Jenis Pengiriman Kargo yang Bisa Digunakan

Jenis Pengiriman Kargo yang Bisa Digunakan

Jenis Pengiriman Kargo

Selain perbedaan pengiriman reguler kargo, ada beberapa alasan penting mengapa Anda perlu memperhatikan berbagai hal saat menggunakan layanan kargo. Terutama karena terdapat jenis ekspedisi yang berbeda, yaitu berdasarkan karakteristik barang serta metode pengirimannya.

Baca Juga: 3 Jenis & Manfaat Fasilitas Logistik Terbaik

Jenis Kargo Berdasarkan Barangnya

  1. Dangerous Cargo Jenis kargo ini dirancang khusus untuk mengirimkan barang yang memiliki risiko tinggi. Contohnya:
    • Benda mudah meledak (petasan atau bom).
    • Benda mudah menguap (zat kimia seperti hydrogen).
    • Benda padat atau cair mudah terbakar (korek api, alkohol, atau minyak).
    • Benda yang dapat membahayakan makhluk hidup jika terkena cahaya.
    • Benda bersifat korosif.
    • Benda berbahaya jika diangkut menggunakan transportasi udara.
    • Benda berbahaya jika dihirup.
    • Benda yang mengandung racun (pestisida).
  2. Special Cargo Pengiriman ini membutuhkan penanganan khusus untuk melindungi barang dari bahaya juga kerusakan. Contohnya:
    • Hewan.
    • Jenazah (badan atau abu).
    • Benda mudah hancur (sayuran atau buah).
    • Benda bernilai tinggi (emas).
    • Benda dengan aroma menyengat.
    • Organ tubuh manusia yang masih berfungsi.
  3. General Cargo Barang dalam kategori general cargo tidak memerlukan penanganan khusus. Contohnya termasuk furniture, kotak, barang elektronik, dll.

Baca Juga: 7 Jenis Kapal Kargo Sering Digunakan dalam Jasa Pengiriman

Jenis Kargo Berdasarkan Cara Kirimnya

Jenis Kargo Berdasarkan Cara Kirimnya

Jenis Kargo Berdasarkan Cara Kirimnya

Kargo sebagai layanan pengiriman barang dapat mencapai berbagai lokasi, termasuk luar negeri. Perbedaan pengiriman reguler kargo juga terdapat pada jenis berdasarkan cara pengirimannya. Sebanyak tiga jenis pengiriman ekspedisi kargo yakni:

  1. Kargo Darat: Ekspedisi menggunakan kereta atau mobil truk.
  2. Kargo Air: Ekspedisi menggunakan kapal laut.
  3. Kargo Udara: Ekspedisi menggunakan pesawat.

Baca Juga: Fungsi & Jenis Pallet Dalam Jasa Cargo

Perbedaan Pengiriman Reguler & Kargo, Lebih Cepat Mana?

Ekspedisi kargo menggunakan angkutan besar seperti kapal atau truk untuk membawa benda. Mengingat benda yang diangkut lebih banyak serta berat, maka tidak heran bila pengirimannya juga lama.

Sedangkan pada ekspedisi reguler, waktu lebih singkat sebab benda kecil tanpa minimal berat pun dapat langsung dikirim. Lantas, ekspedisi yang lebih cepat adalah ekspedisi reguler.

Tak sedikit yang mempertanyakan apa saja perbedaan pengiriman reguler kargo, serta proses kecepatan dalam distribusi. Dalam hal ini, ekspedisi reguler memiliki perbedaan pengiriman dengan ekspedisi cargo karena dinilai lebih cepat dengan pengiriman benda tanpa memberlakukan aturan berat maupun jenisnya.

Setelah mengetahui apa saja perbedaan pengiriman reguler kargo, pemilihan ekspedisi yang tepat akan mempengaruhi pengiriman nantinya. Pastikan Anda mempertimbangkan secara matang sebelum mengirim benda karena ini bertujuan agar sesuai kebutuhan dan tidak mengecewakan.

Itu dia artikel pembahasan megenai perbedaan pengiriman reguler serta kargo, Lantas Anda pilih layanan ekspedisi yang mana nih untuk melakukan jasa pengiriman barang terpercaya kesayangan Anda? Jangan Lupa Untuk Mengunduh Aplikasi jasa pengiriman Google di Play atau Aplikasi kirim barang di App Store!

Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran driver truk Troben

Cek Tarif Troben!

Dapatkan tarif kirim barang, mobil, motor hingga sewa truk dengan harga termurah cuman di Troben. Saatnya buktikan sendiri!

Bagikan artikel